Lawan Depresi dengan Asupan Ini!

by -11 views
lawan-depresi-dengan-asupan-ini!

Seseorang yang mengalami depresi sering kehilangan minat untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Tak jarang, orang yang depresi merasa hidup sudah tidak ada artinya lagi.

Apabila tidak ditangani dengan tepat, depresi justru dapat menimbulkan kondisi berbahaya.

Ketika depresi, banyak orang yang akhirnya memutuskan bunuh diri karena terus-menerus merasa tertekan.

Di samping psikoterapi dan obat-obatan, konsumsi makanan ternyata juga bisa membantu meringankan kondisi depresi.

Makanan untuk depresi ini umumnya cukup mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita. Apa saja makanan yang baik untuk orang depresi?

1. Wortel

Wortel adalah sumber makanan yang kaya akan zat beta karoten. Menurut penelitian, mengonsumsi makanan yang mengandung beta karoten dalam jumlah cukup dapat membuat kita terhindar dari risiko depresi.

2. Susu

Susu merupakan salah satu sumber vitamin D yang bisa membantu mencegah depresi. Hal ini turut dibuktikan oleh studi dari Norwegia.

Peneliti menyatakan, orang yang rajin mengonsumsi suplemen vitamin D memiliki risiko depresi yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Artikel Lainnya: Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Depresi!

3. Kerang

Makanan laut ini mengandung sumber vitamin B12 yang baik untuk kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan, orang dengan kadar vitamin B12 rendah lebih rentan mengalami depresi.

Hal ini disebabkan karena vitamin B12 berperan penting untuk mengatur keseimbangan zat-zat di otak yang mengatur suasana hati.

4. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kale, dan kubis mengandung vitamin C, beta karoten, serta folat. Kekurangan folat berhubungan dengan peningkatan risiko terjadinya depresi.

Sayuran hijau, terutama yang berwarna hijau tua, merupakan makanan yang baik untuk orang depresi karena folat dan nutrisi lain yang terkandung di dalamnya dapat menjaga kestabilan mood atau suasana hati.

Artikel Lainnya: Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Depresi!

5. Ikan

Salmon dan tuna merupakan ikan yang kaya akan lemak tak jenuh ganda. Asam lemak omega-3 di dalam ikan dapat membantu fungsi otak agar bekerja maksimal.

Sejumlah penelitian kecil menemukan orang depresi memiliki kadar asam lemak omega-3 yang rendah.

Selain salmon dan tuna, zat asam lemak omega-3 juga bisa didapatkan dari kedelai dan kacang-kacangan.

6. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat juga merupakan makanan yang baik untuk orang depresi. Mengonsumsi karbohidrat dapat menstimulasi otak untuk mengeluarkan serotonin, sebuah neurotransmitter yang bertugas meningkatkan mood.

Jenis karbohidrat yang disarankan adalah karbohidrat kompleks seperti roti gandum utuh.

Artikel Lainnya: Hubungan antara Masturbasi dan Depresi

7. Blueberry

Blueberry mengandung vitamin C dan polifenol yang tinggi. Kedua kandungan ini berperan sebagai antioksidan yang melindungi otak dari radikal bebass sehingga bisa berfungsi dengan baik walaupun Anda sedang stres.

Bahkan, mengonsumsi jus blueberry bisa meningkatkan mood seseorang, lho!

8. Kacang Brasil

Meski tak setenar kacang lainnya, kacang Brasil bisa dijadikan camilan yang baik untuk mencegah depresi.

Pasalnya, di dalam kacang Brasil mengandung mineral selenium yang melimpah. Selenium dapat membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

Sebuah studi juga menemukan, orang usia muda yang jarang mendapatkan asupan selenium lebih berisiko tinggi mengalami depresi. Konsultasikan dengan dokter mengenai takaran kacang Brasil yang pas untuk kondisi Anda.

Artikel Lainnya: Atasi Depresi dengan Mengubah Pola Diet Anda

9. Makanan Fermentasi

Bakteri dalam usus dikatakan memiliki peran terhadap munculnya berbagai masalah kesehatan mental,  termasuk depresi.

Sebuah penelitian menunjukkan, risiko depresi bisa menurun dengan rutin mengonsumi makanan kaya probiotik. Beberapa contoh makanan fermentasi adalah kimchi, kombucha, miso, dan yoghurt

10. Makanan Tinggi Protein

Mengonsumsi protein bukan hanya untuk mempertahankan massa otot. Asupan protein yang kurang bisa berpengaruh kepada kesehatan mental juga. Kurangnya vitamin B12 dari sumber protein hewani, dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami depresi.

Sumber protein hewani sebaiknya yang rendah lemak, seperti daging ikan, unggas, telur, dan produk susu rendah lemak.

Nah, sudah tahu, kan, makanan yang baik untuk orang depresi? Bila Anda merasa memiliki gejala depresi, segera konsultasikan diri ke dokter.

Anda juga bisa memanfaatkan layanan LiveChat 24 Jam dari Klikdokter bila memiliki pertanyaan seputar kesehatan mental.

(OVI/AYU)

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *