26.1 C
Jakarta
Saturday, May 28, 2022

Intip 8 Film India tentang Single Mom, Masalah Hidup Menjadikan Mereka Kuat

Intip 8 Film India tentang Single Mom, Masalah Hidup Menjadikan Mereka Kuat

Mengurus anak sekaligus rumah tangga bukanlah hal yang mudah, apalagi jika hanya dikerjakan sendiri alias single mom. Berikut ini film India tentang single mom yang menggambarkan kehidupan sehari-hari orang tua tunggal, mulai dari suka hingga duka yang dialaminya.

8 Rekomendasi Film India tentang Single Mom
1. Nil Battey Sannata (2016)

Menjadi orang tua tunggal bukanlah hal yang mudah, semandiri apa pun Anda atau sebanyak apa pun uang yang Anda miliki. Ada hal-hal yang memang hanya bisa dihadapi dan diselesaikan berdua dengan pasangan, yang tak bisa dibeli dengan uang.

Misalnya, keinginan anak untuk hidup dalam keluarga yang lengkap bersama ibu dan ayahnya. Salah satu film India tentang single mom yang berhasil menangkap pengalaman kompleks orang tua dengan baik adalah Nil Battey Sannata.

Seorang ibu tunggal bernama Chanda Sahay (Swara Bhaskar) sehari-harinya bekerja sebagai asisten rumah tangga. Dalam keterbatasannya ia ingin memberikan putrinya, Apeksha Sahay (Riya Shukla), yang masih duduk di kelas 10, kehidupan yang layak dan belum pernah dimilikinya.

Suatu malam Chanda bertanya kepada putrinya mengenai cita-cita sang putri. Chanda sedih karena Apeksha menjawab ingin menjadi pembantu seperti ibunya.

Apeksha berpikir orang miskin seperti dirinya tidak akan bisa sukses seperti anak-anak orang kaya. Tak mau putrinya berakhir seperti dirinya, Chanda berupaya mengubah jalan pikiran Apeksha.

Akhirnya Chanda berpikir untuk mendaftar sekolah dan duduk di kelas yang sama dengan putrinya. Ibunya itu selalu unggul di kelas Matematika, sementara nilai Apeksha selalu yang paling rendah. Kemudian anak kecil itu belajar lebih giat lagi agar tidak merasa malu di kelas dan bisa mengalahkan ibunya.

Artikel terkait: 10 Film India Romantis tentang Pernikahan, Tidak Semua Happy Ending

2. Film India tentang Single Mom Tribhanga-Tedhi Medhi Crazy (2021)

Film yang disutradarai Renuka Shahane ini mengeksplorasi kompleksitas keibuan melalui tiga generasi dengan alur maju-mundur. Scene pertama dari film ini mengisahkan novelis senior Nayantara Apte atau Ny. Nayan (Tanvi Azmi) yang tiba-tiba terserang stroke sedang saat mempersiapkan buku biografinya. Kemudian salah seorang putri yang adalah seorang artis terkenal India, Anuradha Apte atau Anu (Kajol), bergegas menemuinya ke rumah sakit dari lokasi syuting.

Meski komunikasinya dengan ibu baik, tetapi Anu punya dendam masa lalu yang belum terselesaikan dengan ibunya. Ia merasa kesal dengan sang ibu karena dulu memilih berpisah dengan ayahnya, Vinayak.

Setelah itu, scene mundur ke masa kecil Anu yang menggambarkan beberapa pengalaman masa lalunya. Salah satunya tentang bagaimana dulu neneknya –ibu dari ayahnya- tak suka dengan profesi ibunya sebagai penulis buku, tentang bagaimana neneknya itu memaksa ayahnya untuk meninggalkan ibunya.

Anu melihat, bahwa keputusan ibunya berpisah dari ayahnya adalah karena ia ingin mengejar mimpinya sebagai penulis, dan yang terutama karena ia tidak mendapat dukungan dari sang suami.

Film ini mengajarkan bahwa siapa pun, baik itu laki-laki atau perempuan, berhak menggapai mimpinya sekaligus mengurus keluarganya. Seperti yang dilakukan Ny. Nayan.

3. Helicopter Eela (2018)

Eela (Kajol) harus menunda mimpi dan ambisinya menjadi penyanyi karena harus menikah dan memulai sebuah keluarga. Namun pernikahannya gagal, dan suaminya meninggalkannya begitu saja.

Ia kemudian menjadi ibu yang sangat protektif terhadap putranya, Vivaan. Saking protektifnya, Eela turut mendaftar menjadi mahasiswi di perguruan tinggi yang sama dengan Vivaan. Tujuannya, apalagi kalau bukan agar bisa mengawasi putranya setiap saat.

Vivaan yang merasa tidak nyaman akhirnya memutuskan untuk meninggalkan rumah dan membuat jarak dengan sang ibu. Tanpa disadari Eela, kuliah justru membantunya dalam mencari tahu identitas dirinya dan berusaha mewujudkan mimpinya sendiri.

4. Kal Ho Naa Ho (2003)

Jennifer Kapur (Jaya Bachchan) adalah seorang janda tiga anak dan tinggal di New York City di film Kal Ho Naa Ho. Ia tidak pernah bergantung pada siapa pun untuk menghidupi keluarganya setelah suaminya mati bunuh diri.

Ia mengelola restorannya sendiri, sambil mengurus putrinya, Naina Catherine (Preity Zinta), putranya, Shiv (Athit Naik), anak angkat yang merupakan anak dari selingkuhan suaminya, Gia (Jhanak Shukla), dan ibu mertuanya, Lajjo (Sushma Seth).   

Jennifer mencintai anak haram suaminya seperti anaknya sendiri, dan ada di sana untuk lebih sebagai teman daripada ibu. Lajjo tidak menyukai Jennifer dan Gia karena ia percaya bahwa Gia-lah yang menyebabkan putranya bunuh diri.

Naina menghabiskan hari-harinya sangat membosankan, hingga kemudian ia bertemu dengan Aman Mathur (Shah Rukh Khan), tetangga barunya, yang tinggal bersama ibunya. Gadis itu jatuh cinta kepada Aman, tapi keduanya tidak bisa bersama karena penyakit Aman, sehingga ia terpaksa menerima lamaran Rohit Patel (Saif Ali Khan), sahabatnya.

Artikel terkait: Siapkan Tisu, Ini 8 Film India Sedih Terbaik yang Menguras Air Mata!

5. Aaja Nachle (2007)

Dia (Madhuri Dixit), koreografer yang tinggal di New York bersama putrinya, Radha, mendengar kabar bahwa guru tarinya, Makarand (Darshan Jariwala), sedang sekarat. Dia dengan membawa Radha kembali ke Shamli, kampung hamalannya.

Makarand akhirnya meninggal. Kemudian Dia berjuang agar teater tempat mereka dulu berlatih, Ajanta, tidak dihancurkan untuk dijadikan pusat perbelanjaan.

Untuk menyelamatkan Ajanta, Dia mengajukan petisi kepada anggota parlemen lokal Raja Uday Singh (Akshaye Khanna). Raja lalu memberi Dia tantangan di mana jika Dia bisa menampilkan sebuah pertunjukan yang sukses, Raja akan membatalkan pembongkaran tersebut. Berhasilkan Dia?

6. Paa (2009), Film India tentang Single Mom

Vidya (Vidya Balan) yang berprofesi sebagai ginekolog merupakan ibu tunggal dari Auro (Amitabh Bachchan), seorang anak penderita penyakit langka progeria yang berusia 12 tahun. Suatu hari sekolahnya mengundang MP Amol Arte (Abhishek Bachchan) seorang politisi muda yang sedang terkenal untuk memberikan penghargaan siswa terbaik di mana penerimanya adalah Auro.

Penyerahan penghargaan itu ternyata disiarkan di televisi, dan Vidya yang turut menyaksikannya kaget karena ternyata mengenal Amol, yang adalah ayah kandung Auro.

Saat masih kuliah, Vidya dan Amol pernah berpacaran. Saat mengetahui dirinya hamil, Vidya mengajak Amol menikah, tetapi Amol menolak karena ingin melanjutkan studinya meraih gelar MBA. Setelah bertemu kembali, apakah Vidya kepada Amol dan Auro bahwa mereka adalah ayah dan anak?

7. Mother India (1957)

Film klasik yang disutradarai Mehboob Khan ini bercerita tentang Radha (Nargis) dan Shamu (Raaj Kumar) yang menikah dengan uang yang dipinjam ibu Shamu dari rentenir Sukhilala (Kanhaiyalal). Sang rentenir memaksa mereka mengembalikan uang dengan bunga pinjaman sebesar 500 (senilai sekitar US$105 tahun 1957).

Sementara Shamu bekerja keras agar bisa membayar utang, lengan terluka akibat sebuah kecelakaan. Shamu menganggap dirinya tidak berarti lagi dan meninggalkan istrinya serta ketiga putra mereka.

Ditinggal suami, Radha hidup dengan kemiskinan yang menyebabkan putra bungsu dan ibu mertuanya meninggal. Setelah itu badai hebat dan banjir datang dan menghancurkan rumah-rumah di desa dan merusak panen.

Sukhilala menawarkan bantuan kepada Radha asal ia menukar tubuhnya agar bisa memberi makan dua anaknya. Namun dengan tegas Radha menolak tawarannya tersebut. Lantas bagaimana Radha dan keluarganya bisa bertahan?

Artikel terkait: 15 Film India Terbaik Sepanjang Masa, Cocok Dinikmati Saat Akhir Pekan!

8. Listen… Amaya (2013), Film India tentang Single Mom

Ini film mengenai Leela (Dipti Naval), seorang janda yang kehilangan suaminya 12 tahun lalu menemukan cintanya pada Jayant Sinha (Farooq Shaikh) yang berprofesi sebagai fotografer. Leela hidup bersama putrinya, Amaya (Swara Bhaskar), dan bekerja dengan membuka perpustakaan café.

Saat tahu ibunya memiliki hubungan khusus dengan Jayant, Amaya yang berprofesi sebagai penulis pemula, tidak senang. Dalam film digambarkan bagaimana sosok Amaya yang berjiwa terbuka dan ambisius dengan Leela yang kolot dan keibuan.

Dari kisah-kisah di film India tentang single mom ini, kita jadi lebih tahu, bahwa tiap ibu adalah kuat dengan caranya sendiri.

6 Film India inspiratif yang cocok ditonton bersama anak, no. 2 bikin banjir airmata

10 Film Shahrukh Khan Terbaik, Yuk Nonton Bareng Keluarga

8 Rekomendasi Film India di Hari Ibu yang Wajib Ditonton!

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles