Inked Sisterhood, Geng Motor Gahar Asal Kenya yang Anggotanya Adalah Emak-emak

by -14 views
inked-sisterhood,-geng-motor-gahar-asal-kenya-yang-anggotanya-adalah-emak-emak

Kalau bicara mengenai geng motor, pasti yang terlintas di pikiran kita adalah kelompok-kelompok besar semacam Satu Darah atau Hells Angels. Ya, pamor mereka yang mendunia seolah menjadi kiblat bagi para geng motor lainnya. Oleh sebab itu, banyak geng motor baru yang mengikuti aksi mereka di masa lalu seperti tradisi rekrutmen dengan perkelahian, balapan, dan lain sebagainya.

Terkait geng motor, di Kenya ada kelompok roda dua yang image-nya bisa dibilang sama sekali berbeda. Bukan cuma karena apa yang mereka lakukan, tapi juga para anggotanya yang ternyata adalah para emak-emak. Namanya adalah Inked Sisterhood. Lalu seperti apa sepak terjang geng motor unik satu ini? Simak ulasan menariknya berikut.

Inked Sisterhood para geng motor perempuan

Para perempuan di daerah Nairobi, Kenya ini sepertinya membuat gerakan yang luar biasa. Pasalnya mereka membentuk sebuah geng motor perempuan pertama di sana. Padahal istilah geng motor sendiri biasanya identik dengan kaum pria, namun Inked Sisterhood seolah mengubah image tersebut.

Inked Sisterhood [sumber gambar]

Pun demikian dengan para anggotanya yang berasal dari kalangan yang berbeda. Kebanyakan dari mereka adalah para wanita yang sudah punya suami dan anak, atau kalau di Indonesia mungkin kita menyebutnya emak-emak. Namun tak jarang pula ada yang belum menikah juga bergabung dalam geng motor tersebut. Bayangkan, sudah emak-emak jadi geng motor juga, fix ini mah raja jalanan yang sejati.

Geng motor ini justru jauh dari stigma negatif

Mungkin kalau dengar istilah geng motor, hanya hal-hal negatif yang ada dalam benak kita. Mulai dari perkelahian, penggunaan obat-obatan terlarang, dan lain-lain. Namun Inked Sisterhood ini malah jauh dari kata tersebut. Dengan moge kesayangan mereka, para anggota Inked Sisterhood ini menempuh perjalanan touring bahkan sampai 500 km.

Melawan Stigma [sumber gambar]

Tak jarang dalam touring dengan moge, mereka saling bertukar pikiran dan memberikan tips antar perempuan. Dilansir dari laman Detik, ternyata mereka juga memiliki ‘sister gang’ lain yang beranggotakan perempuan. Throttle Queens, Piki Dada, dan Heels of Steel adalah sejumlah nama sister gang mereka dalam touring di Kenya.

Disambut baik masyarakat, tapi tidak semuanya

Ada respon berbeda yang muncul dari masyarakat ketika melihat Inked Sisterhood ini. Ada yang sempat menganggap remeh lantaran stigma tradisional yang ada di masyarakat. Ya, penduduk Kenya sejatinya menganggap pengendara motor itu lekat dengan hal berbahaya.

Respon yang berbeda [sumber gambar]

Misalnya saja, rawan kejahatan sehingga harus bisa menjaga diri, mesti punya stamina ekstra karena perjalanan jauh, dan lain-lain. Oleh sebab itu banyak yang menganggap geng Inked Sisterhood ini tak cocok untuk melakukan kegiatan dan touringnya. Namun banyak juga yang mendukung karena itu adalah sebuah hal yang baru dan sebuah pembuktian kalau wanita juga bisa jadi geng motor.

Moge mereka yang punya nama sendiri

Satu hal yang seolah menjadi ‘ritual’ unik dari geng motor emak-emak ini adalah penamaan moge mereka. Ya, nama-nama itu disematkan berdasarkan banyak alasan, mulai dari bentuknya, sejarahnya dan lain-lain. Misalnya saja, anggota bernama Katie Cashman memberikan nama untuk motor Lifan 250cc dengan julukan ‘Naga’.

Nama untuk mogenya [sumber gambar]

Ada juga Mehta yang punya moge jenis Hero Karizma ZMR 223cc diberi nama Babezy. Kalau begini sih ya, baik cowok maupun cewek sepertinya sama saja dalam memperlakukan motor mereka. Yang jelas, motor-motor yang diberi nama itu akan dirawat dengan sepenuh hati jangan sampai lecet sekecil apapun.

BACA JUGA: Kesh Angel, Geng Motor Perempuan Berhijab Ratu di Jalanan Maroko

Tidak ada yang mengira kalau ternyata emak-emak juga bisa jadi raja jalanan yang sebenarnya. Bukan raja jalanan dalam konotasi negatif, tapi positif. Mereka berjuang menyalurkan hobi mereka sekaligus mengubah stigma masyarakat yang menganggap pengendara motor wanita itu buruk. Benar-benar wanita strong ini mah.

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *