Kumpulan Text Editor Terbaik Untuk Coding di Tahun 2021

by -1 views
kumpulan-text-editor-terbaik-untuk-coding-di-tahun-2021

Text editor merupakan salah satu aplikasi yang sering sekali dipakai oleh beberapa profesi termasuk; publisher, development teams, programmer dan masih banyak lagi. Intinya, text editor sangat terlibat dengan alur kerja setiap profesi karena tanpa disadari, kamu pasti akan memakai nya suatu saat nanti. 

Memilih text editor terbaik dan yang tepat tentunya sangat susah karena banyak nya opsi. Ada beberapa text editor yang tepat untuk developer yang sudah mahir, namun ada beberapa yang dibuat untuk menggampangkan pemula. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas 8 text editor terbaik di tahun 2021 ini. 

Apa Itu Text Editor 

Sebelum mendalam ke kumpulan text editor terbaik, akan lebih baik jika kamu mengetahui apa itu text editor terlebih dahulu. Jadi, text editor merupakan sebuah program yang digunakan untuk mengedit serta mengkreasi beberapa text file, lebih tepatnya lagi dengan file yang berisi bahasa programming atau tempat dimana kamu menulis code menggunakan nya untuk coding.  

Dengan demikian, text editor bisa menangani “hand coding” dengan berbagai macam bahasa, seperti; HTML, CSS, JavaScript, PHP, Ruby, Python, dan yang lain-lainnya. 

8 Rekomendasi Text Editor Terbaik 

Setelah perkenalan dengan pengertian Text Editor, inilah kumpulan text editor terbaik yang bisa kamu lihat yang kami rekomendasikan. Scroll down yuk!

Sublime Text 

Yang pertama ada Sublime Text. Sublime Text merupakan salah satu text editor yang paling terkenal karena memiliki fitur syntax highlighting, colour scheme yang menarik, kemampuan untuk menambat beberapa package, bisa bekerja di Mac, Windows, dan juga mesin Linux, dan masih banyak yang lainnya. 

sublime adalah rekomendasi text editor terbaik
sublime text

Sublime ini menawarkan versi tidak bayar nya untuk testing, tapi untuk melanjutkan nya kamu diharuskan untuk membayar $80. 

Salah satu kelebihan Sublime Text adalah text editor ini memiliki low resource usage dimana dia sangat lightweight karena tidak mengambil banyak data, namun tetap bisa menawarkan fitur-fitur yang maju. Sehingga, menjadi salah satu text editor  terbaik. Selain itu, keuntungan paling utama Sublime text adalah ia menawarkan shortcut dan search tool agar bisa langsung mencari fungsi-fungsi tertentu dan melakukan perubahan pun lebih gampang. 

Kemudian, Sublime Text memiliki API Python, alhasil beberapa plugin bisa di integrasikan dengan solusi text editing. 

Notepad

Selanjutnya adalah Notepad, dan notepad ini menjadi pilihan untuk para pemula karena lebih gampang untuk di mengertikan. Tidak hanya itu, kamu juga bakal bisa mengalokasikan beberapa kata dan mengganti nya sambil melakukan coding dengan highlighting. Juga, notepad ini free lho. 

notepad
Notepad

Tenang saja, Notepad juga sangat berguna untuk user yang sudah mahir karena Notepad memiliki syntax highlighting untuk HTML, PHP, dan JavaScript. Plugin tersebut juga bisa membantu disaat sedang ingin menghubungi melalui FTP atau berintegrasi dengan text editor yang lain. 

Notepad berjalan di Microsoft Windows dan text editor ini berusaha untuk tidak menguras baterai komputer. Selain itu, salah satu kelebihan Notepad yang membuat nya menonjol adalah karena Notepad sudah menerjemahkan lebih dari 80 bahasa, jadi menarik perhatian seluruh dunia. Kemudian, kamu juga bisa menerjemahkan Notepad kepada bahasa utama jika kamu tidak menemukan bahasa kamu di list. 

Vim 

Ketiga di list kumpulan text editor terbaik ini ada VIM. Dengan dukungan penuh untuk Windows, lInux, dan Mac, Vim text editor ini sangat stabil, dapat diandalkan, dan juga dapat diintegrasikan dengan tools yang populer lainnya. Juga, Vim ini di desain agar bisa digunakan oleh CLI dan juga GUI. 

text editor terbaik
VIM (Source: Google Photos)

Vim memang merupakan salah satu text editor terbaik dan termaju, namu Vim tidak terlalu user-friendly. Vim agak sulit untuk dipelajari dan jika kamu baru, feature set nya akan terlihat kurang familiar karena sangat berbeda dengan yang lain. 

Akan tetapi, Vim memiliki fungsionalitas yang sangat kuat, dan juga koleksi plugin yang sangat luas untuk memperpanjang set fitur di text editor. Karena sudah lama, Vim juga sudah membangun komunitas online yang bisa mengajarkan tips and tricks untuk aplikasi nya. 

Atom 

Text editor terbaik selanjutnya adalah atom dimana kamu bisa mendapatkan akses open source text edit. Namun sayangnya, text editor ini memang di fokuskan untuk developer. Jadi, atom ini akan sangat cocok untuk para editor yang sudah memiliki banyak pengalaman karena atom memberikan collaboration tool yang jelas, editor yang sleek, dan tool organisasi yang sangat berguna. 

text editor terbaik
Homepage Atom

Kemudian salah satu kelebihan atom adalah bahwa text editor ini merupakan system cross-platform yang bisa berjalan di berbagai macam sistem termasuk; Linux, OS X dan Windows. Jadi, atom memiliki autocompletion yang sangat cerdas.

Salah satu fitur Atom yang sangat berkesan juga multiple panes yang dimilikinya karena kamu bisa mengedit code diantara file. Seperti WordPress, Atom juga menawarkan beberapa extra yang bisa kamu unggah untuk meluaskan fungsionalitas dan untuk menggampangkan editor.  

TextMate

Di urutan ke 5 ada TextMate yang merupakan text editor dengan interface yang cukup clean dan lightweight. Dengan TextMate, kamu memiliki opsi untuk meregenerasikan macros agar bisa meningkatkan kecepatan proses produksi kamu dan semua pekerjaan repetitif bisa dieliminasi menggunakan macros ini. 

Text editor terbaik
TextMate (Source: Google Photos)

Kemudian, TextMate juga memiliki fitur yang maju yaitu file searching tool dan juga carets untuk menyesuaikan dan menukar garis code dalam satu. 

Selain itu, TextMate ini sangat cocok untuk para pengguna Mac yang menginginkan Text Editor untuk mendukung semua bahasa coding. TextMate ini juga sangat tepat untuk yang sangat menyukai bundles dan macros. 

Enaknya, TextMate ada versi bayar dan juga free dan dua-duanya menawarkan fitur yang luar biasa. 

CoffeeCup – The HTML Editor  

Selanjutnya Ada HTML Editor yang dimiliki CoffeeCUp. HTML Editor ini menawarkan text editing yang sangat tinggi untuk coding dan web design management secara keseluruhan. HTML editor ini bis akamu akses secara gratis untuk trial nya, namun kamu harus bayar $49 sekali untuk meneruskan nya. Ada juga versi yang tidak bayar, namun fitur nya tidak sebagus yg bayar. 

Karena tidak memiliki bahasa coding yang lengkap, HTML editor ini sangat cukup jika kamu hanya ingin belajar bahasa pemrograman tertentu seperti HTML atau PHP. 

Kemudian, HTML editor merupakan salah satu text editor yang menawarkan opsi tema. Meskipun tidak komplit seperti website, tema yang ditawarkan sangat mirip dengan desain yang bisa menarik pelanggan. Selain itu, koneksi FTP yang dimiliki juga memungkinkan kamu untuk live dengan hanya satu klik dan kamu bisa nge publish website kapanpun dan dimanapun hanya dengan memilih server dan web host. 

UltraEdit

Selanjutnya ada UltraEdit yang bisa diunggah di 3 mesin, terutama; Windows, Mc, dan Linux. UltraEdit ini berbayar dan tidak gratis agar kamu bisa mendapatkan UltraEdit text editor yang standar dan juga upgrade dan rilis selanjutnya secara gratis. 

text editor terbaik
UltraEdit

Kemudian, ada banyak sekali upgrade dan fitur tambahan yang bisa kamu temukan di UltraEdit, termasuk; program FTP, tool compare, dan psi finder. Kamu bisa memutuskan sendiri yang mana yang bisa membantu proses kerjaan kamu, tapi fitur tersebut membutuhkan pembayaran tambahan. 

Untuk fitur utama text editor, UltraEdit ini terkenal dengan performa serta kustomisasi dan juga tema yang menarik agar kamu tidak harus mulai dari nol. Kamu juga bisa mengganti dan mencari file dengan cepat. UltraEdit ini memiliki beberapa tujuan. Yang pertama, text editor ini memungkinkan developer dan programmer untuk memilih opsi untuk mengunggah dan edit file besar.

Coda

Yang terakhir adalah Coda. Coda merupakan salah satu text editor yang hanya bisa dipakai untuk para pengguna Mac. Seperti produk-produk Mac pada umumnya, Coda memiliki interface yang sangat menarik dimana ada built-in terminal dan inspektor yang memungkinkan kamu untuk edit file lokal dan juga remote.

Selain itu, Coda juga sudah berdiri selama 10 tahun dan sudah mengeluarkan Coda 2. Coda 2 ini menawarkan fitur-fitur unik seperti local indexing dan juga CSS override untuk mengedit CSS di website yang sedang live. Kemudian, fitur yang menarik selanjutnya adalah tool publishing yang bisa ngelacak semua file kamu diluar aplikasi Coda. Sehingga, kamu bisa menyimpan dan publish file remote apapun langsung kepada text editor ini. 

Seperti text editor lainnya, Coda juga bisa syntax highlighting, code folding dan autocomplete. Tetapi, kamu juga bisa menemukan opsi editing yang lebih unik lagi seperti; tolen wildcard yang bisa membantu user untuk mengalih beberapa item (gradient dan warna) sesukamu. 

Meskipun diharuskan bayar sebanyak $99, kamu bisa mendapatkan value yang tepat dan customer support serta e-book dan sumber untuk mempelajarinya yang sangat cukup. 

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, ada banyak sekali text editor terbaik dan menarik yang bisa kamu gunakan untuk Coding. Masing-masing text editor ini memiliki berbagai macam fitur yang unik dan luar biasa. Untuk memilih yang tepat, pastikan bahwa kamu sudah memilih text editor yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan kamu tersendiri agar tidak kesusahan disaat memakai nya. 

Contohnya, jika kamu masih pemula kamu bisa menggunakan Notepad namun jika kamu sudah ahli sekali kamu bisa menggunakan sublime Text atau Code. Atau jika kamu pengguna Mac, kamu bisa menginstall Coda namun jika kamu pengguna windows akan lebih baik jika kamu memilih atom atau Textmate.

Sekian artikel mengenai daftar text editor terbaik yang sudah kami rangkum untukmu. Semoga bermanfaat ya!

Leave your vote

190 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *