in ,

Jurus Jitu Bisnis Pulsa Bisa Cetak Omzet Jutaan Rupiah

Bisnis pulsa bisa menjadi salah satu ide usaha yang cukup menggiurkan. Selain untungnya yang lumayan, merintis bisnis pulsa juga gak memerlukan modal besar. 

Selain itu, dengan menjalankan bisnis pulsa, kamu juga gak perlu memikirkan sewa kios atau peralatan lain. Pasalnya, kini kamu bisa berjualan lewat platform sosial media. Menarik bukan?

Jika berminat untuk merintis bisnis satu ini, yuk simak keuntungan yang bisa didapat dan tips sukses menjalankannya di sini: 

Bisnis pulsa, apa sih untungnya?

Ketika kita mau merintis sebuah bisnis, biasanya hal pertama yang dipikirkan adalah berapa besar modal yang dibutuhkan. 

Nah, bisnis pulsa merupakan salah satu jenis usaha yang tidak membutuhkan modal besar. Sebab, cukup dengan ponsel dan saldo pulsa saja sudah bisa memulai bisnis yang satu ini.

Selain membutuhkan modal yang tidak besar, berikut ini adalah beberapa keuntungan dengan menjalankan bisnis pulsa.

1. Mudah dipelajari

Karena bukan bisnis yang rumit, maka kita tidak perlu menguasai ilmu khusus atau keterampilan tertentu untuk menjalankannya. Kita cukup mencari kiat-kiat sukses berjualan pulsa di internet atau bertanya kepada orang yang sudah lama merintisnya.

2. Memiliki risiko yang lebih rendah

Saat merintis bisnis pulsa, maka kita akan menjadi penengah antara pembeli dan dealer pulsa. Sehingga modal yang dibutuhkan tidak terlampau besar dan risiko rugi pun menjadi rendah.

Apabila hal buruk terjadi dan mengharuskan kita menutup bisnis, maka tingkat kerugian yang didapat pun tidak besar.

3. Target pasar yang luas

Bisnis pulsa memiliki target pasar yang luas, tanpa memandang umur, status ekonomi, dan sosial. Sehingga kita tidak perlu khawatir akan ditinggalkan konsumen ketika merintis bisnis ini.

Ditambah dengan kemajuan teknologi, kini hampir semua orang yang berasal dari bermacam-macam profesi membutuhkan pulsa untuk urusan pekerjaan, berkomunikasi hingga membeli paket data yang digunakan untuk mengakses internet. 

4. Bisa dirintis dari rumah

Faktor lainnya yang tidak kalah untuk dipusingkan ketika merintis bisnis adalah lokasi bisnis yang dijalankan. Hal ini karena lokasi bisa menentukan seberapa banyak pelanggan yang datang. 

Namun, jika memiliki rumah yang berada di area pinggir jalan dan dekat lokasi orang-orang berjualan, bisa memanfaatkan bagian depan rumah sebagai tempat berjualan.

Selain jadi tidak perlu mengeluarkan biaya sewa, kita pun bisa mengirit biaya pengeluaran.

5. Tidak butuh modal besar

Salah satu keuntungan bisnis pulsa yakni gak perlu modal besar. Jika mungkin dulu orang bisnis pulsa secara offline dan membutuhkan tempat sewa, etalase, hingga peralatan lengkap, sekarang kamu bisa bisnis pulsa secara online tanpa harus menyewa tempat.

Kamu hanya cukup menyiapkan modal untuk deposit pulsa dan HP untuk berjualan secara online. Dengan modal Rp1 juta, kamu sudah bisa langsung memulai bisnis ini, lho

Kamu juga bisa mempromosikan bisnismu melalui sosial media secara gratis, tentu ini akan menghemat pengeluaran untuk biaya iklan bisnismu. 

6. Cara menekan pengeluaran

Meskipun bisnis pulsa gak membutuhkan modal serta pengeluaran yang besar, kamu tetap harus mengatur strategi agar pengeluaran bisnis pulsamu bisa sekecil mungkin. 

Salah satunya yakni memilih handphone yang akan kamu gunakan untuk bisnis pulsa. Sebaiknya pilih handphone yang murah saja dan gak perlu spesifikasi tinggi. 

Sebab, biasanya handphone hanya digunakan untuk mengirim pesan untuk mengirim pulsa pada konsumen. Jadi, modal yang dikeluarkan akan jauh lebih sedikit, bukan?

Kamu juga bisa memanfaatkan layanan promo dari provider untuk modal mengirim SMS atau chat saat ada konsumen yang ingin membeli pulsa. Hal ini bisa menekan pengeluaran bisnis pulsamu. 

Tips sukses berbisnis pulsa

Meski tidak membutuhkan modal besar, bukan berarti kita tidak serius menjalankannya. Jika ingin bisnis yang dijalankan dapat berjalan sukses, berikut adalah tips sukses berbisnisnya.

1. Pilih agen yang tepat

Sebelum memulai bisnis pulsa, kita harus mencari  agen pulsa yang murah. Pada dasarnya harga pulsa yang dijual dipasaran adalah sama, maka untuk mendapatkan keuntungan, kita harus mencari agen pulsa yang bisa memberikan harga murah.

2. Pilih dealer pulsa yang memiliki kualitas bagus

Jika kita sudah mendapatkan agen pulsa yang tepat, penting juga bagi kita melakukan survei dealer pulsa yang punya kualitas bagus. 

Hindari dealer pulsa yang yang sering terlambat mengirimkan pulsa dan sering mengalami gangguan. Dengan begitu akan banyak pelanggan yang memercayakan pembelian pulsanya di tempat kita.

3. Tetapkan harga yang pas

Semakin murah harga pulsa yang dijualkan tentu akan semakin banyak pembeli yang datang. Maka dari itu penting bagi kita yang mau merintis bisnis ini untuk menetapkan harga jual yang pas.

Jangan sampai karena ingin banyak pembeli yang datang, harga yang kita jualkan terlalu murah, alhasil keuntungan pun tidak bisa didapatkan.

4. Jangan berikan celah untuk utang pulsa

Menjadi penjual yang ramah memang penting, namun jika keramahan tersebut sering dimanfaatkan para pembeli untuk berutang tentu akan merugikan, ya

Meski utang pulsa dianggap sepele, jika hal ini terus berlanjut, pastinya usaha yang kita rintis akan sulit memutar modal usaha.

Karena itu, kita harus tegas kepada orang-orang yang mencoba berutang pulsa.

5. Jangan sampai kehabisan

Tips lainnya yakni, jangan sampai kamu kehabisan saldo pulsa saat ada konsumen yang membutuhkan. Hal ini bisa membuat konsumenmu beralih ke penjual pulsa yang lain, karena bisa jadi mereka menganggap bahwa bisnis pulsamu gak selalu ready.

Saat saldo deposit pulsa mulai menipis, sebaiknya kamu langsung melakukan top up dan jangan menunggu sampai saldo deposit habis.

6. Handphone selalu online

Jika kamu berniat melakukan bisnis pulsa secara online, pastikan bahwa handphone kamu selalu dalam keadaan online, ya! 

Konsumen pasti akan suka jika kamu fast respon ketika mereka sedang dalam kondisi terdesak dan  membutuhkan pulsa cepat. Jika kamu fast respond, konsumenmu pun akan semakin banyak dan percaya pada bisnis pulsa yang kamu rintis. 

7. Berikan pelayanan terbaik

Jangan lupak juga untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Seperti sikap ramah saat ada konsumen yang ingin membeli pulsa, hingga membantu konsumen apabila terjadi gangguan seperti pulsa terlambat masuk atau gagal masuk. 

Meskipun motto bisnis pulsamu memberikan pelayanan terbaik, namun sebaiknya tetap waspada, seperti contoh ada konsumen yang ingin berhutang, sebaiknya kamu tolak baik-baik, karena berhutang bukan bagian dari pelayanan pada bisnismu. 

Estimasi modal bisnis pulsa

Tidak lengkap rasanya setelah kita mengetahui tips menjual pulsa, namun tidak mengetahui berapa estimasi modal yang dibutuhkan. Nah, untuk memberikan gambaran akan modal dan pengeluaran per bulan. Mari simak estimasi modalnya berikut.

1. Modal bisnis

Kelebihan bisnis pulsa adalah kita bisa membukanya di rumah sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya sewa per bulan. Terlepas dari lokasi berjualan, berikut ini adalah estimasi modal yang harus dikeluarkan di awal perintisan bisnis.

Estimasi modal awalBiaya
Etalase ukuran 100 x 50 x 90 cmRp800 ribu
3 Dudukan display kartu perdana mini (daya tampung sembilan kartu)(Rp9.500 per pcs x 3)

= Rp28,5 ribu

3 Dudukan display kartu perdana besar ukuran 20 x 30 cm (daya tampung 18 kartu)(Rp14.500 per pcs x 3)

= Rp43,5 ribu

Pemotong kartu SIM micro/nanoRp35 ribu
Banner konter pulsa ukuran 150 x 100 cmRp75 ribu
Banner tabel harga kuotaRp25 ribu
Ponsel bekasRp300 ribu
Rak Mundo 60 x 120 cmRp200 ribu
Stok saldo (pulsa dan kuota)Rp2 juta
Stok kartu perdanaRp500 ribu
Stok kartu isi ulangRp500 ribu
Stok kartu kuotaRp500 ribu
Stok voucher pulsaRp500 ribu
Aksesoris ponselRp500 ribu
TOTALRp6 juta

Dari estimasi di atas, Rp6 juta adalah modal awal yang harus kita siapkan ketika merintis bisnis pulsa. Tapi, akan lebih murah lagi jika kamu ingin membuka bisnis pulsa secara online. Sebab, kamu gak perlu membeli etalase, atau peralatan dudukan display perdana. 

Estimasi jika kamu membuka bisnis pulsa secara online, kamu hanya membutuhkan modal sekitar Rp2,5 juta saja, dengan rincian:

  • Handphone: Rp300 ribu
  • Deposit pulsa dan kuota: Rp2 juta
  • Lain-lain: Rp200 ribu

Lain-lain ini, kamu bisa membeli banner yang menunjukkan bahwa kamu menjual pulsa, jadi tetangga sekitar atau jika ada orang yang lewat di depan rumahmu, mereka bisa tahu kalau kamu menjual pulsa dan kuota. Sisanya, kamu bisa mempromosikan melalui sosial media yang kamu punya. 

2. Biaya operasional

Demi lancarnya kelangsungan bisnis, tentu kita harus menyiapkan biaya operasional per bulannya. Meski begitu, ada juga strategi untuk membantu menutup biaya pengeluaran, salah satunya adalah dengan menjual aksesoris ponsel, seperti baterai ponsel, casing, lapisan pelindung layar, atau semacamnya.

Untuk estimasinya, berikut adalah biaya operasional per bulan yang harus disiapkan.

Estimasi biaya operasionalBiaya
Listrik per bulanRp300 ribu
Stok saldo (pulsa dan kuota)Rp1 juta
Stok kartu perdanaRp500 ribu
Stok kartu isi ulangRp500 ribu
Stok kartu kuotaRp500 ribu
Stok voucher pulsaRp500 ribu
Aksesoris ponselRp1 juta
TOTALRp4,3 juta

Maka dari estimasi di atas, Rp4,3 juta adalah biaya operasional per bulan yang harus kita keluarkan.

3. Estimasi keuntungan

Apabila kita menerapkan laba sebesar Rp2.000 untuk setiap transaksi pulsa dan jumlah transaksi pembelian pulsa dan kuota setiap harinya adalah 70 transaksi. 

Serta laba Rp5.000 untuk pembelian aksesoris ponsel dengan 25 transaksi. Maka keuntungan yang didapat adalah:

Keuntungan Kotor/Hari(Rp2.000 x 70 transaksi) + (Rp5.000 x 25 transaksi)Rp265 ribu
Keuntungan Kotor/BulanRp265 ribu x 30 hariRp7,950 juta
Keuntungan Bersih/BulanRp7,950 juta – Rp4,3 jutaRp3,650 juta

Dengan perhitungan tersebut dapat dipastikan, biaya operasional per bulan Rp4,3 juta, maka keuntungan yang akan didapat adalah Rp3,650 juta. 

Keuntungan ini tentunya bisa bertambah setiap bulannya dengan semakin diketahuinya bisnis tersebut oleh orang-orang sekitar.

Merintis bisnis pulsa memang menjanjikan, apalagi bisnis ini tidak memiliki batas masa kadaluarsa. Namun persaingan bisnis yang tinggi sering juga menjadi dilema para pemilik bisnis. 

Triknya supaya pulsa yang kita jual bisa memberikan banyak keuntungan bagi pelanggan, kita bisa memberikan berbagai promo seperti undian berhadiah bagi pembeli yang paling sering membeli di counter kita. Dengan begitu akan banyak orang yang mau berlangganan di bisnis pulsa yang kita lakukan.

Untuk mendapatkan inspirasi lainnya terkait jenis-jenis usaha sampingan yang menguntungkan, jangan ragu untuk mencari tahu di Lifepal, ya!

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
beli-rumah-lelang-sitaan-bank,-ini-tahapan-[plus-untung-rugi]

Beli Rumah Lelang Sitaan Bank, Ini Tahapan [Plus Untung Rugi]

melihat-pengembangan-industri-tembakau-pamekasan

Melihat Pengembangan Industri Tembakau Pamekasan