in ,

Klobot, Warisan Rara Mendut untuk Nusantara

Syahdan, Kretek sudah ada dan mewarnai peradaban nusantara sejak abad ke-17. Konon diceritakan bahwa Rara Mendut menjadi perempuan pembuat dan penjaja kretek ternama di   saat itu. Salah satu model rokok lintingan buatannya memiliki kekhasan tersendiri dan dikemudian hari dikenal dengan nama Klobot.

Klobot diambil bahasa jawa yang berarti adalah pembungkus dari tongkol jagung. Sedangkan menurut buku Ensiklopedia Kretek, Klobot adalah jenis rokok dari campuran tembakau, cengkeh, dan saus yang dibungkus dengan kulit jagung. Produksi jenis sigaret kretek tangan macam ini masih dibuat dengan sangat tradisional.

Beberapa perusahaan yang masih mempertahankan memproduksi Klobot diantaranya adalah pabrik Sukun di Kudus, CV Oeloeng (Bojonegoro), Cengkir Gading (Nganjuk), dan Gudang Garam (Kediri). Ciri khas lainnya dari kretek ini adalah mode bentuk dan bungkusannya yang mengerucut ke atas. Satu bungkusnya biasanya berisi 6 sampai 12 batang.

Ada stereotip yang terbangun di tengah masyarakat tentang para penikmat Klobot. Banyak yang beranggapan bahwa kretek ini hanya dinikmati oleh golongan umur tua dan bekerja sebagai petani atau nelayan. Nyaris jarang dijumpai anak muda yang menikmati kretek ini. Apalagi kelompok perempuan padahal penciptanya adalah seorang Rara Mendut.

Karena nyaris hanya orang tua yang mengisap Klobot maka besar kemungkinan kretek macam ini akan mengalami kepunahan. Bahkan tak semua toko menjual kretek jenis ini karena peminatnya yang sangat terbatas. Akan tetapi tidak perlu gusar, jika ditemukan pun harga kretek ini tak bakal selangit.

Satu bungkus Klobot berisi enam batang dari Gudang Garam misalnya dihargai sebesar tujuh ribu rupiah dan 14 hingga 15 ribu rupiah untuk yang berisi 12 batang. Kretek model ini memiliki cita rasa yang khas serta tarikan yang sangat berat.  Maka sangat wajar jika hanya golongan tertentu yang menyukainya.

Meski pada akhirnya ini semua adalah soal selera maka sudah sepantasnya Klobot mendapatkan perhatian dari kita semua. Pasalnya, kretek macam ini adalah produk hasil kreativitas Rara Mendut dan memiliki sejarah panjang. Karena harganya yang juga terjangkau maka tidak ada salahnya untuk kita mulai mencobanya!

Indi Hikami

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

serapan-tenaga-kerja-turun,-iht-perlu-diperhatikan

Serapan Tenaga Kerja Turun, IHT Perlu Diperhatikan

budi-karya-sumadi-puas-dengan-protokol-kesehatan-bandara-yia

Budi Karya Sumadi Puas dengan Protokol Kesehatan Bandara YIA