Korea gelar lokakarya Memperkuat Kebijakan Ekonomi Solidaritas Sosial

by -7 views

Seoul, Korea Selatan (Antara/Business Wire)- Kebijakan ‘Memperkuat Ekonomi Solidaritas Sosial (Social Solidarity Economy/SSE) di Asia – Lokakarya Pembangunan Kapasitas’ digelar dari tanggal 29 hingga 31 Maret, diselenggarakan bersama oleh Organisasi Perburuhan Internasional (International Labour Organzation/ILO, Direktur Jenderal Guy Ryder), Kementerian Ketenagakerjaan dan Perburuhan (Ministry of Employment and Labor/MOEL, Menteri Lee Jae-Kap), Republik Korea, dan Badan Promosi Perusahaan Sosial Korea (Korea Social Enterprise Promotion Agency/KoSEA, Presiden Kim-InSun).

Lokakarya ini merupakan bagian dari Proyek ‘Penguatan Kebijakan Sosial dan Ekonomi Solidaritas di Asia’ yang dilaksanakan melalui kesepakatan bersama pada tanggal 5 September 2019 antara ILO dan MOEL.

ILO berfokus pada peran serta pentingnya penciptaan lapangan kerja dan SSE yang layak serta menandatangani perjanjian bersama dengan MOEL, Korea. Proyek ini berlanjut dari tahun 2019 hingga 2021, terdiri dari studi pemetaan (komparatif) enam negara Asia, konferensi akademik internasional, dan lokakarya peningkatan kapasitas.

Program ini untuk memahami tantangan SSE pasca COVID-19 melalui praktik dan kasus kebijakan di Asia khususnya tentang COVID-19, perekonomian informal, dan pedesaan, meningkatkan kapasitas pemangku kepentingan, serta membangun jaringan.

Lokakarya ini melibatkan 38 profesional termasuk orang dalam pemerintah dan pengusaha sosial dari China, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, dan Korea.

Secara khusus, lokakarya ini mengundang para pemangku kepentingan kebijakan di Filipina, di mana amandemen kebijakan tingkat nasional sedang berlangsung terkait SSE. Mengembangkan SSE Asia diharapkan menjadi bermakna dengan berbagi pengalaman Korea.

Pada lokakarya Hari ke-1

– Melihat SSE dari perspektif ILO dan kondisi kebijakan ekosistem SSE Asia melalui penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh tim Universitas Nasional Seoul

– Berbagi pengalaman SSE Korea, termasuk kebijakan dan inisiatif di lapangan dalam menanggapi krisis COVID-19

Pada lokakarya Hari ke-2

– Mendiskusikan aktivitas dan tantangan setiap negara tentang pekerja informal termasuk masalah pekerja rumah tangga, jenis kelamin, dan usia

– Tur virtual waktu nyata ke Hongseong dan Gunsan, terlibat dalam kegiatan ekonomi yang berpusat pada komunitas berbasis masyarakat

Pada lokakarya Hari ke-3

– Lokakarya Rencana Aksi untuk mengembangkan dan mendeklarasikan agenda kebijakan sesuai konteks masing-masing negara dengan secara bersamaan melakukan diskusi dari berbagai perspektif dengan fasilitasi Underdogs

Direktur Departemen Perusahaan, ILO, Vic Van Vurren, menyampaikan ucapan selamat datang, menekankan peran SSE dalam membangun masyarakat yang lebih hijau dan masa depan kerja yang berpusat pada manusia, berdasarkan kemitraan dan kolaborasi sebagai katalisator.

Direktur Kebijakan Pekerjaan di MOEL, Young-joong Kim, menyampaikan video ucapan selamat yang menekankan potensi SSE, yang menarik perhatian untuk mengatasi keterbatasan pembangunan yang dimotori oleh modal, seperti pembagian kekayaan, pencemaran lingkungan, dll.

Presiden KoSEA Insun Kim menjelaskan acara ini sebagai “proses yang tak ternilai ketika nilai-nilai sosial seperti solidaritas dan kerja sama menjadi lebih penting.”

Seusai acara tersebut, KoSEA akan terus berbagi pengalaman dan informasi kebijakan di antara para peserta dalam hubungannya dengan Komunitas Pembelajaran SSE ILO.

Kontak

Tim Penelitian Kebijakan KoSEA

Jaehee Lee, Manager Departemen

Sumber: Kementerian Ketenagakerjaan dan Perburuhan

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire

Editor: PR Wire

COPYRIGHT © ANTARA 2021

Leave your vote

526 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *