Jelang Paskah, Pengamanan Gereja di Banyumas Diperketat

by -2 views

Purwokerto, Gatra.com- Menjelang Paskah, pengamanan sejumlah gereja di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, semakin diperketat. Personel kepolisian dan TNI mulai berjaga saat misa pemberkatan minyak suci dan pembaharuan janji imamat di Gereja Katedral Kristus Raja Purwokerto, Rabu (31/3) petang.

Dari pantauan Gatra.com, pertigaan penghubung ruas Jalan Gereja dan Jalan Gatot Subroto dijaga puluhan personel TNI dan polisi bersenjata lengkap. Nampak pula, beberapa anggota organisasi kemasyarakatan (ormas) berada di sekitar gereja.

Kapolresta Banyumas, Kombes M Firman Lukmanul Hakim mengatakan, pengamanan dimulai hari ini hingga Minggu (4/3) mendatang. Pengamanan dilakukan bersama personel TNI, pemerintah kabupaten Banyumas, dan sejumlah anggota ormas

“Pengamanan kami lakukan bersama TNI, pemerintah kabupaten dan organisasi kemasyarakatan (ormas),” kata Firman usai meninjau pengamanan di Gereja Katedral Kristus Raja Purwokerto, Rabu petang.

Menurutnya, pengamanan juga dilakukan di sejumlah gereja di Banyumas. Tujuannya untuk memberi kenyamanan umat Kristiani yang melakukan rangkaian ibadah Paskah pada akhir pekan ini. “Metode pengamanan kami melekat, disebar ke semua gereja yang akan melaksanakan misa. Dan ini tidak hanya satu hari, tapi sampai Minggu nanti,” jelas Firman.

Kapolresta mengatakan, selain tempat ibadah, pihaknya juga menerjunkan personel untuk mengamankan objek -objek wisata yang ada di Banyumas. Pasalnya dimungkinkan ada peningkatan pengunjung pada libur akhir pekan ini.

“Kita harus amankan supaya warga lain yang datang ke sini merasa aman dan nyaman. Tujuannya, supaya Banyumas aman dan nyaman,” ujar Firman.

Firman menambahkan, pihaknya belum dapat memastikan jumlah personel yang diterjunkan pada Paskah dan libur akhir pekan ini. Sebab, jumlahnya masih dihitung.

“Personel sedang dihitung, karena kita punya kegiatan selama empat hari mulai Kamis sampai Minggu, kegiatan keagamaan dan liburan,” kata Firman.


Reporter: Nugroho Sukmono


Editor: Rohmat Haryadi


Leave your vote

526 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *