30.3 C
Jakarta
Saturday, May 28, 2022

Keutamaan Membaca Dzikir di bulan Ramadan, Jangan Lupa Amalkan

Keutamaan Membaca Dzikir di bulan Ramadan, Jangan Lupa Amalkan

Dzikir merupakan salah satu ibadah yang bisa kita amalkan di bulan suci Ramadan. Sebagai salah satu cara kita sebagai umat Muslim untuk mengingat dan menyebut kepada Allah SWT.

Amalan ini bahkan salah satu perintah langsung dari Allah SWT yang tertulis di dalam kitab suci Al Quran. Seperti amalan di bulan Ramadan lainnya, pahala yang akan kita dapatkan dengan berdzikir pun akan dilipatgandakan dan banyak keutamaan yang bisa diraih dengan menunaikannya.

Artikel Terkait: 6 Dzikir untuk Parents dan Keluarga Amalkan di 10 Hari Pertama Bulan Ramadan

Anjuran untuk Berdzikir di Bulan Ramadan

Mengutip dari laman Islam NU, Prof. Dr. Syekh Abdul Halim Mahmud menjelaskan bahwa Ramadhan bukan hanya sekedar berpuasa, tetapi juga berdzikir dan berdoa. Sesuai firman Allah SWT yang ada dalam surat Al Baqarah ayat 183 berikut,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Yang Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kalian agar kalian bertakwa,”

Bertakwa adalah menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Oleh karena itu, agar seorang muslim dapat bertakwa, ia harus selalu mengingat Allah. Salah satu cara untuk terus menerus mengingat Allah dalam kehidupan adalah dengan berdzikir.

Seperti yang tertulis di dalam Al Quran, Allah SWT telah memerintahkan kaum Muslim untuk berdzikir. Ini merupakan perintah atau sesuatu yang sifatnya sebaiknya tidak untuk dibantah.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا

Yang Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut) nama Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya.” (QS Al-Ahzab [33]: 41)

Berdzikir merupakan bagian dari ibadah seorang Muslim, oleh karena itu hendaknya juga dilakukan di bulan Ramadhan yang merupakan bulan penuh berkah. Tentunya kita pun akan mendapatkan pahala dan keutamaan dengan menunaikan ibadah berdzikir di bulan puasa.

Artikel Terkait: Supaya Makin Semangat Beribadah, Ajarkan Si Kecil Tentang 10 Keutamaan Bulan Ramadan

Keutamaan Berdzikir Bagi Umat Muslim

Selain dzikir sebagai perintah (amar) langsung dari Allah SWT, dzikir juga merupakan anjuran dengan imbalan (akhkhadz). Allah menjanjikan imbalan dari ibadah dzikir yang kita laksanakan.

Dalam Hadits Qudsi, Allah menjanjikan bahwa mereka yang berdzikir akan lebih dekat kepada-Nya dibandingkan yang tidak berdzikir.

يَا ابْنَ آدَمَ، إِنْ ذَكَرْتَنِي فِي نَفْسِكَ ذَكَرْتُكَ فِي نَفْسِي، وَإِنْ ذَكَرْتَنِي فِي مَلَأٍ ذَكَرْتُكَ، فِي مَلَأٍ خَيْرٌ مِنْهُ وَإِنْ دَنَوْتَ مِنِّي شِبْرًا دَنَوْتُ مِنْكَ ذِرَاعًا، وَإِنْ دَنَوْتَ مِنِّي ذِرَاعًا دَنَوْتُ مِنْكَ بَاعًا، وَإِنْ أَتَيْتَنِي تَمْشِي أَتَيْتُكَ هرولة”

“Hai anak Adam, jika kamu mengingatKu di dalam dirimu, Aku ingat pula kepadamu dalam diri-Ku. Jika kamu mengingat-Ku di dalam suatu golongan, Aku ingat pula kepadamu di dalam golongan yang lebih baik dari golongan itu. Jika kamu mendekat kepada-Ku satu jengkal, Aku mendekat kepadamu satu hasta. Jika kamu mendekat kepada-Ku satu hasta, Aku mendekat kepadamu satu depa. Dan jika kamu datang kepada-Ku berjalan kaki, Aku datang kepadamu dengan berlari.” (HR Imam Bukhari)

Dengan berdzikir, kita pun akan diberikan rezeki dari Allah SWT yang tidak disangka-sangka. Hal ini adalah firman Allah dalam Surat Al Thalaq.

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا. وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, Allah akan mengadakan jalan keluar untuknya. Dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (QS al-Thalaq [65]: 2-3)

Bacaan Dzikir di Bulan Ramadan

Barangsiapa yang membaca dzikir di bulan Ramadan, akan mendapatkan pahala yang dilipatgandakan. Dzikir dapat dibaca kapan saja. Di pagi hari, siang hari, sore hari, hingga malam hari. Dzikir juga bisa dibaca saat sahur, setelah selesai shalat, maupun saat menunggu berbuka puasa.

Berdzikir pun memiliki tata caranya tersendiri yang tertulis pada Surat Al A’raf ayat 205:

وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ وَلَا تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ

Yang Artinya: “Dan sebutlah Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.”

Artikel Terkait: 30 Hikmah bulan Ramadhan yang insyaallah akan diraih umat Islam

Lalu Bagaimana Caranya?

Saat membaca dzikir disarankan untuk masing-masing bacaannya dilakukan sebanyak 33 kali. Berikut adalah bacaan dzikir yang bisa Parents amalkan.

Istighfar
Bacaan istighfar adalah sebagai berikut:
أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ
“Astaghfirullahal ‘adhiim”
Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung.”
Tasbih
Berdzikir dengan membaca kalimat tasbih berikut ini:
سُبْحَانَ ٱللَّٰ
“Subhanallah”
Artinya: “Maha Suci Allah”
Tahmid
Cara membaca kalimat tahmid adalah sebagai berikut:
الحمد لله
“Alhamdulillah”
Artinya: “Segala Puji Bagi Allah”
Takbir
Ketika berdzikir, kita mengucapkan kalimat takbir yaitu:
الله أكبر
“Allahu Akbar”
Artinya: “Allah Maha Besar”
Tahlil
Kalimat tahlil juga dibaca saat berdzikir. Bunyinya adalah:
لا إله إلا الله
“La ilahaillallah”
Artinya: “Tiada tuhan selain Allah”
Salawat Nabi
Salawat termasuk bagian dari dzikir. Karena dalam lafadz shalawat, kita berdoa kepada Allah. Berikut adalah bacaan salawat Nabi:
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
“Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad”
Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah rahmat kepada baginda kami Muhammad.”

***
Dzikir di bulan Ramadan merupakan ibadah yang bisa kita amalkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meraih pahala serta rahmat-Nya. Apakah Parents sudah berdzikir di bulan Ramadhan ini? Yuk, ajak serta anak-anak untuk mengamalkan ibadah yang penuh keutamaan ini.

Sumber:

https://islam.nu.or.id/ramadhan/ramadhan-adalah-bulan-dzikir-ZLCrb

11 Doa di Bulan Ramadan yang Dianjurkan Rasulullah, Yuk Ajarkan pada Si Kecil

Ramadhan Tiba Tapi Utang Puasa Belum Dibayar, Bagaimana Hukumnya?

5 Langkah Cerdas Cegah Pemborosan Saat Belanja Ramadhan

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles