Jenjang Karier dan Gaji Social Media Specialist, Profesi Menjanjikan Tahun Ini

by -4 views
jenjang-karier-dan-gaji-social-media-specialist,-profesi-menjanjikan-tahun-ini

Kemunculan profesi yang berkaitan dengan media sosial, belakangan ini marak dicari banyak orang karena dibarengi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Salah satunya adalah profesi Social Media Specialist. 

Social Media Specialist adalah sebuah profesi yang bertugas untuk memikirkan dan mengurus isi dari media sosial yang dimiliki oleh suatu perusahaan untuk membuat brand awareness audiens. 

Bahkan profesi ini dinilai menjadi salah satu profesi yang menjanjikan pada tahun ini. Ingin tahu lebih lanjut seputar profesi Social Media Specialist? Simak terus informasinya pada artikel ini. 

Tanggung Jawab Social Media Specialist

Sumber: Pexels.

Seseorang yang berprofesi sebagai Social Media Specialist akan memiliki tanggung jawab yang berkaitan dengan mengurus media sosial perusahaan. Berikut beberapa tanggung jawab yang umumnya dilakukan oleh orang yang berprofesi sebagai Social Media Specialist. 

Melakukan interaksi dengan audiens di media sosial perusahaan. 
Menganalisa dan melakukan evaluasi respons audiens di media sosial perusahaan. 
Membuat content plan untuk media sosial perusahaan yang sesuai dengan identitas serta tujuan dari perusahaan. 
Merencanakan strategi event
Memberikan arahan kepada tim desain mengenai visual dari konten yang telah dibuat. 
Membuat laporan mengenai perkembangan media sosial perusahaan. 
Menjaga kepercayaan audiens dan memelihara kredibilitas perusahaan. 
Membangun serta memperkuat identitas perusahaan. 
Mengikuti berbagai perkembangan tren di media sosial. 
Meningkatkan engagement di media sosial perusahaan. 

Artikel terkait: Bertugas Menjaga Keselamatan Presiden, Berapa Gaji Paspampres? 

Syarat Menjadi Social Media Specialist

Sumber: Pexels.

Perusahaan umumnya akan memberikan beberapa syarat bagi kamu yang hendak berkarier dalam bidang media sosial. Berikut beberapa syarat untuk menjadi Social Media Specialist. 

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik. 
Senang bekerja dengan tim. 
Memiliki kemampuan desain. 
Minat yang tinggi terhadap media sosial. 
Memahami tools untuk melihat perkembangan media sosial seperti Google Analytics, Instagram Insight, Hootsuite dan tool lainnya. 

Skill yang Harus Dikuasai 

Sumber: Pexels.

Menjadi Social Media Specialist tidak hanya harus aktif di media sosial saja, namun ada beberapa skill yang harus dimiliki oleh para Social Media Specialist. Berikut beberapa skill yang penting untuk dimiliki oleh kamu yang berminat untuk berprofesi sebagai Social Media Specialist.

Manajemen waktu. Biasanya Social Media Specialist memegang lebih dari satu akun media sosial perusahaan. Dengan begitu, maka seorang Social Media Specialist perlu untuk menerapkan manajemen waktu dengan baik dan membuat sebuah prioritas mengenai pekerjaan yang harus dikerjakan terlebih dahulu. 
Beradaptasi dan mengikuti tren. Sebagai Social Media Specialist, kamu harus mengikuti perkembangan informasi dan tren yang sedang hangat di media sosial. Selain itu, kamu juga perlu mempelajari berbagai tools dan aplikasi untuk menunjang pekerjaan kamu sebagai Social Media Specialist. 
Copywriting. Social Media Specialist juga perlu untuk memiliki kemampuan copywriting. Kemampuan tersebut digunakan untuk membantu menyempurnakan tugas yang nantinya kamu kerjakan. Kamu dapat menerapkan kemampuan copywriting pada penulisan caption hingga membalas komentar dari audiens. 
Dasar SEO. Profesi Social Media Specialist juga membutuhkan kemampuan dalam SEO untuk merancang sebuah strategi media sosial agar dapat menarik audiens yang jauh lebih besar. 
Selera dalam bidang desain. Dalam membuat campaign menjadi lebih menarik selain perlu diperhatikan dari copywriting, seorang Social Media Specialist juga perlu memiliki selera dalam bidang desain agar kamu dapat menghasilkan pekerjaan yang menarik dan impactful. 

Artikel terkait: Bawa Kepentingan Negara, Ini Syarat dan Besaran Gaji Diplomat 

Jenjang Karier 

Sumber: Pexels.

Social Media Specialist merupakan salah satu profesi yang termasuk dalam bidang Digital Marketing. Jika kamu mampu menjalankan profesi ini dengan baik ada beberapa jenjang karier yang bisa kamu tempuh. Berikut jenjang karier dari profesi Social Media Specialist. 

Digital Marketing Specialist. 
Digital Marketing Analyst. 
Marketing Analyst. 
Brand Manager. 
Creative Director. 
Chief Marketing Officer. 

Berapa Gaji Social Media Specialist?

Sumber: Pexels.

Bila kamu hendak menggeluti profesi Social Media Specialist, gaji yang akan kamu terima kisaran Rp. 4.400.000 hingga Rp. 7.000.000. Besaran gaji yang akan kamu dapat umumnya tergantung dengan kebijakan dari perusahaan. 

Demikian informasi seputar profesi yang menjanjikan pada tahun ini yakni Social Media Specialist, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin memulai karier dalam bidang media sosial. 

Baca juga:

10 Profesi yang Identik dengan Laki-laki, Kini Mulai Dilakoni Perempuan

5 Profesi Unik di Drama Korea yang Jarang Diketahui 

5 Cara Negosiasi Gaji Versi Samuel Ray, HR Professional 

More

Leave a Reply

Your email address will not be published.