Kenali 8 Jenis-Jenis Hosting & Perbedaannya [Terlengkap]

by -2 views
kenali-8-jenis-jenis-hosting-&-perbedaannya-[terlengkap]

Saat hendak membuat website, ada dua hal yang kamu butuhkan yaitu nama domain dan hosting. Untuk mendapatkan pilihan hosting yang tepat, kamu harus tahu jenis-jenis hosting. Selain cara membuat website, kamu juga harus tahu cara memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan website.

Jika ini kali pertama kamu membuat website dan tidak tahu jenis hosting seperti apa yang tepat, kamu bisa mulai mencari informasinya dari artikel yang akan kita bahas kali ini.

Apa Itu Hosting

Mari mengenal jenis hosting
Mengenal hosting, salah satu hal penting dalam membuat website. (Sumber: flickr – sinchana banakar)

Hosting memiliki peran penting untuk setiap website, jadi kamu tidak boleh sembarangan dalam memilihnya. Hosting adalah sebuah layanan online yang akan kamu gunakan untuk mengelola data situs atau aplikasi web yang kemudian ditampilkan melalui internet. File yang tersimpang di dalam hosting bisa berupa gambar, video, script, email, aplikasi, dan database

Kamu bisa menganalogikan website sebagai bangunan rumah dan hosting adalah tanah bangunannya. Sementara domain dan Internet Protocol (IP) adalah alamat rumah tersebut. Domain berfungsi memberikan identitas kepada website agar tidak terjadi duplikasi dan bersifat unik. Tujuan dari hosting adalah menyimpan informasi dan data website tersebut. 

Fungsi Hosting

5 Fungsi hosting
5 Fungsi hosting menunjukkan bahwa hosting  memiliki peran penting untuk website dan bisnis. (Sumber: pixabay – kreatikar)

Hosting digunakan untuk mempermudah pemilik situs web dalam mengelola dan mengakses website nya. Layanan ini memungkinkan penggunanya untuk menjaga agar website tidak mudah down. Sehingga setiap pengunjung website bisa mengaksesnya dengan mudah dan lancar.

Untuk memastikan bahwa hosting yang kamu pilih bisa berfungsi dengan baik, pastikan kamu memilih hosting berkualitas dari penyedia hosting Indonesia terpercaya. Adapun fungsi dari hosting itu sendiri adalah sebagai berikut.

Menyimpan Data Website

Fungsi utama hosting adalah untuk menyimpan file dan data sebuah situs web. Sehingga pemilik website bisa mengelola data tersebut agar nantinya bisa ditampilkan di halaman web. Semakin besar website yang akan kamu buat, semakin besar pula kapasitas hosting yang dibutuhkan.

Memungkinkan Website Memiliki Performa yang Tinggi

Fungsi lain dari hosting adalah memungkinkan website memiliki performa yang tinggi. Beberapa layanan hosting berkualitas menawarkan fitur unggulan agar website kliennya stabil dan tidak lemot. Hal tersebut bisa menjadi salah satu alasan menggunakan hosting Exabytes.

Melindungi Website dari Serangan Hacker

Mungkin sebagian dari kamu tidak tahu jika hosting memiliki peran penting dalam menyediakan keamanan website. Hosting yang rapuh bisa membuat hacker masuk ke sistem dengan mudah sehingga mereka bisa menguasai website kamu.

Kesalahan dalam memilih hosting menjadi penyebab website berhasil diretas. Oleh karena itu, kamu harus pintar memilih hosting yang hadir dengan fitur keamanan canggih. Telusuri apakah penyedia hosting tersebut memberikan fitur keamanan seperti Imunify360, SSL, SpamExperts, hingga website scanner sebagai prioritas mereka dalam menjaga keamanan website klien.

Meningkatkan SEO Website

Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah upaya agar website bisa muncul di hasil pencarian Google. Ada banyak faktor yang Google pertimbangkan dalam memberikan ranking pada website yang disebut dengan core web vital.

Meskipun hosting tidak bisa meningkatkan SEO secara langsung, tapi kualitas hosting yang bagus akan membuat website berjalan dengan cepat, aman dan stabil. Google memprioritaskan website yang cepat dan aman sehingga bisa meningkatkan upaya optimasi mesin pencari yang kamu lakukan.

Website yang lelet menjadi salah satu faktor penyebab kenapa pengunjung meninggalkan situs web (bounce rate). Setiap loading website yang lambat bisa menurunkan peringkat SEO di mana kamu juga kehilangan konversi bisnis. 

Membuat Email yang Lebih Profesional

Jika kamu memiliki domain dan hosting, kamu bisa membuat email dengan domain sendiri, misalnya [email protected] Email ini akan terlihat lebih profesional untuk bisnis jika dibandingkan dengan menggunakan email Gmail atau Yahoo!. Email hosting juga memungkinkan kamu memiliki kapasitas pengiriman dan penerimaan pesan yang lebih besar.

Jenis-jenis Hosting

Jenis-jenis hosting dan kelebihannya
Kenali jenis-jenis hosting agar sesuai dengan kebutuhan website. (Sumber: flickr – Swadesh softwares)

Memilih hosting bukan hal yang mudah, tetapi bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya hanya karena kamu belum pernah mencobanya terlebih jika kamu sudah tahu cara memilih hosting yang tepat. Untuk memahami kebutuhan penyimpanan data situs web, kamu harus mengenal jenis-jenis web hosting.

Berikut adalah jenis-jenis layanan hosting yang bisa kamu pertimbangkan dan pilih sesuai kebutuhan.

Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis web hosting yang paling populer. Jenis hosting satu ini cocok untuk blog dan website sederhana. Seperti namanya, pengguna hosting ini akan berbagai server dengan pengguna lainnya.

Kelebihan

Karena satu server diisi oleh banyak website, maka biaya hosting satu ini terbilang murah dan terjangkau. Meski demikian, kamu tetap bisa menikmati berbagai kelebihan, seperti:

  • Harga yang lebih terjangkau
  • Mudah bagi pemula tanpa harus menguasai bahasa pemrograman
  • Control panel yang intuitif
  • Administrasi dan pengelolaan server menjadi tugas penyedia hosting

Kekurangan

Seperti jenis hosting lainnya, shared hosting juga hadir dengan kekurangannya, termasuk:

  • Sedikit atau sama sekali tidak bisa mengontrol konfigurasi server
  • Traffic website lain akan berpengaruh pada kinerja website kamu

Cloud Hosting

Jenis hosting selanjutnya adalah cloud hosting, yang merupakan pilihan populer di pasaran karena hampir tidak pernah mengalami downtime. Hosting jenis ini memungkinkan penggunanya untuk menggunakan sekelompok server, di mana file dan resource bisa kamu replikasi di setiap server.

Saat salah satu server cloud kamu sibuk atau bermasalah, kamu bisa memindahkan traffic website ke server lain dalam cluster secara otomatis.

Kelebihan

Saat menggunakan cloud hosting, kamu bisa menikmati beberapa kelebihan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Sedikit atau bahkan tidak ada downtime
  • Error pada server tidak akan memengaruhi situs
  • Alokasi resource sesuai permintaan
  • Bayar sesuai penggunaan

Kekurangan

Cloud hosting memang memberikan banyak kelebihan namun bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Kekurangan dari jenis hosting ini adalah sebagai berikut:

  • Sulit untuk memperkirakan biaya
  • Akses root tidak selalu tersedia

VPS Hosting

Apa itu VPS? VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. Dengan VPS hosting, kamu berbagi server dengan pengguna lain, tetapi penyedia hosting telah mengalokasikan beberapa bagian untuk setiap penggunanya. Dengan kata lain, kamu mendapatkan ruang server dedicated khusus yang dapat digunakan serta dikelola sesuai kebutuhan. Selain itu kamu juga akan memperoleh komputasi daya dan memori.

Kelebihan

Jenis hosting ini cocok untuk website dengan traffic yang tinggi. Apabila kamu salah satunya, ada beberapa kelebihan yang bisa kamu rasakan selama menggunakan VPS hosting, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Space server yang dedicated tanpa harus membeli dedicated server
  • Peningkatan lalu lintas di situs pengguna lain tidak akan berpengaruh pada kinerja situs kamu
  • Akses root ke server
  • Bisa dikelola sendiri

Kekurangan

Dengan sejumlah kelebihan yang diberikan, kamu juga harus menyadari adanya berbagai kekurangan, seperti:

  • Lebih mahal dibandingkan shared hosting
  • Membutuhkan informasi dan teknis terkait manajemen server

WordPress Hosting

WordPress hosting yang merupakan bentuk lain dari shared hosting namun dikhususkan untuk pengguna website WordPress. Karena khusus untuk WordPress, konfigurasi server nya juga dibuat khusus untuk WordPress. Ada plugin siap pakai untuk berbagai keperluan, seperti keamanan dan caching.

Dengan konfigurasi yang optimal, website kamu akan loading lebih cepat dan minim masalah. Jenis hosting ini biasanya menyediakan fitur tambahan seperti tool developer yang spesifik dan lainnya. Untuk kamu yang belum tahu cara install WordPress, silakan baca informasinya di artikel ini. 

Kelebihan

Pengguna WordPress bisa menikmati banyaknya kelebihan yang diberikan oleh WordPress hosting. Adapun beberapa kelebihannya adalah sebagai berikut.

  • Harga yang lebih terjangkau
  • Mudah digunakan untuk pemula
  • Pemasangan WordPress dalam satu klik
  • Performa yang bagus untuk situs WordPress
  • Terdapat plugin dan tema WordPres setelah pemasangan

Kekurangan

Banyaknya kelebihan yang ditawarkan membuat pengguna WordPress tertarik memilih jenis hosting satu ini. Namun, tetap saja ada kekurangan yang menyertainya, yaitu:

  • Hanya untuk website WordPress saja

Dedicated Hosting

Pengguna dedicated hosting bisa memiliki server fisik sendiri untuk website mereka. Itulah kenapa penggunaan hosting jenis ini sangat fleksibel. Ini berarti kamu bisa melakukan konfigurasi sistem operasi dan software sesuai keinginan serta setup sesuai kebutuhan.

Menggunakan dedicated server sama halnya dengan memiliki server sendiri. Tetapi, kamu bisa mendapatkan bantuan dari dukungan pelanggan yang andal.

Kelebihan

Sama seperti jenis hosting lainnya, dedicated hosting juga menawarkan banyak kelebihan. Sebagai penggunanya, kamu bisa menikmati berbagai kelebihan, seperti:

  • Kontrol penuh terhadap konfigurasi server
  • Tidak berbagii resource server dengan pengguna lain
  • Keamanan yang terjamin
  • Akses root ke server

Kekurangan

Tidak ada hosting yang sempurna, yang artinya setiap jenis hosting memiliki kekurangannya masing-masing. Kekurangan dedicated hosting adalah sebagai berikut.

  • Membutuhkan biaya yang cukup mahal
  • Diperlukan pengetahuan teknis yang berhubungan dengan manajemen server

Unlimited Hosting

Jika dilihat dari namanya, berarti unlimited hosting memberikan kamu layanan hosting tanpa batas. Namun, tetap saja ada beberapa layanan hosting yang memberikan kapasitas terbatas pada setiap paketnya. Jika kamu ingin menggunakan unlimited hosting, coba lihat dari jumlah inodes yang diberikan.

Inodes adalah jumlah file yang bisa kamu simpan dalam hosting yang apabila melewati batas, maka kamu tidak bisa lagi mengunggah file

Kelebihan

Saat memilih unlimited hosting, kamu memang harus menyiapkan uang yang tidak sedikit. Akan tetapi, semua itu berbanding dengan kelebihan yang bisa kamu dapatkan, termasuk:

  • Penyimpanan yang paling besar
  • Hosting untuk berbagai domain
  • Layanan yang paling baik
  • Hosting untuk website besar

Kekurangan

Meski kata unlimited sangat menggiurkan, tetapi kamu juga tidak boleh terjebak dan berfokus hanya pada kapasitas penyimpanannya saja. Jenis hosting ini juga memiliki kekurangan, seperti:

  • Biaya yang lebih mahal

Managed Hosting

Managed hosting mungkin sedikit berbeda karena sebenarnya bukan jenis hosting melainkan jenis layanan. Dengan managed hosting, penyedia hosting yang akan mengelola layanan hosting yang kamu pilih. Kamu hanya perlu membayarnya tanpa harus memikirkan hal teknis hosting yang kamu gunakan.

Kelebihan

Saat memilih managed hosting, ada beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan seperti klien lain, yaitu:

  • Tidak perlu repot dalam mengelola hosting
  • Lebih murah

Kekurangan

Sayangnya, kamu juga harus merasakan kekurangan dari penggunaan managed hosting, seperti:

  • Akses yang terbatas
  • Tidak bisa melakukan setting khusus atau memasang aplikasi di server hosting

Reseller Web Hosting

Reseller web hosting memungkinkan kamu untuk menjual berbagai jenis shared hosting. Reseller akan memiliki control panel yang membantunya mengontrol semua akun shared untuk tagihan, penyimpanan, RAM, dan lainnya. 

Dengan begitu, kamu memiliki kontrol penuh yang bisa kamu tawarkan pada klien dengan pilihan hosting yang berbeda. Banyak desainer web menggunakan jenis hosting ini untuk melacak pelanggan mereka.

Kelebihan

Sebagai reseller hosting, kamu bisa menikmati beberapa kelebihan, seperti:

  • Lebih fleksibel dengan akun hosting milikmu
  • Lebih hemat biaya
  • Memungkinkan kamu mendapatkan penghasilan yang lebih
  • Kontrol penuh

Kekurangan

Sebelum memilih reseller web hosting, kamu juga harus menyadari bahwa jenis hosting ini juga memiliki kekurangan. Berikut adalah kekurangannya:

  • Layanan yang terbatas
  • Perbaikan dan dukungan menjadi tanggung jawab kamu sendiri
  • Tanggung jawab dalam mengatur penagihan klien

Kesimpulan

Hosting menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kualitas website. Oleh karena itu, kamu tidak boleh sembarangan dalam memilih web hosting Indonesia. Dengan adanya jenis-jenis hosting yang tersedia, kamu bisa memastikan bahwa salah satunya adalah adalah pilihan hosting yang tepat untuk website kamu. 

Jika masih bingung dalam memilih hosting yang paling sesuai, kamu bisa memilih layanan hosting dari Exabytes, penyedia hosting yang sudah berpengalaman dan memahami bahwa setiap klien memiliki kebutuhan hosting yang berbeda.

Leave your vote

153 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *