30.9 C
Jakarta
Tuesday, May 17, 2022

Kisah Anak 4 Tahun Jadi Pahlawan Tunawisma hingga Bangun Yayasan, Bikin Kagum!

Kisah Anak 4 Tahun Jadi Pahlawan Tunawisma hingga Bangun Yayasan, Bikin Kagum!

Anak-anak mungkin kerap tampil dengan sikap lugu dan berhati besar dalam situasi sehari-hari. Namun, ada kisah mengharukan dari anak usia 4 tahun di Alabama nih, Parents, yaitu kisah anak 4 tahun jadi pahlawan tunawisma.

Pada tahun 2018, Austin Perine menjadi berita utama nasional untuk misinya memberi makan tunawisma sebanyak mungkin sambil berpakaian seperti pahlawan super dan menggunakan julukan “Presiden Austin”.

Ayahnya, TJ Perine, mengatakan kepada CBS News bahwa anak laki-laki itu memilih gelar itu, karena memberi makan para tunawisma merupakan suatu tugas yang seharusnya dilakukan presiden.

Lantas, bagaimana cerita perjalanan Austin melakukan perbuatan-perbuatan terpuji yang akhirnya disebut sebagai pahlawan tunawisma? Simak kisahnya berikut ini!

Artikel terkait: 10 Teknik untuk Membentuk Perilaku Anak yang Baik Sejak Dini

Kisah Anak 4 Tahun Jadi Pahlawan Tunawisma, Terinspirasi dari Acara TV

Perine menjelaskan kepada outlet berita bahwa Austin awalnya terinspirasi ketika mereka menonton acara TV tentang panda. Seekor induk panda menelantarkan bayinya, dan Perine menjelaskan kepada putranya bahwa anak panda itu sekarang menjadi tunawisma.

“Dia bilang, ‘Apa itu tunawisma?’” Perine berbagi. “Saya berkata, ‘Itu ketika kamu tidak memiliki rumah dan terkadang kamu tidak memiliki ibu atau ayah di sekitarmu.’”

Begitu dia mengetahui bahwa orang juga bisa menjadi tunawisma, Austin bertekad untuk membuat perbedaan. Austin memberi tahu orang tuanya bahwa dia ingin memberikan uang sakunya yang biasanya digunakan untuk membeli mainan, kini ia belikan sandwich ayam untuk para tunawisma.

Artikel terkait: 10 Alasan Dibalik Perilaku Anak yang Terlihat Nakal

Berkeliling dengan Kostum Superhero

Untuk menyalurkan niat baiknya kepada para tunawisma, Austin memutuskan untuk berkeliling wilayah tempat tinggalnya dengan mengenakan kostum-kostum unik, seperti kostum superhero di dalam film.

Dengan mengenakan kostum tersebut, anak berusia 4 tahun itu akan membagikan sandwich dan berkata, “Jangan lupa untuk menunjukkan cinta.”

Disebutkan bahwa para penerima sandwich dari Austin tidak memiliki masalah melakukan hal itu. Mereka benar-benar tersentuh oleh usahanya.

Jelas saja, Austin kecil juga merasakan pengalaman yang memuaskan. “Memberi makan para tunawisma adalah puncak hidup saya,” katanya kepada CBS News.

Anak 4 Tahun Jadi Pahlawan Tunawisma dan Mendirikan Yayasan Show Love

Untuk mewujudkan niat baiknya secara lebih meluas, Austin dan keluarganya juga membuat sebuah yayasan bernama GoFundMe sebagai rumah bagi Yayasan Show Love.

Menurut TJ Perine, Show Love adalah gerakan nirlaba yang akan melibatkan perjalanan dan memerangi kelaparan dan mendirikan fasilitas yang akan membantu dengan memberikan makanan, perlengkapan mandi, rehabilitasi narkoba dan integrasi tempat tinggal.

“Austin dan saya akan memimpin pendirian fasilitas tersebut. Karena kami akan menarik dana seminggu sekali dengan dokumentasi tentang bagaimana itu dibelanjakan.”

Ia menambahkan, “Seperti yang kalian tahu, Austin baru 4 tahun, jadi saya akan menangani donasi Anda dengan hati-hati untuk memastikan bahwa mereka digunakan secara efisien dan efektif.”

Artikel terkait: Demi Kesehatan Mental Anak, Jangan Lakukan 7 Hal ini Pada Mereka

Kerap Diundang Wawancara dan Mendapatkan Penghargaan

Kegiatan Austin Perin hingga saat ini bisa Parents pantau di akun Facebook Austin Perine, ya! Di sana, Austin membagikan momen-momen kesehariannya. Di akun tersebut, Austin juga membagikan video-video saat ia diundang untuk melakukan wawancara di sejumlah program televisi.

Tak hanya itu, atas niat baiknya, Austin juga kerap mendapatkan penghargaan dari lembaga ataupun pemerintah setempat atas kegiatan sosial yang ia lakukan itu di usia dini. Begitu menakjubkan, ya, Parents!

Bicara soal berbagi, konsep ini memang tidak mudah diajarkan ke anak-anak apalagi umur di bawah lima tahun. Tapi, bukan berarti kita nggak bisa mengajari mereka berbagi sejak dini, ya!

Semoga, apa yang dilakukan Austin bisa menginspirasi orang-orang dari segala usia untuk mengikuti jejaknya.

***

Kerap Luput, Ajarkan 10 Hal Ini Sejak Dini untuk Jadikan Anak Pria Sejati

12 Tanggung Jawab Ayah di Dalam Keluarga, Wajib Dilaksanakan!

13 Dampak Psikologis Anak yang Dibesarkan Tanpa Figur Ayah

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles