Jaringan Gusdurian Raih People Of The Year 2021

by -0 views

Jakarta, NU Online

Jaringan Gusdurian meraih anugerah People of The Year 2021 dari Metro TV pada kategori Patron Of Development Partnership atau Teladan dalam Kemitraan Pembangunan, Rabu (24/11/2021) malam.


Selama pandemi Covid-19 berlangsung, Gusdurian dinilai tidak berhenti dan konsisten menggerakkan simpul jaringannya untuk membantu atau menolong masyarakat yang terpinggirkan secara ekonomi, pendidikan, dan layanan kesehatan. 


Anugerah itu diterima Alissa Wahid sebagai Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian. Di atas panggung penganugerahan itu, ia menegaskan bahwa Indonesia memiliki kekayaan nilai welas asih, rasa senasib sepenanggungan, dan semangat gotong-royong. 


Ratusan ribu warga Indonesia, katanya, telah menitipkan harta yang dimiliki kepada Jaringan Gusdurian melalui program filantropi, Gusdurian Peduli. Hal tersebut merupakan tali asih yang dipersembahkan kepada saudara sebangsa yang terdampak pandemi Covid-19. 


“Terima kasih Metro TV dan dewan juri telah memberikan apresiasi atas khidmah Gusdurian dengan semangat dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat. Terima kasih Metro TV, dirgahayu (ke-21), tetap mendidik bangsa dengan program-program bermakna,” ungkap Alissa, mengakhiri sambutannya di atas panggung Metro TV.  


Selain Jaringan Gusdurian, Kawal Covid-19 dan Rumah Zakat juga menerima penganugerahan People Of The Year 2021 dari Metro TV dalam kategori yang sama. 


Proses penjurian People Of The Year 2021

Presiden Direktur Metro TV sekaligus Ketua Dewan Juri Don Bosco Salamun menjelaskan bahwa para penerima penghargaan People Of The Year 2021 merupakan para tokoh yang terkait dengan perjuangan melawan Covid-19, selama 20 bulan berlangsung di negeri ini. 


“Mereka adalah tokoh yang bekerja keras di atas rata-rata. Bekerja cerdas tanpa lelah untuk menyelamatkan anak-anak bangsa. Mereka terdiri dari pengambil keputusan di pemerintahan, para ilmuwan, LSM, dan perusahaan. Mereka telah kami temukan melalui penelusuran yang tidak mudah,” kata Don.


Dewan juri telah mengumpulkan informasi, data primer dan sekunder, serta melihat dari berbagai survei. Kemudian dilakukan sesi wawancara dengan para penerima anugerah untuk mengonfirmasi kebenaran dari berbagai data yang diperoleh. 


“Secara umum tim juri menemukan, figur-figur ini penentu kebijakan dan pelaksana kebijakan yang dampak dan pengaruhnya langsung terasa dalam kehidupan nyata kita semua, entah kita sadar atau kita tidak sadar sama sekali,” katanya. 


Don menegaskan, jika negeri ini dianggap cukup berhasil mengatasi pandemi Covid-19 maka tangan dan kebijakan para penerima anugerah itulah yang ikut mewarnai suksesi tersebut. Pihak dewan juri telah menemukan 22 tokoh dan institusi yang dinilai pantas menerima penghargaan People Of The Year Metro TV 2021.


Mereka terbagi dalam sembilan kategori. Kesembilan itu adalah Best Governor for Inclusive Economic Growth, Best Governor for Empowerment and Education, Best Governor for Healthcare and Action Against Pandemic, Best Governor for E-Government and Digital Innovation, Innovative Governmental Organization, Patron of Development Partnership, Corporation Participation Against Pandemic, Scientific Breakthrough Against Pandemic, dan Lifetime Achievement.

 

Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Syakir NF

Leave your vote

263 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *