Keajaiban Penduduk Neraka Menurut Syaikh Abdul Karim Al-Jilli – Alif.ID

by -6 views
keajaiban-penduduk-neraka-menurut-syaikh-abdul-karim-al-jilli-–-alif.id

Neraka adalah tempat terburuk bagi seseorang yang suka berbuat dosa di masa hidupnya, dan juga sebagai tempat penyiksaan. Neraka adalah lautan api yang berkobar-kobar dengan kepanasan yang sangat dahsyat sekali. Neraka digambarkan sangat panas, akan tetapi ada juga siksa neraka yang sangat dingin yang  bisa melepaskan kulit-kulit penghuninya, dan berbagai siksaan yang lain yang tidak bisa terfikirkan oleh akal.

Banyak keajaiban tentang isi neraka, diantaranya penduduk neraka bisa berganti dari tingkat neraka yang tinggi ke neraka yang lebih rendah, atau dari tingkat neraka yang rendah naik ke neraka yang lebih tinggi. Hal tersebut dikemukakan oleh Syaikh Abdul Karim bin Ibrahim Al-Jilli dalam karyanya Insanul Kamil fi Makrifati Awahir wal Awail ( Juz, 2 Hlm. 253 )

ثم اعلم أن أهل النار قد ينتقلون من طبقة إلى طبقة غيرها فينتقل الأعلى إلى الطبقة الأدنى تخفيفا عليه. وقد ينتقل الأدنى إلى الأعلى تشديدة في عذابه. كل ذلك على قدر ما يريده الله تعالى من العذاب من الزيادة والنقصان. وأن في النار ما لا يحصى من العجائب

Artinya: Maka ketahuilah bahwa penghuni Neraka dapat berpindah dari satu tingkat ke tingkat yang lainnya, yang lebih tinggi akan berpindah ke tingkatan yang lebih rendah, karena meringankan siksanya, yang lebih rendah akan berpindah ke tingkatan yang lebih tinggi, karena menambah siksaannya, semua itu adalah atas kehendak Allah Ta’ala, dari menyiksa, menambah, dan mengurangi, bahwa dalam Neraka ada keajaiban yang tidak terhitung jumlahnya.

Syaikh Abdul Karim Al-Jilli menceritakan kasyafnya (nampaknya sesuatu yang ghaib melalui mata hati) terkait siksa neraka, bahwa penghuni Neraka mempunyai kesenangan seperti senangnya orang-orang yang sedang berperang, saling bunuh dan saling menyerang dengan pedang, saling hantam, dan saling memukul satu sama lain, namun tidak mengurangi siksaan mereka.

Di halaman selanjutnya Syaikh Abdul Karim bin Ibrahim Al-Jilli, menjabarkan keanehan-keanehan penduduk neraka, bahwa terkadang penduduk neraka ada yang lebih baik disisi Allah daripada penduduk surga. Beliau menjelaskan:

أن من أهل النار أناسا عند الله أفضل من كثير من أهل الجنة أدخلهم دار الشقاوة ليتجلى عليهم فيها فيكونون محل نظره من الأشقياء٠ وهذا سر غريب وأمر عجيب، يفعل ما يشاء ويحكم ما يريد

Artinya: Ketahuilah, bahwa diantara ahli neraka ada sekelompok manusia yang menurut Allah lebih utama dari sebagian ahli surga. Allah memasukkan mereka ke neraka (Darus Syaqowah) supaya Allah bertajalli (menampakkan diri) atas mereka. Mereka lalu menjadi pusat perhatian Allah diantara orang-orang celaka itu (ahli neraka). Ini adalah rahasia yang jarang diketahui dan merupakan perkara yang mengagumkan. Allah berbuat apa yang dikehendakinya, dan menghukumi sesuai yang Ia kehendaki.

Penduduk neraka yang diistimewakan oleh Allah menurut Syekh Abdul  Karim Al-Jili di atas, yaitu para kekasih Allah yang sementara waktu dimasukkan ke neraka akibat dosa kecil yang mereka lalukan. Namun pada hakikatnya ia adalah kekasih Allah, walaupun ia dimasukkan ke neraka ia selalu menjadi perhatian Allah walaupun berada di dalam neraka. Dan pada akhirnya ia nanti akan dimasukkan ke surga, dan akan dikumpulkan bersama para kekasih Allah. Wallahu A’lam Bissawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published.