Lewat Google Maps, Kamu Bisa Cek WiFi Airport Gratis Beserta Sandinya

by -0 views
lewat-google-maps,-kamu-bisa-cek-wifi-airport-gratis-beserta-sandinya

Google WiFi Airport[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Google merupakan salah satu perusahaan teknologi besar di dunia yang sudah menghadirkan banyak layanan.

Bagi kamu pengguna handphone berbasis Android, tentunya sudah tidak asing lagi dengan produk Google mulai dari Gmail (email), Google Drive (penyimpanan cloud), Google Docs (editor dokumen), Google Maps (peta), dan masih banyak lagi.

Menariknya, Google ternyata sudah menyediakan akses internet gratis untuk airport atau bandara di Amerika Serikat yang bernama Google WiFi Airport agar para penumpang pesawat maupun pengunjung bandara dapat menjelajahi internet secara gratis dengan kecepatan tinggi.

Seperti yang tercantum pada halamannya, sudah ada berbagai bandara di Amerika Serikat yang mendukung layanan Google Free Airport WiFi sehingga bisa mengecek dan mendapatkan informasinya secara langsung.

Google Maps Free WiFi Airport

Google pun menandai bandara-bandara yang sudah mendukung Google WiFi Airport dengan memunculkan tombol berikon pesawat berwarna gradasi biru putih. Apabila ikon pesawat tersebut ditekan, maka kamu akan bisa melihat nama bandara dan alamatnya secara lebih jelas.

Apa Google WiFi Airport Sudah Tersedia di Indonesia?

Meskipun layanan Google WiFi Airport belum tersedia di Indonesia, namun kamu tidak perlu khawatir karena pada Google Maps ternyata juga menyediakan daftar WiFi gratis lengkap beserta kata sandinya dari bandara di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Apabila kamu mengakses halaman Google Maps yang satu ini, maka akan langsung diarahkan pada peta seluruh dunia lengkap dengan ikon pesawat berwarna biru muda yang jika ditekan akan menunjukkan nama bandara beserta WiFi gratis yang tersedia di dalamnya.

Untuk di Indonesia sendiri, baru tercantum daftar WiFi gratis dari tiga bandara saja mulai dari Soekarno-Hatta International Airport (Cengkareng, Tangerang, Banten), Adisucipto Internationa Airport (Yogyakarta), dan Ngurah Rai International Airport (Denpasar, Bali).

Pada saat kamu menekan ikon pesawat berwarna biru muda di salah satu bandara, maka nantinya akan ditampilkan beberapa nama SSID dari WiFi yang tersedia lengkap dengan password untuk mengaksesnya.

Google Maps Free WiFi Airport

Sebagai tambahan, Google sendiri pernah menyediakan layanan WiFi di berbagai kota di Indonesia untuk memudahkan masyarakat dalam menikmati akses internet gratis dan cepat Google Stations merupakan program Google yang bekerja sama dengan ISP lokal FiberStar dan CBN menyediakan area WiFi gratis untuk publik sejak tahun 2017 di Indonesia.

Meskipun menghadirkan kecepatan tinggi dan layanan gratis, namun Google Stations sayangnya sudah dihentikan oleh Google pada akhir tahun 2020. Jason Tedjasukmana selaku Head of Corporate Communications Google Indonesia mengungkapkan bahwa perubahan teknologi dan semakin murahnya harga data paket internet seluler menjadi alasan dihentikannya.

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *