31.1 C
Jakarta
Wednesday, May 25, 2022

Jada Pinkett Smith dan Kisah Perjuangannya Melawan Penyakit Alopecia

Jada Pinkett Smith dan Kisah Perjuangannya Melawan Penyakit Alopecia

Baru-baru ini sosok Jada Pinkett Smith menjadi perbincangan hangat di media sosial, setelah insiden pemukulan yang dilakukan suaminya, Will Smith, di atas panggung Oscar 2022. Will Smith menampar presenter Chris Rock setelah komedian tersebut menyampaikan candaan soal gaya rambut Jada. 

Aktris itu mendapati dirinya berada di pusat kontroversi di Oscar 2022 setelah Chris Rock bercanda bahwa ia senang melihatnya di G.I. Sekuel Jane, tampaknya merujuk pada kepalanya yang dicukur.

Sementara Jada hanya memutar matanya selama acara penghargaan Maret 2022, dan gurauan aktor Grown Ups itu memicu reaksi keras dari suaminya, Will Smith, yang tampak menampar wajah Rock di atas panggung. Ketika ia kembali ke tempat duduknya, ia berteriak pada Rock, “Jangan sebut nama istriku dari mulutmu.”

Seperti yang diketahui, penampilan botak Jada itu tak dilakukan hanya demi fesyen. Jada tengah mengidap alopecia atau penyakit kebotakan rambut karena autoimun. Namun, selain itu, juga membuka mata banyak pihak tentang alopecia areata atau alopecia. 

Jada sendiri memang terbuka ke publik akan masalah kerontokan rambut akibat alopecia. Ia mulai alami rontok parah di 2018. Kondisi itu tentu membuat Jada ketakutan. Di tahun itu perjalanan dan kisah perjuangannya dengan gangguan imun tubuh alopecia yang membuat rambut istri Will Smith tak bisa tumbuh baik pun dimulai.

Artikel terkait: Tak Terima Istrinya Dijadikan Lelucon, Will Smith Memukul Chris Rock di Panggung Oscar

Awal Mula Rambutnya Alami Kerontokan Parah

Ibu tiga anak ini bercerita bagaimana pertama kali ia melihat pemandangan mengerikan di kamar mandinya, dimana ia mulai kehilangan rambutnya. Dari sanalah ia mulai beralih menggunakan potongan rambut pendek asimetris di 2018 untuk mengatasi kerontokan rambutnya.

“Saya sangat ketakutan akan hal ini pada awalnya,” cerita Jada dalam sebuah episode di Facebook Watch “Red Table Talk” di 2018 seperti mengutip US Magazine, Kamis (31/3/2022).

“Saat itu saya sedang mandi lalu keramas dan mendapati segenggam rambut di tangah, ‘Ya Tuhan apakah saya akan botak?’ Itu adalah salah satu hal di hidupku yang sampai membuat gemetar ketakutan. Sungguh seram.”

Ketika rambutnya mulai rontok parah, Jada dulu berusaha menutupi dengan turban. Saat itu, mendiskusikan soal kondisi rambut bukanlah hal mudah. Namun, fakta medis memang tak terelakkan hasil tes ini dan itu menunjukkan ia terkena alopecia.

Mengutip Mayo Clinic, alopecia adalah kerontokan rambut yang disebabkan oleh kelainan autoimun. Saat mengidap penyakit alopecia, penderita biasanya hanya mengalami masalah kerontokan rambut di beberapa bagian saja, tidak secara keseluruhan.

Hal tersebut membuat rambut penderitanya mengalami kebotakan di sejumlah tempat. Terkadang, rambut akan tumbuh kembali, sebelum akhirnya rontok lagi.

“Itu kenapa saya pangkas habis rambut,” sambung Jada.

Artikel terkait: Putri Monaco Jatuh Sakit, Begini Kondisinya Saat Ini

Merawat Rambut adalah Ritual Indah Jada Pinkett Smith

Hal yang berat baginya karena merawat rambut adalah suatu ritual yang indah dan membahagiakan. Apalagi ia kerap melakukan berbagai potongan rambut yang berani selama berkarir sebagai aktris, termasuk saat mencukur satu sisi kepalanya pada 2013 lalu.

Bagi Jada, punya rambut atau tidak adalah sebuah pilihan. Tapi kini ia merasa tidak punya pilihan itu lagi. Meski telah berkonsultasi dengan banyak ahli, aktris ini belum menemukan penyebab rambut rontok. 

“Saya melakukan setiap jenis tes yang harus dilakukan. Mereka tidak tahu kenapa,” jelasnya.

Meskipun ia awalnya takut kehilangan rambut, Jada mengatakan ia mencoba untuk menempatkan masalah dalam perspektif lain. 

“Saya benar-benar harus memasukkannya ke dalam perspektif spiritual, seperti kekuatan yang lebih tinggi mengambil inspirasi dari orang-orang, orang-orang yang menderita kanker, orang-orang memiliki anak yang sakit. Saya melihat kekuatan yang lebih tinggi setiap hari,” jelasnya.

Dengan perspektif itu pula, Jada Pinkett Smith merasa cukup puas dengan kondisi rambutnya.

Artikel terkait: Sakit Keras, Dorce Gamalama Ungkap Keinginan Terakhir Sebelum Berpulang Nanti

Jada Pinkett Smith Mencukur Habis Rambutnya

Pada Juli 2021, Jada mengumumkan bahwa ia dengan ikhlas merelakan rambutnya. Ia memamerkan penampilan barunya yang terinspirasi sang putri, Willow Smith. Ia mencukur habis rambutnya dan kini kepalanya plontos. 

“Willow membuatku melakukannya karena sudah waktunya untuk melepaskannya,” tulisnya pada keterangan foto di Instagram. 

“Tapi… usia 50-an saya akan diterangi secara Ilahi dengan potongan ini,” tambahnya dengan emoji hati dan tertawa. 

Willow, putrinya bersama aktor Will Smith, yang membuat heboh dengan penampilannya selama bertahun-tahun, adalah orang pertama yang mengungkap penampilan baru ibunya. ia mengunggah foto yang sama dengan keterangan.

“Pemberian itu murni ketika diberikan dari hati kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat dan pada tempat yang tepat, dan ketika kita tidak mengharapkan imbalan apa pun, ” tulisnya.

Mulai Merelakan dan Ikhlas dengan Keadaan

Lalu, di Desember 2021, Jada kembali membagikan sebuah video tentang kondisi kulit kepalanya dengan kerontokan parah. Namun, ia sudah menerima sehingga tidak lagi mengganggunya, ia bahkan sudah bisa tertawa atas kondisi itu.

“Kalian semua tahu saya telah berjuang dengan alopecia, dan tiba-tiba suatu hari – lihat baris ini di sini. Lihat itu. Itu muncul begitu saja. Dan ini akan menjadi sedikit lebih sulit bagi saya untuk bersembunyi. Jadi saya pikir saya akan membagikannya saja sehingga kalian tidak bertanya apa-apa,” ceritanya di Instagram.

Ia pun sudah memutuskan bahwa dirinya dan alopecia adalah teman. “Aku dan alopecia ini akan menjadi teman… Titik!”

Bersyukur Memiliki Suami yang Suportif

Selama episode Red Table Talk September 2021, Jada menceritakan tentang Will Smith yang juga mendukung Jada dan menyukai tampilan barunya setelah ia mencukur rambutnya.

“Dia menyukainya,” ucap Jada.

“Saya senang melakukan hal itu. Itu adalah pengalaman sangat indah dan luar biasa. Juga merasa terhubung dengan diri dan Tuhan dengan cara istimewa,” ujar Jada.

“Saya sudah selesai. Saya tidak lagi ada kekhawatiran. Saya selesai dengan perawatan. Saya baru saja selesai.” pungkasnya lagi..

Demikian cerita perjalanan dan perjuangan Jada Pinkett Smith, istri Will Smith yang menderita alopecia areata dan hingga akhirnya ia kini bisa berdamai dengan keadaannya. Semoga lekas pulih dan kembali berkarya.

Hemofilia Hingga Kanker, 7 Artis Korea Ini Telah Sembuh dari Sakit Keras

Bruce Willis Sakit Aphasia, Resmi Mundur dari Dunia Akting

7 Artis Bollywood Sakit Kanker, Ada yang Meninggal di Puncak Ketenarannya!

The post Jada Pinkett Smith dan Kisah Perjuangannya Melawan Penyakit Alopecia appeared first on theAsianparent: Situs Parenting Terbaik di Indonesia.

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles