Luhut Minta Program Padat Karya hingga Mei: Bantu Warga Jelang Puasa dan Lebaran

by -5 views
luhut-minta-program-padat-karya-hingga-mei:-bantu-warga-jelang-puasa-dan-lebaran
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan pada Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 secara virtual, Senin (14/12). Foto: Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, meminta agar program padat karya proyek infrastruktur bisa dilanjutkan hingga Mei 2021. Bagian dari Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) itu diharapkan bisa membantu daya beli masyarakat pada Ramadhan dan Lebaran yang jatuh di bulan Mei nanti.

Hal itu disampaikan Luhut dalam rapat koordinasi pelaksanaan program padat karya, Senin (15/2). Sebelumnya program padat karya proyek infrastruktur pada 2020 telah mempekerjakan sebanyak 1,2 juta orang, berupa pengerjaan perbaikan jalan dan drainase.

“Saya ingin agar program ini bisa direalisasikan hingga April dan Mei 2021 sehingga ketika memasuki bulan Ramadhan dan Lebaran, mereka para pekerja dari program ini dapat memiliki uang untuk membeli kebutuhan-kebutuhan pokok dan kebutuhan tambahan di hari Lebaran,” kata Luhut.

Perbaikan drainase atau saluran air jadi salah satu bentuk kegiatan program padat karya. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Dengan begitu, daya beli masyarakat akan mulai menggeliat karena mereka memperoleh penghasilan bulanan dan tidak berharap dari bantuan sosial (bansos) seperti sebelumnya.

“Maka dari itu saya meminta adanya perencanaan yang matang agar program ini dapat diatur untuk memenuhi kriteria tersebut,” ujar Menko Luhut.

Lebih lanjut ia juga meminta agar program padat karya bisa menargetkan daerah padat penduduk sehingga pemerintah bisa berpatokan pada jumlah orang yang dipekerjakan dan diserap dari program tersebut.

“Terkait biaya pembebasan lahan bagi proyek prioritas pemerintah untuk wilayah yang memiliki kepadatan cukup tinggi, saya berharap agar pencairannya segera diprioritaskan sehingga uang tersebut bisa dibelanjakan dan perekonomian negeri tetap bergerak menghidupi seluruh masyarakat Indonesia meski dalam keadaan sulit sekalipun,” ujar Luhut.

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *