Jilbab Bermotif Sains Karya Mahasiswi IAIN Kudus Diluncurkan di HUT RI

by -0 views
jilbab-bermotif-sains-karya-mahasiswi-iain-kudus-diluncurkan-di-hut-ri

Kudus, NU Online

Mahasiswi Prodi Tadris IPA IAIN Kudus berhasil menciptakan hijab yang dinamai ‘Gemma Hijab’ dengan mengangkat motif-motif sains. Peluncuran hijab sains itu akan dimulai pada Selasa, 17 Agustus 2021 pukul 17.00 WIB.


Hal ini disampaikan langsung oleh salah ketua tim desain dan produksi, Riyadlotun Ni’mah. Menurut dia, penamaan Gemma dalam Bahasa Latin bermakna kuncup. Dalam Ilmu Botani, kuncup merupakan calon tunas yang akan berubah bentuk menjadi organ lain seperti daun, batang, dan bunga.


“Jadi, mengandung harapan bahwa lahirnya produk Gemma akan hadir sesuatu yang baru dari suatu proses yang tumbuh dan berkembang,” terang Ririn kepada NU Online, Senin (16/8/2021).


Ririn, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa jilbab yang diproduksinya bermotif rumus-rumus dalam IPA, seperti rumus Fisika tentang hukum Newton, gerak lurus, gelombang, dan atom. Mengambil bentuk dasar atom dan hormon yang diproduksi dalam tubuh, lalu dirombak sedemikian rupa tanpa mengubah bentuk dasarnya.


Ia menuturkan, motif GLB akan menjadi desain unggulan, dengan dipadukan warna yang cukup matang. Motif GLB terinspirasi dari rumus Fisika ‘gerak lurus beraturan’ yang berarti tegak lurus pada desain hijab. Menggambarkan kecepatan benda selalu tetap, tidak tergantung waktu.


“Ini sesuai konsep Gerak Lurus Beraturan yang memiliki lintasan lurus. Selain itu, motif GLB dipadukan dengan warna mauve yang memberikan kesan lembut,” ungkap perempuan berusia 20 tahun itu.


Ririn menambahkan, hal tersebut mengandung sebuah harapan bagi pemakainya agar dapat teredukasi konsep gerak lurus beraturan, yang merepresentasikan karakter wanita berprinsip kuat dan stabil.


“Sesuai dengan bentuk tegak lurus pada corak desain tersebut, jilbab ini tetap mengedepankan kelembutan sebagai seorang perempuan,” tandasnya.


Setiap pemesanan hijab tersebut, lanjut Ririn, akan mendapatkan sebuah kartu yang dilengkapi barcode. “Jadi, ketika barcodenya di-scan, akan muncul tulisan berisi pengetahuan tentang desain motif hijab kami,” terangnya.


Ia mengaku, sebagian besar tim mengalami banyak kendala saat proses pembuatan. Karena memproduksinya di masa pandemi, jadi waktunya cukup panjang untuk dapat menyelesaikan.


“Ada kendala saat berkoordinasi dan saat pengambilan foto, karena banyak tempat yang ditutup,” jelas Ririn.


Menurut dia, peluncuran hijab sains itu akan dimulai pada Selasa, 17 Agustus 2021 pukul 17.00 WIB. Karena bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI, pihaknya memberi diskon 17% bagi para pembeli. “Pemesanan bisa langsung menghubungi nomor WA 085700692837,” pungkasnya.


Kontributor: Afina Izzati

Editor: Musthofa Asrori

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *