Mahasiswa Unimal KKN PPM K-157 melakukan kegiatan Pengenalan Makhrijal Huruf yang Baik dan Benar Sejak Dini kepada Anak-anak TPA di Gampong Paya Dua

by -23 views

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pengabdian kepada Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 157 melakukan kegiatan “Pengenalan Makharijal Huruf yang Baik dan Benar Sejak Dini” kepada anak-anak TPA di Gampong Paya Dua, Kecamatan Banda Baro, Aceh Utara. Sabtu (20/11/2021)

Kegiatan pembelajaran ini dimaksudkan untuk mengenalkan kepada anak-anak tentang tata cara yang benar dalam melafalkan huruf- huruf hijaiyah agar terbiasa sejak dini, karena pendidikan dini akan mempengaruhi kebiasaaan anak-anak tersebut kedepannya, mengingat pentingnya membaca Al- Qur’an dengan fasih sesuai dengan makhrajnya.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok KKN PPM K-157 adalah M. Fahriadi, M. Mufadzal Lutfi, Fuad Mansyur, Hasanul Akbar (Teknik Elektro), Nurul Hasanah, Nailatul Muna, Rahma Ziana Safitri, Nurul Azmi (Manajemen), Khaira Khirnika (EKIS) dan Rosnita (Kelautan). Yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Mainisa, S. Pi., M.S.

Kegiatan TPA ini disambut baik oleh oleh warga setempat terutama wali murid dari anak-anak, salah satu pimpinan balai pengajian mengatakan “Program kerja kegiatan TPA ini sangat bermanfaat dan disetujui oleh para wali, dengan jam ajar yang dimulai dari pukul 14:00 s/d 16::00 membuat waktu luang anak-anak tidak terbuang sia-sia”. Ujar ummi Nurul Azmi.

Sambungnya, bahkan kehadiran mahasiswadalam programTPA diharapkan dilakukan setiap harinya melihat antusias dari anak-anak yang begitu  bersemangat.

Sementara itu salah satu anggota KKN PPM K-157, Nurul Hasanah menjelaskan “kegiatan TPA dengan gagasan Mengenalkan Makharijal Huruf yang Baik dan Benar ini merupakan wujud dari keprihatinan kami terhadap remaja-remaja masa kini yang masih belum fasih dalam membaca Al- Qur’an, sehingga dengan kegiatan ini besar harapan kami agar kelak anak-anak dini menjadi penerus generasi Qur’ani yang benar dan fasih di masa yang akan datang”.

Leave your vote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *