in ,

Kisah Zat Pereda Nyeri Legal yang Kini Justru Jadi Lahan Bisnis Kartel Narkoba

Apa jenis kecanduan narkoba terburuk? Menurut pakar, tidak ada yang efeknya lebih buruk dari fentanyl sintetik. Bahkan, sakaw akibat sabu-sabu masih lebih mending dibanding sakit yang dirasakan pecandu obat pereda nyeri tersebut. Inilah sisi ironis dari fentanyl. Zat kimia ini dulunya diklaim sebagai keajaiban medis. Pereda nyeri ini cocok dikonsumsi pasien yang baru saja melalui operasi ataupun dikonsumsi penderita kanker supaya tak merasakan sakit berlebih.

Sepuluh tahun terakhir, sisi gelap fentanyl (biasa juga disebut sebagai opioid) muncul ke permukaan. Obat itu terlalu dikomersialkan oleh industri farmasi Amerika Serikat. Orang dengan mudah mendapatkannya di apotek hanya dengan keluhan “nyeri” biasa. Ketika dikonsumsi berlebihan, fentanyl bertransformasi menjadi narkoba legal.

Pemerintah AS sudah mencanangkan perang melawan kecanduan fentanyl sejak lima tahun terakhir. Korban terlanjur berjatuhan. Tragisnya lagi, zat yang sebetulnya legal untuk kebutuhan medis itu kini mulai dieksploitasi oleh jaringan kartel. Mereka melihat tingginya permintaan fentanyl sintetik di pasar gelap, karena peredarannya di apotek-apotek negara maju mulai dibatasi.

Setahun terakhir, tim VICE News yang sebelumnya menggarap podcast “Chapo: Kingpin on Trial”, kini berganti fokus meliput seluk beluk fentanyl. Kami mendalami sejarah obat pereda nyeri ini berubah jadi sumber nestapa bagi penggunanya. Tim VICE pergi ke berbagai negara, melacak peredaran fentanyl sintetik, bertemu kartel yang memperdagangkannya di Meksiko, mewawancarai penjual fentanyl ilegal di dark web asal Tiongkok, serta mengikuti agen Badan Anti-Narkoba AS (DEA) yang berusaha menyetop penjualan fentanyl ilegal di dalam negerinya.

Struktur podcast ini akan bermula dari cerita seorang penjual fentanyl sintetis di dark web. Dia sempat berjaya, tapi kemudian tertangkap aparat. Laporan kami selanjutnya beralih pada investigasi perilaku industri farmasi. Kami menemukan indikasi, bila perusahaan farmasi besar sengaja menciptakan ketergantungan pasien pada obat pereda nyeri. VICE juga mewawancarai tim medis dan perawat di lapangan, yang melihat langsung dampak kecanduan fentanyl pada tubuh manusia.

Seri podcast ini, pada akhirnya, ingin menjawab kenapa zat yang seharusnya berstatus terobosan medis kini justru memicu kecanduan parah yang menimbulkan ribuan korban jiwa dan berubah jadi komoditas yang hendak dikuasai kartel narkoba.

Simak podcast soal fentanyl tersebut di Spotify, dan tonton trailernya di tautan awal artikel.

Artikel ini pertama kali tayang di VICE News

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

kepala-desa-di-garut-dituding-jual-gedung-sd-negeri-dengan-harga-rp80-juta

Kepala Desa di Garut Dituding Jual Gedung SD Negeri Dengan Harga Rp80 Juta

penelitian:-pasang-foto-pasangan-di-medsos-bisa-meningkatkan-kualitas-hubungan-kalian

Penelitian: Pasang Foto Pasangan di Medsos Bisa Meningkatkan Kualitas Hubungan Kalian