Macam-macam Jenis Vitamin yang Penting bagi Tubuh dan Fungsinya

by -1 views
macam-macam-jenis-vitamin-yang-penting-bagi-tubuh-dan-fungsinya

Vitamin menjadi zat yang sangat penting bagi tubuh, walaupun hanya dibutuhkan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak namun fungsinya sangatlah penting untuk menunjang kinerja tubuh.

Terdapat berbagai macam jenis vitamin yang umumnya sangat dibutuhkan oleh tubuh, berikut macam-macam jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dan juga fungsinya.

Macam-macam Jenis dan Fungsi Vitamin

Terdapat 13 jenis vitamin yang memiliki peran penting bagi tubuh. Berikut penjabaran mengenai macam-macam jenis, sumber, dan fungsi vitamin:

1. Vitamin A

Vitamin A secara umum diketahui berfungsi dalam menjaga kesehatan mata, namun tidak hanya itu, vitamin A juga membantu tubuh dalam menjaga jaringan, pertumbuhan tulang, hingga menjaga sistem kekebalan tubuh.

Kekurangan vitamin A dapat menimbulkan gejala seperti mata kering, kulit kering, bahkan sulit hamil.

Anda dapat mengonsumsi makan-makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, bayam, brokoli, kangkung, telur, minyak ikan cod, serta susu.

2. Vitamin B

Vitamin B kompleks berfungsi dalam membantu tubuh untuk mengolah energi yang didapatkan dari makanan yang dikonsumsi, menghasilkan enzim, hingga membantu tubuh memelihara kesehatan otot, saraf dan mata.

Kekurangan vitamin B bisa berakibat adanya gangguan kesehatan mulai dari kesemutan, anemia, hingga beri-beri. Vitamin B terbagi menjadi 8 jenis dengan fungsi yang berbeda pula, yaitu:

  • Vitamin B1, untuk membantu tubuh dalam proses pengubahan energi dan juga menjaga kesehatan kulit.
  • Vitamin B2, membantu sel tubuh untuk membakar lemak, pembentukan energi dari makanan dan menjaga kesehatan kulit.
  • Vitamin B3 atau niacin, membantu sel-sel yang ada di dalam tubuh mengubah makanan menjadi senyawa energi, selain itu vitamin B3 juga berfungsi dalam menjaga kesehatan kulit.
  • Vitamin B5 atau pantothenic acid, vitamin ini bertugas dalam membantu sel-sel dalam tubuh memproduksi hormon dan juga asam lemak.
  • Vitamin B6, membantu produksi sel darah merah, selain itu juga vitamin B6 berfungsi dalam pembentukan serotonin dan neutrotransmitter.
  • Vitamin B7, berfungsi dalam produksi keratin pada kuku, kulit dan juga rambut. Vitamin B7 juga membantu dalam produksi asam amino dan asam lemak ketika adanya kebutuhan dari tubuh.
  • Vitamin B9 atau biasa disebut sebagai asam folat, vitamin ini memiliki peran penting terutama pada proses pembelahan sel, terutama pada ibu hamil.
  • Vitamin B12, membantu memelihara produksi sel darah merah, DNA, sistem saraf hingga pembentukan sel baru.

3. Vitamin C

Vitamin C berfungsi dalam pembentukan kolagen yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kolagen merupakan serat protein yang memiliki peran untuk menjaga kekenyalan kulit, memperkuat pembuluh darah, serta membantu penyembuhan luka.

Selain itu, vitamin C memiliki peran dalam produksi zat kimia otak, yaitu serotonin dan norepinefrin yang berfungsi dalam proses pengiriman sinyal antar saraf.

4. Vitamin D

Vitamin D memiliki fungsi dalam membantu tubuh untuk menyerap kalsium. Kalsium sendiri sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang serta gigi.

Untuk mendapatkan vitamin D secara alami, Anda dapat berjemur agar terpapar sinar matahari, karena vitamin D dapat terbentuk secara alamiah melalui paparan sinar matahari.

Anda juga dapat mengonsumsi telur, hati sapi, ikan berlemak untuk mendapatkan vitamin D.

5. Vitamin E

Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh yang menjaga kesehatan sel-sel dari kerusakan.

Vitamin E juga berfungsi dalam membantu pembentukan sel darah merah, memperlambat penuaan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta mengurangi risiko penyakit seperti radang sendi dan katarak.

Vitamin E dapat bersumber dari telur, gandum, minyak nabati, sayuran hijau, serta kacang-kacangan

6. Vitamin K

Vitamin K berfungsi penting pada saat proses penyembuhan luka, hal ini dikarenakan vitamin K dapat membantu tubuh dalam proses pembekuan darah.

Tidak hanya itu, vitamin K juga dapat membantu menjaga kekuatan tulang, sehingga kekurangan vitamin K dapat meningkatkan risiko Anda mengalami pendarahan dan juga patah tulang.

Pentingnya Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Vitamin untuk daya tahan tubuh akan memberikan nutrisi yang baik untuk mengoptimalkan kinerja sistem organ tersebut.

Penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan vitamin harian dalam tubuh agar tetap bekerja secara optimal.

Vitamin umumnya bisa Anda dapatkan melalui makan-makanan yang Anda konsumsi setiap hari maupun dengan mengonsumsi suplemen khusus.

Namun perlu diingat, konsumsi vitamin tertentu secara berlebihan justru akan membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga: Daftar Vitamin untuk Pasien Covid-19 Rekomendasi dari PAPDI

Itu dia macam-macam vitamin dan fungsinya bagi tubuh dan juga pentingnya vitamin bagi daya tahan tubuh.

Jagalah pola hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi dan juga berolahraga secara teratur agar terhindar dari serangan penyakit berbahaya.

Leave your vote

765 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *