in ,

Kenapa Kita Bisa Mimpi Basah? Begini Penjelasan Pakar

Setiap habis mimpi basah, saya tidak pernah ingat apa yang diimpikan. Yang saya tahu cuma saya sering mengerang dan menggeliat saat tidur. Itupun karena diberi tahu pasangan.

Menurut penjelasan ilmiah, seseorang mimpi berhubungan seks selama periode REM ketika aliran darah ke alat kelamin meningkat. Dari situ, mereka jadi lebih horni.

Mimpi masih menyimpan banyak misteri. Kita akan lupa sebagian besar mimpinya setelah bangun tidur, karena otak tidak ingin mengelirukannya dengan kenyataan. Psikolog dan pakar seks Laura Duranti berujar kualitas dan isi mimpi erotis sangat tergantung pada diri sendiri dan hubungan kalian dengan seksualitas. Dia menerangkan meski tidak sepenuhnya terlepas dari realitas ketika tidur, otak manusia “mengintegrasikan rangsangan eksternal yang diterimanya”, seperti suhu, ruangan atau apa yang disentuh.

Posisi tidur juga penting. “Beberapa studi, seperti yang dikerjakan Calvin Kai-Ching Yu dari Universitas Shue Yan Hong Kong, mengungkapkan tidur tengkurap dapat menyebabkan mimpi basah,” kata Laura. Tidur tengkurap menghalangi jalan napas dan menekan alat kelamin, sehingga mengingatkan otak akan sensasi saat berhubungan intim.

Seseorang bahkan bisa sampai berorgasme ketika mimpinya sangat intens. Sejumlah perempuan mengaku tidak bisa mencapai klimaks di dunia nyata, tapi mengalami orgasme di dalam mimpi. “Mereka mungkin secara fisiologis mampu berorgasme, tapi tidak ada rangsangannya di dunia nyata, baik itu saat masturbasi maupun berhubungan seks,” terangnya.

Psikolog dan seksolog Marilena Iasevoli menyampaikan seks adalah “pelepasan energi” baik dalam dunia mimpi maupun dunia nyata. “Kita lebih mudah mengabaikan hambatan di dalam mimpi, serta memenuhi kebutuhan dan hasrat tanpa perlu mengontrol tubuh, pikiran atau pasangan,” tuturnya. Menurut Laura, mimpi dapat menyalurkan fantasi seksual yang tidak bisa atau berani kalian lakukan di dunia nyata.

“Seks dapat melepaskan energi, memperbaiki hubungan dan menyelesaikan masalah dengan pasangan, mantan atau orang lain,” ujar Marilena. Namun, kita juga bisa mimpi berhubungan intim dengan orang yang tidak disukai. Kita mungkin mengira mimpi basah adalah hasrat bawah sadar yang belum siap diterima, tapi mimpi semacam ini bisa jadi berarti kalian memiliki masalah yang belum terselesaikan dengan seseorang. Jika kalian mimpi ngewe dengan sahabat, orang yang dibenci atau bukan tipe kalian, “mimpi tersebut dapat menggambarkan ikatan kuat bersama orang itu, hal-hal yang bikin kalian iri dari mereka atau sisi maskulin atau feminin mereka yang juga ingin kalian miliki,” lanjutnya.

Namun, mimpi tak selamanya sebebas itu. Laura menyampaikan rasa minder masih bisa menahan diri seseorang saat tidur, terutama jika mengalami hambatan emosional mendalam terhadap seksualitas, takut kehilangan kekuatan atau belum siap melepaskan sesuatu. Kedua pakar sepakat seseorang harus menemukan penyebabnya terlebih dulu untuk mewujudkan fantasi secara sepenuhnya.

Penting juga diingat bahwa mimpi basah tak selalu menggambarkan keinginan terdalam. Sering kali, otak berusaha mengulang apa yang dialami seseorang sepanjang hari. Adegan film, karakter buku, atau lagu dapat membangkitkan fantasi seksual ketika tidur.

Jadi tidak usah terlalu dipikirin kalau kalian mimpi ngewe sama alien atau tetangga yang kalian benci. Mungkin itu tidak ada artinya apa-apa.

Artikel ini pertama kali tayang di VICE Italy

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

black-lives-matter:-serial-the-simpsons-akhiri-penggunaan-aktor-kulit-putih-untuk-isi-suara-karakter-kulit-berwarna

Black Lives Matter: Serial The Simpsons akhiri penggunaan aktor kulit putih untuk isi suara karakter kulit berwarna

kesepian-mengubah-cara-kita-memandang-hubungan-dengan-manusia-lain

Kesepian Mengubah Cara Kita Memandang Hubungan dengan Manusia Lain