Ini Manfaat Rokok Bagi Masyarakat Desa

by -1 views

Sejuta manfaat rokok hadir bagi masyarakat di Indonesia. Mulai dari mereka yang tinggal di perkotaan hingga mereka yang hidup di pedesaan. Besarnya manfaat ini juga menjadi wujud nyata bagaimana budaya merokok bisa tetap dilestarikan. Tetapi, apa sebenarnya sumbangsih nyata tembakau bagi kehidupan?

Tak kesulitan untuk menemukan orang yang merokok di pedesaan. Masyarakat di sana selalu lekat dengan kebudayaan merokok. Ada di hampir tiap aktivitas dan sulit untuk dipisahkan. Rasanya kemesraan itu ada di antara mereka.

Manfaat pertama rokok bagi masyarakat desa adalah dapat menjadi medium untuk mempererat tali silaturahmi. Seperti yang sudah disebutkan di awal, nyaris di tiap aktivitas selalu ada aktivitas merokok. Kegiatan itu dilakukan sambil bercengkerama dengan sesama.

Saat di sawah, mereka bekerja dan berbincang dengan merokok. Saat senja dan matahari akan terbenam juga mereka akan ngobrol santai di pelataran rumah juga dengan merokok. Saat malam tiba dan mendengarkan radio juga dinikmati dengan merokok.

Bukan hanya hubungan yang erat di antara sesama masyarakat yang didapatkan, tapi juga ketenangan jiwa. Di sisi lain, eratnya silaturahmi itu juga tergambar dari hidangan rokok yang disajikan saat acara keagamaan. Familiar, kan?

Dampak positif lainnya adalah dari segi ekonomi. Geliat ekonomi sungguh terasa di daerah sentra tembakau jika masa bercocok tanam dan panen tiba. Ekonomi tumbuh, masyarakat bahagia, perayaan-perayaan untuk mengingat dan bersyukur kepada Tuhan pun dihelat. Pemandangan yang menyenangkan.

Pun demikian dengan daerah yang bukan kawasan sentra tembakau, manfaat itu tetap ada. Pedagang kelontong pun masih mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan rokok. Hasil keuntungan warung juga akan digunakan untuk membeli bahan pokok di desa itu sendiri, alhasil ekonomi jadi berputar dengan baik.

Di sisi lain program corporate social responsibility dari industri hasil tembakau juga memberikan manfaat yang besar di sektor pedesaan. Ada yang membangun program yang melibatkan pemuda dan masyarakat, ada pula yang disumbangkan dalam bentuk barang fisik yang bermanfaat.

Jadi, sungguh nyata kan dampak rokok bagi masyarakat desa? Masih mau kalian dustakan?

The post Ini Manfaat Rokok Bagi Masyarakat Desa appeared first on Komunitas Kretek.

Leave your vote

694 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *