Jaga Kiai, Satgas NU Vaksinasi Santri El-Bayan Cilacap Jateng

by -0 views
jaga-kiai,-satgas-nu-vaksinasi-santri-el-bayan-cilacap-jateng

Cilacap, NU Online

Selama dua hari yakni Selasa dan Kamis, 24 dan 26 Agustus 2021, Satgas NU Peduli Covid-19 Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengadakan vaksinasi di Pesantren El Bayan, Majenang, Cilacap, Jawa Tengah.

Ketua Satgas NU Peduli Covid-19, Dokter Mohammad Makky Zamzami, MARS mengatakan program vaksinasi di pesantren adalah bagian dari upaya ‘Kita Jaga Kiai dan Santri’. Melalui program ini, Satgas NU Peduli Covid-19 mengajak masyarakat, khususnya kalangan pesantren untuk memberikan perlindungan kepada pengasuh atau para kiai.

Makky mengatakan vaksinasi adalah sebagai bentuk untuk mempercepat herd immunity (kekebalan kelompok). Vaksinasi di pesantren yang menyasar santri, pengasuh hingga keluarga pengasuh diharapkan untuk mempercepat kekebalan kelompok di kalangan pesantren.

“Jadi untuk masyarakat dan para santri ayo kita sama-sama vaksin, supaya mempercepat herd imunity di Kabupaten Cilacap. Smoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan,” kata Dokter Makky saat pembukaan, Selasa (24/8/2021).

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Pesantren El Bayan yang sudah membuka untuk melaksanakan vaksinasi di pesantren.

Ia menambahkan Satgas NU Peduli Covid-19 menargetkan menyasar 48 pesantren besar di Jawa untuk program vaksinasi ‘Jaga Kiai dan Santri’. Di 48 pesantren tersebut, akan ada lebih dari 50 ribu jiwa yang menerima vaksin yang difasilitasi Satgas NU Peduli.

“Sampai pekan ini, ada enam pesantren yang sudah menggelar vaksinasi dosis pertama, sala satunya Pondok Pesantren El-Bayan Majenang ini,” imbuhnya.

Pelaksanaan vaksinasi di El-Bayan Majenang melibatkan NU Care- LAZISNU dan dan Lembaga Kesehatan Nahdatul Ulama (LKNU) Cilacap.

Dewan Pengasuh Pesantren El-Bayan KH Subkhi Najmudin menyampaikan vaksinasi selain untuk menambah imun juga sebagai ikhtiar kita untuk sehat.


“Mudah-mudahan vaksinasi untuk siswa siswi dan para ustad yang sedang diselenggarakan untuk hari ini menjadi bekal kita untuk nantinya,” ungkap KH. Subkhi

Sebelumnya kegiatan vaksinasi yang menyasar para santri telah mendapatkan persetujuan dari para wali melalui pemberitahuan pesan online. “Karena kuota vaksin sangat banyak, jadi kita meminta persetujuan para wali santri,” ungkap Kurnia, salah satu pengurus pondok.

Masyarakat umum

Di pesantren El-Bayan, vaksinasi tidak saja untuk para santri. Masyarakat umum pun dapat mengikuti vaksinasi yang bertempat di Madrasah Aliyah El Bayan Majenang. Khusus peserta dari masyarakat umum, vaksinasi dilakukan Kamis (26/8/2021).

“Vaksinasi di Pesantren El-Bayan kurang lebih 1000 dosis untuk santri dan masyarakat umum,” kata Ketua NU Care-LAZISNU Cilacap, H Wasbah Samudera Fawaid.

Ia mengatakan vaksinasi berjalan lancar dengan pelibatan tenaga kesehatan, Puskemas, klinik NU, banom dan lembaga NU serta masyarakat yang membantu kegiatan ini.

Desi, salah satu peserta vaksinasi menceritakan dirinya mulai mengantre sejak pukul setengah delapan pagi dengan nomor antrean 175. Ia pun sangat bersyukur dengan adanya kuota vaksin  tersebut. “Alhamdulillah vaksin sukses dipermudah lancar,” kata Desi.

Menurutnya sejak beberapa waktu ia telah mencari vaksinasi online tetapi mengalami hambatan, karena kuota tidak masuk. “Alhamdulillah dari Muslimat NU ada perwakilan kuota untuk hari ini,” katanya.

Kontributor: Asrita Zahro

Editor: Kendi Setiawan

Leave your vote

728 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *