Kelebihan Service Directory Google Cloud

by -4 views
kelebihan-service-directory-google-cloud

Seiring berkembangnya teknologi, kebutuhan perusahaan dan bisnis dalam hal komputasi awan pun semakin tinggi. Misalnya untuk penyimpanan data penting maupun menunjang aktivitas lainnya. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan layanan Service Directory Google Cloud. Bagaimana platform ini bekerja dan apa saja keunggulannya? Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengenal Service Directory Google Cloud

Source: Google Cloud

Secara umum melansir dari blog milik Google Cloud,  Service Directory Google Cloud merupakan sebuah platform yang memiliki pengaturan terintegrasi secara penuh untuk menemukan, menerbitkan, dan mengaktifkan koneksi layanan pada jaringan-jaringan komputasi awan lainnya.

Platform ini memberikan informasi secara langsung atau realtime mengenai layanan yang Anda gunakan dalam satu tempat. Di samping itu juga dapat memungkinkan para penggunanya untuk menginventarisir layanan dalam skala besar. Misalnya saja penggunaan pada perusahaan maupun bisnis.

Keunggulan Service Directory Google Cloud

Source: Global Techoutlook

Lalu, apa sajakah keunggulan dan kelebihan dari  Service Directory Google Cloud  untuk perusahaan atau manajemen bisnis Anda? Berikut beberapa di antaranya yang perlu diketahui sebelum memilihnya. Dalam hal ini ialah terkait sebagai solusi dalam memecahkan permsalahan manajemen yang ada di sebuah perusahaan.

  • Manajemen Servis

Keunggulan pertama adalah dalam hal manajemen servis. Service Directory Google Cloud dapat digunakan dalam mengelola layanan sedemikian rupa. Dengan begitu, organisasi maupun perusahaan atau bisnis Anda takperlu khawatir mengenai kemampuan, tingkat redundansi, hingga pemeliharaan jaringan yang terintegrasi dan dapat digunakan berdasarkan kebutuhan yang ada.

  • Akses Kontrol

Kedua, unggul dalam hal akses kontrol. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur mengenai siapa saja yang dapat mendaftarkan dan memecahkan permaslaahan yang ada menggunakan IAM. Termasuk dalam menetapkan layanan direktori kepada tim, akun layanan, dan juga organisasi.

  • Interoperabilitas

Ketiga ialah mengenai interoperabilitas yang dimilikinya. Service Directory Google Cloud merupakan layanan penamaan yang universal dan berfungsi pada seluruh jaringan Google Cloud, multi-cloud, maupun jaringan lokal. Anda dapat melakukan migrasi di antara lingkungan jaringan tersebut dengan menggunakan nama layanan yang sama pada saat mendaftar nantinya.

Menggunakan Cloud DNS dengan Service Directory

Source: Lumit.it

Cloud DNS pada infrastruktur yang dikeluarkan oleh Google, memiliki banyak keunggulan. Di antaranya adalah lebih cepat, scalable, dan reliable. Di sampin itu, Cloud DNS juga memberikan kemudahan dalam pengaturan DNS internal dalam penggunaan jaringan pribadi pada Google Cloud. Berikut adalah bagaimana Anda bisa menggunakan zona Service Directory dalam  membuat nama layanan yang tersedia dengan memanfaatkan pencarian DNS:

  • DNS dapat terdaftar dan terintegrasi dengan Service Directory dengan menggunakan Service Directory API. Ini bisa digunakan pada Google Clod dan layanan lain selain Google Cloud.
  • Baik untuk eksternal maupun internal klien dapat melihat beberapa layanan servis melalui laman https://servicedirectory.googleapis.com/ 
  • Untuk bisa menggunakan DNS, buatlah zona Service Directory pada cloud DNS yang terhubung dengan nama yang ada pada Service Directory
  • Internal klien bisa memecahkannya melalui DNS, HTTP, atau GRPC. Sedangkan untuk eksternal klien atau klien yang tidak termasuk dalam jaringan pribadi dapat menggunakan HTTP atau GRPC untuk membuat nama pada layanan.

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa keberadaan Service Directory Google Cloud memberikan banyak manfaat dan keunggulan. Terutama untuk penyimpanan berbagai ragam file bisnis maupun perusahaan pada cloud dalam jumlah yang cukup besar.

Untuk mendapatkan layanan terbaik menggunakan platform Google Cloud terbaik, Anda bisa memilih vendor terpercaya. Salah satunya adalah EIKON Technology yang memiliki lisensi dari Google pusat untuk kenyamanan dan keamanan data bisnis maupun perusahaan. Informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi kami dengan cara klik di sini.

Leave your vote

526 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *