Makadaya Fellowship, Program Inkubator Usaha Sosial Hadir Kembali

by -10 views
makadaya-fellowship,-program-inkubator-usaha-sosial-hadir-kembali
Makadaya

Sudah pernah dengar mengenai Makadaya Social Impact Centre yang berlokasi di Sanur, Bali beserta program utamanya yaitu Makadaya Fellowship? Jika belum, kamu perlu baca artikel ini sampai habis.

Makadaya merupakan kependekan dari ‘Makna Karya Berdaya’, yang merupakan sebuah ruang, jaringan strategis, dan laboratorium pembelajaran yang didirikan untuk membantu perkembangan komunitas pembuat perubahan (changemakers) di Indonesia. Makadaya berdiri tahun 2020 dengan visi masa depan untuk mendorong terciptanya sebuah ekosistem usaha sosial yang aktif, dinamis, dan terdesentralisasi, yang dapat diakses dari seluruh Indonesia, yang saling berjejaring serta berkolaborasi dalam memecahkan tantangan sosial dan lingkungan di Indonesia.

Untuk mewujudkan visi ini, Makadaya pun menginisiasi program utamanya bernama Makadaya Fellowship, sebuah program inkubasi dan pendampingan selama 6 bulan penuh untuk individu dengan ide maupun usaha sosial inovatif terbaik dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga mereka dapat menciptakan dampak sosial dan lingkungan yang positif secara berkelanjutan di komunitas mereka melalui usaha sosialnya.

Program Makadaya Fellowship merupakan sebuah kesempatan yang baik untuk para wirausaha sosial di tahap ide/pertumbuhan awal yang ingin mendapatkan dukungan pembinaan, pendampingan, serta kesempatan pendanaan hingga Rp30.000.000 per usaha sosial.

Selama program Makadaya Fellowship ini, para fellow akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan untuk membangun usaha sosial mereka, juga pengembangan diri dan kepemimpinan sehingga mereka dapat memantapkan diri menjadi seorang founder atau pemimpin dari usaha sosial yang berkelanjutan. Tidak hanya itu, para fellow terpilih akan memiliki kesempatan berkolaborasi dan belajar bersama para fellow dari seluruh Indonesia di Makadaya Social Impact Centre di Sanur, Bali, dengan tiket pesawat dan akomodasi ditanggung, serta mendapatkan uang saku. Mereka pun akan berkesempatan untuk memperoleh dukungan dari jejaring usaha sosial nusantara dan terhubung dengan like-minded people yang akan bertumbuh bersama-sama.

Program Makadaya Fellowship 2022 akan berlangsung selama 6 bulan, dan terbagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap Eksplorasi, tahap Pengembangan, dan tahap Peluncuran. Pada tahap Eksplorasi, peserta Makadaya Fellowship terpilih akan berkumpul di Makadaya Social Impact Centre di Bali, dan berkantor selama hari Senin – Jumat (9 pagi – 5 sore), untuk mempelajari dan terinspirasi dengan berbagai materi dan narasumber terkait dasar-dasar bisnis serta ilmu pengembangan diri dan kepemimpinan untuk membantu membentuk landasan yang kokoh untuk usaha sosial mereka, seperti business model canvas dan founder’s self development.

Pada tahap Pengembangan, mereka akan kembali ke komunitas mereka masing-masing untuk melaksanakan riset konsumen potensial, mengembangkan dan menguji coba prototipe, serta menghitung harga jual sebagai bagian dari pengembangan produk. Mereka juga diharapkan untuk mulai merintis bentuk kerjasama yang diperlukan dengan komunitas penerima dampak (beneficiaries).

Sedangkan di tahap Peluncuran, mereka akan meluncurkan produk dan usaha sosialnya dimana mereka akan difasilitasi untuk memperluas jaringan serta memperoleh ilmu seperti ilmu pemasaran secara digital, serta strategi pitching dan peluncuran produk. Mereka juga akan memperoleh kesempatan untuk mempraktikkan ilmu yang mereka pelajari dalam aktivitas seperti Demo Day dan Investment Gallery.

Untuk mendaftar program ini, syaratnya tidak banyak. Kamu harus merupakan seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia 21 tahun ke atas, tidak sedang menempuh pendidikan dan tidak sedang mendaftar atau berpartisipasi pada program serupa. Kamu juga harus mampu berkomitmen mengikuti program fellowship ini secara penuh (mulai April hingga November 2022), dan memiliki ide maupun usaha sosial yang fokus pada salah satu atau lebih kategori dampak berikut; Lingkungan, Kesetaraan Gender, Pangan, Kesehatan Masyarakat, Kesejahteraan Sosial dan Pariwisata Berkelanjutan.

Untuk mendaftar, kamu bisa langsung mengisi formulir pendek di bit.ly/daftarmakadaya2022 dan melengkapi seluruh tahapan sebelum 15 Februari 2022. Tahun lalu, Makadaya Fellowship 2021 yang telah sukses meluluskan 7 orang fellow dengan usaha sosialnya masing-masing, yang terpilih dari total 444 pendaftar yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Makadaya juga telah terhubung dengan lebih dari 50 kolaborator, mentor, dan narasumber serta telah bermitra dengan lebih dari 25 komunitas, institusi, organisasi, yayasan, maupun usaha sosial baik di dalam negeri maupun luar negeri sebagai mitra komunitas, mitra kurikulum dan mitra media. Beberapa mitra tersebut seperti Social Entrepreneurship and Innovation (SIE) Florida State University, Amerika Serikat, Platform Usaha Sosial (PLUS), East-West Centre – Hawaii, ANGIN Indonesia, Bale Bengong, dan masih banyak lagi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Makadaya dan program utamanya yaitu Makadaya Fellowship 2022, kamu bisa cek akun sosial medianya di Instagram @makadaya.id, Youtube Makadaya atau kunjungi website Makadaya di www.makadaya.org untuk #BerdayaBerdampakBersama.

Ingin bermitra dan berkolaborasi lebih lanjut? Kamu bisa email ke halo@makadaya.org dan ajukan proposalmu!

More

About Author: Feeds Agregator

Gravatar Image
Akun Feeds Agregator, Mesin pengepul info bermutu dari website dan blog favorit

Leave a Reply

Your email address will not be published.