Kenapa Mikrofon Laptop Tidak Berfungsi Normal Saat Digunakan? Ini Penjelasannya!

by -7 views
kenapa-mikrofon-laptop-tidak-berfungsi-normal-saat-digunakan?-ini-penjelasannya!

Kenapa Microphone Laptop Tidak Berfungsi - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat akan melakukan konferensi video atau streaming game menggunakan laptop.

Salah satunya memastikan mikrofon berfungsi normal agar layanan atau aplikasi di laptop dapat menangkap suara milik kita dan memakainya sebagaimana fungsi yang ditawarkan.

Jika tidak bekerja secara normal, maka dukungan terkait bisa saja terganggu sehingga mengecek apakah mikrofon berfungsi atau tidak dapat menjadi bagian dalam mempersiapkan sejumlah kegiatan online. Kamu pun perlu mencoba dukungan tambahan secara khusus pada aplikasi atau layanan terkait.

Dengan begitu, kamu dapat segera mengatasi masalah jika mikrofon ternyata tidak bekerja sebelum memulai kegiatan. Hanya saja memang proses perbaikannya kadang-kadang butuh waktu yang cukup lama karena penyebabnya sangat bermacam-macam.

Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa alasan kenapa mikrofon di laptop tidak berfungsi secara normal maupun tidak bisa digunakan. Termasuk di antaranya meliputi sejumlah permasalahan teknis.

Kenapa Mikrofon Laptop Tidak Berfungsi Normal?

Izin Aplikasi Belum Diberikan

  1. Buka Settings di laptop
  2. Masuk ke bagian Privacy

    Kenapa Microphone Laptop Tidak Berfungsi - 1
  3. Pilih menu Microphone

    Kenapa Microphone Laptop Tidak Berfungsi - 2
  4. Pastikan pengaturan pada bagian Allow apps to access your microphone aktif

    Kenapa Microphone Laptop Tidak Berfungsi - 3
  5. Pastikan tombol pada aplikasi terkait menyala

    Kenapa Microphone Laptop Tidak Berfungsi - 4
  6. Jangan lupa aktifkan juga tombol pada bagian Allow desktop apps to access your microphone

    Kenapa Microphone Laptop Tidak Berfungsi - 5

Pengaturan mikrofon termasuk ke dalam ranah privasi. Jadi oleh para pengembang sistem operasi, kita akan diberikan keleluasaan untuk mengelola sendiri apakah aplikasi boleh mengaksesnya untuk menjalankan sebuah fitur atau tidak.

Mikrofon yang tidak berfungsi salah satunya dapat disebabkan oleh masalah pengaturan ini. Jika menggunakan laptop berbasis Microsoft Windows 10, kamu dapat mencoba beberapa langkah di atas untuk memastikan izin aplikasi sudah diberikan atau belum.

Volume Mikrofon Terlalu Kecil

  1. Akses halaman Settings
  2. Masuk ke bagian System

    Kenapa Microphone Laptop Tidak Berfungsi - 6
  3. Pilih tab Sound

    Kenapa Microphone Laptop Tidak Berfungsi - 7
  4. Cari bagian Input
  5. Ketuk menu Device properties

    Kenapa Microphone Laptop Tidak Berfungsi - 8
  6. Ubah Volume ke maksimal

    Kenapa Microphone Laptop Tidak Berfungsi - 9
  7. Lakukan pengetesan menggunakan tombol Start test jika diperlukan

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa mikrofon di laptop juga mempunyai pengaturan volume selayaknya speaker. Jadi saat setelan belum pas atau masih kurang, suara yang terekam bakal tidak terdengar.

Mengatur volume ke maksimal tentu dapat menjadi opsi untuk memperbaiki mikrofon yang tidak berfungsi dalam hal ini. Karena pada pengaturan untuk Windows 10 di atas misalnya, setelan tertinggi akan dianggap sebagai 0 persen.

Mikrofon Dinonaktifkan

Alasan lain yang sering terjadi ketika mikrofon laptop tidak berfungsi adalah pengaturan perangkat memang dinonaktifkan. Jika demikian yang terjadi, maka kita perlu menghidupkan kembali supaya bisa menggunakannya.

Di laptop Windows 10, kamu pun dapat memastikan apakah mikrofon bawaan dinonaktifkan atau tidak melalui halaman Settings > System > Sound > Device Properties seperti saat mengatur volume. Pastikan bahwa bagian Disable tidak tercentang jika masih ingin memakainya.

Kenapa Microphone Laptop Tidak Berfungsi - 10

Pengaturan Aplikasi Atau Layanan Belum Sesuai

Selain sistem operasi, aplikasi dan layanan umumnya secara khusus juga mempunyai pengaturan sendiri terkait dengan pemakaian mikrofon. Setelan yang tidak sesuai di dalamnya pun dapat menyebabkan perangkat suara tersebut tidak bekerja.

Bahkan layanan seperti Google Meet misalnya mempunyai dukungan untuk mematikan atau menghidupkan mikrofon. Pastikan untuk melihat setelan di dalamnya jika kamu ingin berbicara supaya suara bisa terdengar oleh peserta lain.

Kenapa Microphone Laptop Tidak Berfungsi - 11

Komponen Mikrofon Rusak

Seiring usia pemakaian, komponen elektronik bisa saja tiba-tiba rusak sehingga menyebabkan sejumlah hal tidak berfungsi secara normal. Mikrofon pun termasuk salah satu bagian laptop yang bisa  mengalaminya.

Mengganti komponen tersebut tentu bisa menjadi solusi yang paling pas untuk hal ini. Namun menurut saya, hal itu tidak penting karena kita umumnya akan menggunakan perangkat headset, headphone, atau mikrofon tambahan saat melakukan konferensi video atau streaming game.

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *