Kebiasaan Buruk yang Bisa Picu Munculnya Jerawat

by -4 views
kebiasaan-buruk-yang-bisa-picu-munculnya-jerawat

Hampir semua orang menginginkan kulit wajah yang bersih tanpa noda jerawat. Akan tetapi, hal itu tidak bisa dicapai dengan mudah. Anda perlu secara rutin merawat dan menjaga kebersihan wajah.

Jerawat pada umumnya disebabkan oleh bakteri, sel kulit mati, dan minyak yang menyumbat folikel rambut. Walaupun Anda sudah benar dan bersih dalam merawat kulit wajah, seringkali jerawat tetap muncul.

Ternyata, ada kebiasaan sehari-hari yang menjadi pemicunya. Berikut adalah beberapa kebiasaan penyebab jerawat yang perlu Anda tahu.

1. Mencuci Muka Terlalu Sering

Mencuci muka adalah suatu keharusan untuk menjaga kulit wajah tetap bersih. Namun, mencuci muka terlalu sering dapat memperburuk kondisi jerawat. Sebab, membersihkan wajah terlalu sering akan menyebabkan kulit menjadi kering, sehingga menjadi lebih mudah iritasi.

Sebaiknya mencuci wajah dilakukan sebanyak dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari. Pastikan mencucinya wajah sampai bersih agar jerawat bisa dihindari.

Artikel Lainnya: Jerawat Tak Hilang, Hati-hati Kondisi Hiperandrogen!

2. Menggosok Kulit Wajah Terlalu Keras

Menggosok kulit wajah dengan waslap atau exfoliant akan menyebabkan iritasi. Selain memperburuk tekstur kulit, menggosok terlalu keras dapat merangsang pertumbuhan jerawat baru.

Untuk mencegah jerawat, cucilah dengan sabun pembersih wajah dan air hangat. Saat mencuci muka, tidak perlu menggosok terlalu keras ke wajah.

Gunakan jari-jari tangan secara lembut dengan menambah sedikit pijatan agar kulit wajah lebih bersih dan sirkulasi darah pun lancar.

3. Tidak Membersihkan Kulit yang Berkeringat

Setelah olahraga atau beraktivitas berat, kulit Anda mungkin akan cukup banyak berkeringat. Jangan biarkan keringat sampai mengering di kulit Anda. Karena keringat bisa membuat bakteri dan sebum menumpuk di wajah sehingga memicu jerawat.

Sebagai gantinya, segera mandi atau bersihkan kulit Anda. Tujuan mandi untuk menghalangi bakteri dan sebum yang menyumbat di pori-pori Anda.

Artikel Lainnya: Hindari Yuk, Ini Alasan Jerawat Muncul di Bibir!

4. Mengupas Kulit dan Memencet Jerawat

Meskipun Anda sangat ingin mengelupas atau memencet jerawat di wajah, sebaiknya hindari kebiasaan ini. Perilaku tersebut dapat menyebabkan peradangan jerawat bertambah parah karena meremas nanah di dalam kulit.

Selain itu, memencet jerawat dengan tangan yang tidak bersih juga akan menambah risiko munculnya jerawat baru. Tindakan ini bahkan bisa meninggalkan bekas luka.

Jauhkan tangan Anda dari wajah dan biarkan jerawat mengempis sendirinya dengan bantuan krim antijerawat atau losion.

5. Produk Rambut Menempel di Wajah

Usahakan tidak ada hairspray, gel, minyak rambut, atau produk rambut lainnya di wajah. Keberadaan produk rambut tersebut dapat menyumbat pori-pori wajah dan bisa menyebabkan jerawat.

Jika Anda menggunakan produk kesehatan rambut, tutupi wajah Anda saat mengaplikasikannya. Jika tak sengaja terkena wajah, segera cuci bagian tersebut dengan air bersih.

Artikel Lainnya: Penyebab Jerawat Kistik dan Cara Mengatasinya

6. Konsumsi Makanan Berminyak

Mengonsumsi makanan berminyak bisa memperparah kondisi kulit yang rentan berjerawat. Karena makanan tersebut meningkatkan produksi minyak di wajah dan peradangan di tubuh.

Oleh karena itu, sebaiknya jalankan weight loss program sehat. Hindari mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

7. Tidak Memperhatikan Jenis Kosmetik

Jika kulit wajah Anda cenderung berjerawat, hindari memakai kosmetik yang mengandung minyak. Saat hendak membeli make-up dan produk perawatan kulit lainnya, pilih yang berlabel non-comedogenic atau non-acnegenic. Produk dengan stamp tersebut dapat membantu mencegah jerawat dan komedo.

Selalu sesuaikan jenis kulit dan pilihan kosmetik Anda untuk mencegah timbulnya jerawat. Lalu, pastikan membersihkan sisa make-up dengan baik setelah menggunakannya.

Artikel Lainya: Sering Beruntusan, Ketahui Cara Hilangkan Jerawat Pasir

8. Handphone yang Kurang Bersih

Zaman sekarang, semua orang pasti lebih banyak memegang handphone. Ketika menerima telepon, handphone tersebut umumnya akan menempel ke wajah. Hal itu membuat kotoran berpindah ke wajah dan menjadi salah satu kebiasaan penyebab jerawat.

Untuk menghindarinya, rutinlah membersihkan handphone agar kotoran, bakteri, dan debu yang menempel bisa hilang. Lalu, pastikan untuk mencuci tangan sebelum memegang wajah.

9. Mengonsumsi Makanan Tinggi Gula

Penelitian menunjukkan bahwa weight loss program yang tidak sehat juga membuat kondisi kulit semakin memburuk. Makanan yang memiliki indeks glikemik (IG) tinggi dapat meningkatkan peradangan dan menyebabkan jerawat.

Bagi Anda yang memiliki kulit rentan berjerawat, mulailah lakukan weight loss program sehat dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi gula supaya kulit juga menjadi lebih sehat.

Artikel Lainya: Ampuhkah Hilangkan Jerawat dengan Es Batu?

10. Alat Makeup yang Tidak Bersih

Tidak sedikit wanita yang menggunakan kuas atau spons make-up sebagai alat untuk merias wajah. Sayangnya, alat tersebut dapat menjadi tempat bertumpuknya kotoran dan bakteri penyebab jerawat.

Bagi Anda yang sering menggunakan make-up, pastikan kuas dan spons yang digunakan selalu dicuci bersih sebelum digunakan kembali.

11. Sarung Bantal yang Kotor

Biasanya orang tidak memerhatikan sarung bantal yang mereka gunakan setiap hari. Bahkan, sarung bantal tersebut jarang diganti hingga berbulan-bulan.

Padahal, sarung bantal bisa menjadi tempat menempelnya kuman, minyak, keringat, dan residu dari produk rambut. Semua hal yang menempel di sarung bantal dapat menyebabkan jerawat.

Untuk menghindari kebiasaan penyebab jerawat, ganti dan cucilah sarung bantal Anda minimal seminggu sekali.

Artikel Lainya: Mengatasi Jerawat dengan Aseton, Aman atau Tidak?

12. Stres

Kesibukan atau padatnya aktivitas sehari-hari dapat membuat Anda mudah stres. Bahkan, seringkali Anda tidak sadar kalau sedang stres. Stres telah terbukti dapat menimbulkan jerawat. Jadi, kelola stres Anda dengan baik.

Cobalah untuk santai sejenak, lakukan hobi Anda, dengarkan musik, atau rutinlah berolahraga. Hal-hal tersebut dapat meningkatkan hormon endorfin di tubuh yang  akan mengatasi stres.

Supaya kulit tetap bersih dan sehat, segera hentikan kebiasaan buruk penyebab jerawat di atas. Jika masih sulit mengatasi jerawat yang muncul, konsultasikanlah dengan dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

Leave your vote

401 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *