Kisah Janet Wishart, Penyihir Skotlandia yang Amat Ditakuti

by -7 views
kisah-janet-wishart,-penyihir-skotlandia-yang-amat-ditakuti

Anehdidunia.com – Sebagian dari anda mungkin pernah berkhayal supaya bisa menjadi penyihir. Berkat popularitas karya-karya fiksi bertema sihir seperti Harry Potter dan semacamnya, banyak orang-orang yang lantas membayangkan bagaimana rasanya jika memiliki kekuatan sihir. Sebab rasanya menyenangkan jika segala macam pekerjaan berat bisa diselesaikan dengan mudah hanya dengan membacakan mantera sihir atau mengayunkan tongkat sihir.

Penyihir sendiri ternyata memang benar-benar pernah ada pada masa lampau di Eropa. Namun jika anda membayangkan kalau penyihir di masa itu memiliki kehidupan nyaman dan penuh petualangan layaknya penyihir Harry Potter, maka pikiran itu sebaiknya anda buang-buang jauh. Sebab menjadi penyihir di masa itu bisa membuat anda kehilangan nyawa!

Masyarakat Eropa pada Abad Pertengahan masih memiliki keyakinan kuat akan takhayul dan hal-hal yang berbau gaib. Mereka percaya bahwa jika ada hal buruk yang terjadi dan tidak ada penjelasan logisnya, maka hal tersebut pasti disebabkan oleh sihir. Kalangan Kristen Eropa pada masa itu juga memandang penyihir secara negatif karena penyihir dianggap beruhubungan erat dengan ajaran sesat dan praktik ilmu hitam.

Atas keyakinan itulah, pada tahun 1563 pemerintah Skotlandia (sekarang termasuk wilayah Inggris) mengeluarkan peraturan yang bakal menjadi mimpi buruk bagi siapapun yang dituduh sebagai penyihir. Berdasarkan peraturan ini, orang-orang yang diyakini sebagai penyihir boleh dibunuh. Mereka yang dituduh sebagai penyihir seringkali tidak memiliki kesempatan untuk membantah tuduhan yang disematkan pada mereka.

Beberapa hal yang dijadikan pedoman oleh para pembasmi penyihir untuk menentukan sasarannya adalah dengan melihat keberadaan tanda lahir yang berbentuk aneh, bisa tidaknya ia mengucapkan doa dalam agama Kristen, bisa tidaknya ia menangis saat diberi perintah, serta apakah orang tersebut mengapung (bukannya tenggelam) saat berada di air.

Jika orang yang dicurigai sebagai penyihir memenuhi semua kriteria tadi, maka orang tersebut bakal langsung ditetapkan penyihir yang boleh dibunuh. Banyak di antara korban eksekusi mati tersebut berjenis kelamin wanita.

Tahun 1597 merupakan tahun di mana perburuan penyihir di Skotlandia sedang panas-panasnya berlangsung. Atas perintah Raja James V, pasukan dan rakyat Skotlandia melakukan penyisiran ke seantero negeri untuk menemukan penyihir. Oleh karena itulah, periode ini dikenal sebagai Perburuan Besar Penyihir Skotlandia (Great Scottish Witch Hunt).

Perburuan besar-besaran tersebut berlangsung dari bulan Maret hingga Oktober 1597. Ada ribuan orang yang ditangkap dalam perburuan massal ini. Dari sekian banyak tertuduh penyihir yang ditangkap dan dihukum, salah satu yang paling terkenal adalah Janet Wishart dari Aberdeen. Siapa itu Janet dan apa yang membuatnya terkenal pada masanya?

Janet dan Sihirnya yang Berbahaya

Janet dan Sihirnya yang Berbahaya
Janet dan Sihirnya yang Berbahaya via journalnews.com

Menurut klaim warga sekitar, Janet diyakini mulai memiliki kekuatan sihir sejak tahun 1572. Pada awalnya, ada 5 orang pemuda yang memergoki Janet saat wanita tersebut sedang mencuri dari tetangganya.

Bukannya merasa takut atau mencoba berkelit, Janet justru malah mengucapkan kata-kata yang diyakini sebagai mantera kutukan sihir. Ia pada waktu itu berkata, “Weill haif ye schemit me. I sail gar the best of yow repent”. Tidak lama sesudah peristiwa tersebut, 2 orang yang memergoki Janet ditemukan meninggal akibat tenggelam di sungai.

Sejak peristiwa tersebut, reputasi angker yang dimiliki oleh Janet hanya semakin menggila. Beragam rumor beredar mengenai kekuatan sihir Janet dan kebiasaannya melakukan ritual sihir. Ia bahkan digosipkan menjalin kontrak dengan Setan.

Janet dikabarkan juga gemar mempraktikkan aneka macam sihir dan kesialan kepada penduduk sekitar. Ia diisukan bisa membuat orang jatuh sakit secara misterius, sakit jiwa secara tiba-tiba, dan bahkan meninggal secara misterius.

Kemampuan ajaib yang konon dimiliki oleh Janet belum berhenti sampai di sana. Janet juga dicurigai sebagai dalang aneka macam peristiwa rumah tangga seperti timbulnya perceraian dan bangkrutnya usaha seseorang.

Janet bahkan diyakini bisa menciptakan badai, membuat orang mengalami mimpi buruk, menimbulkan gagal panen, dan lain sebagainya. Kasarnya, jika ada bencana atau musibah yang menimpa wilayah tersebut, maka orang-orang bakal langsung membayangkan Janet sebagai pelakunya.

Meskipun begitu, tidak ada warga sekitar yang berani mengusik Janet secara terang-terangan. Alasannya jelas karena mereka khawatir bakal menjadi korban kutukan sihir Janet yang berikutnya.

Munculnya Korban Demi Korban

Munculnya Korban Demi Korban
Munculnya Korban Demi Korban via http://benedante.blogspot.com/

Janet dikabarkan juga memiliki sifat mudah tersinggung. Jika seseorang sampai berani menatap Janet secara sinis, maka orang tersebut diyakini bakal langsung tertimpa hal buruk tak lama kemudian.

John Allen adalah salah satu orang yang dicurigai sebagai korban Janet. John adalah putra ipar Janet yang diketahui kerap melakukan penganiayaan kepada putri kandungnya sendiri.

Saat Janet akhirnya tahu kalau John kerap menganiaya anaknya, Janet merasa marah dan kemudian melontarkan kutukan kepada John. Setiap 6 minggu, akan ada iblis berwujud anjing yang bakal memasuki rumah John dan menyerangnya. Uniknya, makhluk yang sama tidak pernah mengusik istri John sama sekali kendati ia tinggal satu rumah dengan John.

Katherine Rattray adalah contoh lain orang yang diisukan menjadi korban kutukan sihir Janet. Setelah menunjukkan sikap tidak bersahabat kepada Janet, semua minuman yang disajikan oleh Rattray berubah menjadi basi dan memiliki rasa tidak enak. Kebetulan Rattray memang berprofesi sebagai pengelola kedai minuman.

Fenomena tersebut tak pelak mengundang keprihatinan dari putri Rattray yang bernama Katherine Ewin. Ewin menemui Janet dengan harapan Janet bersedia melepas kutukan sihir yang sedang menggelayuti ibunya.

Upaya Ewin tersebut pada akhirnya berakhir sia-sia. Bahkan kini Ewin turut menjadi korban kutukan Janet. Bayi Ewin meninggal secara misterius. Kemudian setiap 20 hari, ada makhluk gaib berwujud kucing yang kerap mendatangi Ewin beserta suaminya pada malam hari, lalu meneror mereka dengan mimpi buruk dan meninggalkan bekas cakaran saat keduanya sudah terbangun.

Daftar korban Janet masih belum berhenti sampai di sana. Pada tahun 1593, seorang pedagang yang bernama Walter Healing menolak menjual wol kepada Janet. Karena merasa murka, Janet kemudian mengutuk Walter dan menyumpahinya kalau anak Walter akan tertimpa hal buruk. Keesokan harinya, bayi Walter ditemukan meninggal dalam tidur kendati awalnya nampak berada dalam kondisi baik-baik saja.

James Ailhows adalah korban lain dari kutukan sihir Janet. James pada awalnya bekerja sebagai pelayan Janet. Saat James mengutarakan niatnya untuk berhenti bekerja sebagai pelayan, Janet langsung melontarkan kutukan pada James.

Usai peristiwa tersebut, James mengalami sakit keras dan terancam kehilangan nyawanya. Sakit yang menimpanya baru menghilang setelah James menemui penyihir lain supaya penyihir tersebut bersedia menghilangkan kutukan yang diberikan oleh Janet kepada James.

Rentetan peristiwa dan rumor tadi menyebabkan Janet menjadi orang yang begitu ditakuti oleh warga sekitar. Hingga kemudian pada tahun 1597, Janet ditangkap dan dijatuhi hukuman mati dengan cara dibakar hidup-hidup.

Selain Janet, petugas pemerintah juga menangkap sanak famili Janet. Namun selain putranya yang dihukum mati layaknya Janet, semua anggota sanak famili Janet dibebaskan dan diperbolehkan pergi meninggalkan Aberdeen.

Sekarang, kisah Janet dipandang bak dua sisi mata uang. Sebagian orang memandang Janet sebagai bukti kalau penyihir di masa lampau memang ada dan ia melakukannya untuk hal-hal yang buruk. Namun di sisi lain, mereka yang skeptis meyakini kalau Janet mungkin hanya menjadi tumbal atas ketakutan massal yang sedang menimpa orang-orang pada masa itu. Apapun hal yang sebenarnya terjadi, kisah hidup Janet dan akhir hidupnya yang tragis bakal membuat siapapun merasa gemetar.

Sumber :

https://mysteriousuniverse.org/2021/10/the-strange-case-of-janet-wishart-the-great-witch-of-scotland/

More

Leave a Reply

Your email address will not be published.