Inspirasi Menulis Konten ini Perlu Kamu Coba Agar Tidak Kehabisan Ide!

by -1 views
inspirasi-menulis-konten-ini-perlu-kamu-coba-agar-tidak-kehabisan-ide!

Hai, Takaiters!

Apakah kamu pernah kehabisan ide saat akan menulis konten di sebuah website atau blog? Hal seperti ini wajar terjadi bahkan pernah dialami oleh setiap orang.  Kamu pasti merasa suntuk, bingung  dan bertanya-tanya sendiri “konten menarik  apa yang akan aku tulis besok ya.” Ujung-ujungnya malah malas dan tak jadi menulis karena pusing sendiri.

Nah, untuk memudahkan mendapat inspirasi dalam menulis, tentu kamu harus rajin membaca informasi yang sedang banyak diperbincangkan atau terupdate. Kamu juga harus menulis konten terbaru yang belum banyak diketahui oleh orang lain agar tulisan tersebut disukai oleh para pembaca.

Memang, untuk menghasilkan sebuah konten yang berkualitas tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lama. Meskipun begitu kamu bisa melakukannya jika terus berlatih. Berikut inspirasi menulis konten agar kamu tidak kehabisan ide. Simak ya!

  1. Menulis Pengalaman Hidup Diri Sendiri

inspirasi menulis konten blog
Foto: Pexels.com

Daripada bingung mencari ide, kamu bisa menulis konten dari pengalaman hidup sendiri.  Memang, bagi beberapa orang menulis pengalaman pribadi  lebih sulit. Biasanya mereka bingung mulai nulis dari mana atau malah malu membuka aib sendiri.

Meskipun begitu kamu bisa memulai dari hal-hal yang simple seperti menceritakan pengalaman yang pernah membuat kamu  takut, bersemangat, sedih, dan juga bahagia. Jika kamu memiliki sebuah pengalaman mentang misalnya pernah gagal dalam membangun usaha, kisah ini juga bisa menjadi  konten yang menarik.

Kamu bisa menuliskan  apa sih penyebab kegagalanmu, lalu apa yang kamu lakukan saat gagal, bagaimana kamu menyelesaikan masalah tersebut, dan tulis tips bagaimana akhirnya kamu berhasil dalam membangun usaha. Tulisan seperti ini tentu bisa menginspirasi orang lain dan kontenmu akan disukai.

  1. Menulis Konten dari Buku yang Kamu Baca

inspirasi menulis konten blog pribadi
Foto: ef.co.id

Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak ide dalam menulis, kamu juga harus banyak membaca buku.  Ini adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi. Tanpa membaca kamu akan  sering mengalami writer’s block. Bacalah buku  apapun itu misalnya  fiksi, non fiksi, jurnal, artikel ilmiah, ataupun artikel dari website terpercaya di internet. Dengan demikian maka inspirasimu dalam menulis  juga akan lebih luas.

Contohnya saat kamu ingin menulis novel. Meskipun novel merupakan karya imajinatif, tulisanmu tidak akan berkembang jika  hanya berpatok pada satu sumber.  Jadi, kamu perlu membaca beberapa tulisan dari penulis terkenal sebagai referensi dan memperkaya kosa kata. Pahami bagaimana penulis terkenal menciptakan alur dan penokohan yang menarik agar disukai pembaca.

  1. Cobalah Menulis Cerita Hidup Orang Lain

inspirasi menulis konten blogger
Foto: Pexels.com

Inspirasi untuk menulis sebuah konten yang menarik sebenarnya banyak sekali. Salah satunya  bisa dari cerita orang yang pernah kamu temui. Pasti kamu sering kan bertemu dengan orang-orang dari berbagai latar belakakang, sifat, atau kebiasaan. Nah, dengarkan baik-baik cerita mereka dan jadikan inspirasi dalam menulis kontenmu.

Namun ingat, menulis sesuatu berdasarkan cerita orang lain ini tidak bisa sembarangan ya. Lakukanlah riset yang mendalam terlebih dahulu.  Riset ini sangat penting agar cerita tersebut sesuai fakta.

Jangan sampai kamu menulis cerita  yang sebenarnya hanya sebuah gosip. Atau kamu membuat cerita dramatis yang belum pasti kebenarannya hanya untuk menarik perhatian pembaca. Ujung-ujungnya kamu malah menyebar hoax dan menimbulkan fitnah. Ingat, selain menjadi pembaca yang baik kita juga perlu menjadi penulis yang baik ya Takaiters.

  1. Menceritakan Pengalaman Kegiatan Traveling

Foto: tribunnews.com

Bepergian atau traveling merupakan salah satu tips bagi kamu yang ingin mendapatkan ide dalam menulis. Tak perlu jauh-jauh ke luar kota atau luar negeri, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat baru di sekitarmu lho.

Bawalah buku catatan kecil untuk menuliskan sesuatu yang kamu ketahui disana. Misalnya mengenai kondisi lingkungan sekitar lokasi wisata, keindahan pemandanganya, kulinernya, kebiasaan orang-orang yang tinggal disana, dan sebagainya.

Itulah diatas beberapa inspirasi menulis konten yang bisa bisa kamu terapkan. Cukup mudah bukan?  Pastikan untuk mencatat terlebih dahulu poin-poin apa yang ingin dikembangkan. Hal ini penting agar tidak kebingungan dalam menulis  sebuah konten yang menarik.

Kamu juga bisa mencari inspirasi dengan cara lain selain disebutkan diatas  misalnya dengan mendengarkan lagu, melihat postingan orang lain di media sosial, nonton film  dan melakukan kegiatan lainya lho, Takaiters.

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *