Jerman Perpanjang Lockdown Hingga 28 Maret, Namun Longgarkan Pembatasan

by -137 views
jerman-perpanjang-lockdown-hingga-28-maret,-namun-longgarkan-pembatasan

Usai rapat selama lebih dari 9 jam, pemerintah federal dan 16 negara bagian Jerman sepakat memperpanjang lockdown hingga setidaknya 28 Maret. Namun beberapa pembatasan ketat akan dicabut. Apa saja? Berikut rangkumannnya.

Kanselir Jerman Angela Merkel membuat pengumuman perpanjangan lockdown usai rapat dengan 16 perdana menteri negara bagian, yang berlangsung selama lebih dari sembilan jam. Lockdown diperpanjang hingga setidaknya 28 Maret.

Apa yang diumumkan Merkel?

  • Jerman akan memberlakukan ”rencana lima langkah” untuk melonggarkan pembatasan di tingkat regional atau negara bagian.
  • Masing-masing langkah itu akan diambil setiap 14 hari jika jumlah infeksi tingkat regional stabil atau menurun.
  • Sistem rem darurat yakni kembali menerapkan lockdown akan diberlakukan di tingkat regional, bila tingkat infeksi selama tiga hari berturut-turut di atas 100 kasus.
  • Setidaknya satu tes cepat COVID-19 secara gratis akan tersedia per minggu untuk semua penduduk Jerman mulai 8 Maret.
  • Sebuah komite ahli independen akan merekomendasikan untuk mencabut pembatasan vaksin AsrtaZeneca, yang awalnya terbatas untuk orang di bawah 65 tahun.

Apa itu ”rencana lima langkah” Jerman?

Langkah pertama: Sekolah, tempat penitipan anak, dan salon boleh dibuka kembali. Langkah ini sudah dilakukan sejak Senin, 1 Maret.

Langkah kedua, mulai 8 Maret: Toko buku dan toko bunga boleh buka kembali dengan ketentuan jarak satu pelanggan per 10 meter persegi. Pekerjaan yang mengharuskan kontak, seperti praktik pijat, juga diizinkan dibuka kembali dengan membawa hasil tes negatif COVID-19.

Langkah ketiga, paling cepat mulai 8 Maret:

  • Jika infeksi COVID-19 kurang dari 50 kasus per 100.000 penduduk, ruang publik seperti museum, kebun binatang, dan taman dapat dibuka kembali. Bisnis ritel juga boleh beroperasi kembali dengan syarat satu pelanggan berjarak per minimal 10 meter persegi.
  • Maksimal 10 orang diperbolehkan berlatih olahraga di luar ruangan yang tak harus menyentuh alat.
  • Jika tingkat infeksi COVID-19 berada di antara 50 hingga 100 kasus, akses ke tempat-tempat seperti museum dan bisnis ritel akan diberlakukan pemesanan di muka, dengan setidaknya kehadiran pelanggan berjarak tiap 40 meter persegi di toko-toko.
  • Maksimal lima orang, dari dua rumah tangga, dapat berlatih olahraga di luar ruangan tanpa menyentuh alat.

Langkah keempat, paling cepat mulai 22 Maret:

  • Jika tingkat infeksi COVID-19 tetap di bawah 50 kasus, maka makan di restoran luar ruangan, teater, tempat konser, bioskop, dan gedung opera dapat diizinkan atau dibuka kembali.
  • Orang dapat berlatih olahraga tanpa menyentuh alat di dalam ruangan dan olahraga berbasis kontak di luar ruangan.
  • Jika tingkat infeksi COVID-19 di antara 50 hingga 100 kasus, maka makan di restoran luar ruangan akan diizinkan namun berdasarkan pemesanan terlebih dulu.

Langkah lima, paling cepat 5 April:

  • Jika tingkat infeksi COVID-19 tetap di bawah 50 kasus, maka maksimal 50 orang dapat diizinkan berkumpul untuk acara rekreasi di luar ruangan, dan pembatasan olahraga akan dicabut.
  • Jika tingkat infeksi COVID-19 di antara 50 hingga 100 kasus, maka toko dapat dibuka kembali dengan setidaknya jarak 10 meter persegi per pelanggan.
  • Olahraga tanpa kontak di luar ruangan dan latihan yang berbasis kontak dalam ruangan diperbolehkan.

Data kasus harian terbaru COVID-19 di beberapa negara tiap satu juta penduduk, per 3 Maret 2021

Data kasus harian terbaru COVID-19 di beberapa negara tiap satu juta penduduk, per 3 Maret 2021

Mempercepat vaksinasi dan tes COVID-19

Usai pertemuan pada hari Rabu (03/03), salah seorang pejabat tinggi Jerman mengatakan bahwa saat ini Jerman telah mengadakan sekitar 200.000 vaksinasi setiap harinya.

Vaksinasi dokter umum dan dokter spesialis akan dimulai pada akhir Maret atau awal April saat Jerman menerima lebih banyak dosis.

Merkel mengatakan bahwa Komite Tetap Jerman untuk Vaksinasi kemungkinan akan membatalkan keputusan sebelumnya yang melarang penggunaan vaksin AstraZeneca untuk orang di atas 65 tahun.

Menteri Kesehatan Jens Spahn mengatakan Jerman akan mempercepat vaksinasi dalam beberapa hari ke depan setelah mendapat keputusan komite terkait vaksin AstraZeneca.

Merkel juga mengatakan tes cepat COVID-19 menunjukkan “dengan akurasi yang baik apakah seseorang berisiko menularkan virus dalam kehidupan sehari-hari.” Tes cepat direncanakan dapat diakses dengan gratis mulai 8 Maret. 

  • Vaksinasi corona di Jerusalem Israel

    Negara dengan Kuota Vaksinasi Corona Tertinggi di Dunia

    Israel Terdepan

    Israel berada di peringkat paling atas sebagai negara dengan kuota vaksinasi corona per kapita 26 per 100 warga. Artinya 26% dari seluruh populasi yang jumlahnya 8,6 juta orang sudah mendapat dosis pertama vaksin (per 17/01/21). Terlepas dari masalah politik, tekad negara Yahudi itu untuk mengerem pandemi Covid-19 mendapat acungan jempol.

  • Calon penumpang di bandara Dubai dites suhu tubuh dan swab sebelum diizinkan terbang ke luar negeri

    Negara dengan Kuota Vaksinasi Corona Tertinggi di Dunia

    Uni Emirat Arab di Posisi Dua

    Uni Emirat Arab (UEA) menyusul di posisi kedua dengan kuota vaksinasi per kapita mencapai 18 per 100 penduduk. Sekitar 1,8 juta dari lebih 9 juta penduduk UEA sudah mendapat vaksin corona dosis pertama. UAE menggunakan vaksin Sinovac buatan Cina untuk program vaksinasi massal gratis. Saat ini Dubai mulai “roll out” vaksinasi dengan vaksin buatan BioNTech-Pfizer.

  • Foto ilustrasi bendera Bahrain di masa pandemi Covid-19

    Negara dengan Kuota Vaksinasi Corona Tertinggi di Dunia

    Bahrain

    Bahrain menjadi negara di kawasan Teluk berikutnya yang mencatatkan kuota tinggi vaksinasi corona dengan 9,5 per 100 orang. Negara kecil berpenduduk sekitar 1,6 juta orang itu sudah memvaksinasi sekitar 9,5% warganya. Registrasi vaksinasi dilakukan menggunakan aplikasi, dan menggunakan dua jenis vaksin dalam program ini, yakni vaksin buatan Sinopharm dan buatan BioNTech-Pfizer.

  • Vaksinasi corona perdana di Inggris dimulai 8 Desember 2020.

    Negara dengan Kuota Vaksinasi Corona Tertinggi di Dunia

    Inggris

    Inggris mencatatkan kuota vaksinasi corona per kapita pada kisaran 6 per 100 orang. Dengan jumlah populasi hampir 86 juta orang, berarti lebih dari 4,8 juta warga Inggris sudah mendapat vaksin corona. Aktual ada tiga jenis vaksin yang digunakan, yakni buatan BioNTech-Pfizer, Moderna dan AstraZeneca.

  • Presiden terpilih Joe Biden mendapat vaksinasi corona sebagai aksi simbolis memerangi pandemi Covid-19

    Negara dengan Kuota Vaksinasi Corona Tertinggi di Dunia

    Amerika Serikat

    Amerika Serikat juga ngebut memerangi pandemi Covid-19, setelah terganjal beberapa bulan oleh politik Trump. Aktual kuota vaksinasi per kapita mencapai 4,4 per 100 orang. Artinya hingga saat ini sudah lebih dari 14,5 juta dari total 331 juta populasi AS mendapat satu dosis vaksin buatan BioNTech-Pfizer atau Moderna. Presiden terpilih Joe Biden mendapat vaksinasi sebagai aksi simbolis.

  • Santa Claus di dalam gelembung, sebagai upaya mencegah penularan covid-19, menyapa anak-anak menjelang Natal di Denmark.

    Negara dengan Kuota Vaksinasi Corona Tertinggi di Dunia

    Denmark

    Denmark negara kecil di Eropa dengan populasi 5,8 juta mencatatkan kuota vaksinasi corona per kapita 2,9 per 100 warga. Jika dilihat angka mutlaknya relatif kecil, hanya sekitar 170 ribu warga yang mendapat vaksinasi. Tapi dilihat dari kuota per total populasi angka itu cukup tinggi.

  • Italia mulai vaksinasi massal corona akhir tahun 2020 lalu

    Negara dengan Kuota Vaksinasi Corona Tertinggi di Dunia

    Italia

    Italia menjadi salah satu negara Eropa yang paling parah dilanda pandemi Covid-19, dengan hampir 2,4 juta kasus infeksi dan lebih 82,5 ribu kasus kematian. Pemerintah di Roma ngebut dengan program vaksinasi. Saat ini 2% dari 86 juta total populasi sudah mendapat minimal satu dosis vaksin BioNTech-Pfizer.

  • Spanyol terus berusaha meredam pandemi covid-19 dengan vaksinasi massal, prioritas antara lain para nakes.

    Negara dengan Kuota Vaksinasi Corona Tertinggi di Dunia

    Spanyol

    Spanyol juga terdampak berat pandemi Covid-19 dengan total hampir 50 ribu kasus kematian dari 1,8 juta kasus positif. Sekitar 2% dari hamir 47 juta total populasi sudah mendapat minimal satu dosis vaksin corona BioNTech-Pfizer. Prioritas vaksinasi adalah tenaga kesehatan yang jadi garda terdepan dalam perang melawan pandemi.

  • Pusat vaksinasi di Jerman disiapkan di setiap kota untuk melayani ribuan warga per hari.

    Negara dengan Kuota Vaksinasi Corona Tertinggi di Dunia

    Jerman

    Jerman belakangan catat pertambahan kasus covid-19, menjadi lebih dari 2 juta orang dan lebih dari 47 ribu korban meninggal. Walau vaksin BioNTech berasal dari Jerman, namun pembagiannya tergantung Uni Eopa. Jerman baru mencatat 1% vaksinasi corona bagi 80 juta penduduknya. Ini dikritik banyak kalangan, sebagai langkah yang lamban dan kurang efektif hambat pandemi. Penulis Agus Setiawan (as/pkp)

    Penulis: Agus Setiawan


Pelonggaran aturan pembatasan

Pemerintah federal mengatakan mulai 8 Maret, orang-orang dari dua rumah tangga berbeda dapat berkumpul secara kelompok hingga maksimal lima orang, tidak termasuk anak-anak di bawah usia 14 tahun.

Jika tingkat infeksi COVID-19 di negara bagian tetap di bawah 35 kasus, maka hingga 10 orang dari tiga rumah tangga dapat diizinkan berkumpul.

Namun, pemerintah tetap mendorong masyarakat untuk mempertahankan jaga jarak dan membatasi interaksi sebanyak mungkin.

Beberapa pembatasan yang sudah dicabut

Sebagian besar toko telah tutup sejak 16 Desember. Restoran, bar, fasilitas olahraga dan rekreasi telah ditutup sejak 2 November.

Jerman memberlakukan langkah pembukaan kembali pertama minggu ini. Pada hari Senin (01/03), salon diizinkan buka kembali setelah dua setengah bulan tutup. Pada hari yang sama, beberapa negara bagian Jerman juga mengizinkan bisnis seperti toko bunga dan toko perangkat keras untuk kembali buka.

pkp/gtp (AP, dpa, Reuters)

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *