Ini Keunikan Prodi Psikologi UIN Maliki Malang di Mata Sang Kaprodi

by -3 views
ini-keunikan-prodi-psikologi-uin-maliki-malang-di-mata-sang-kaprodi

TIMESINDONESIA, MALANG – Kepala Program Studi (Kaprodi) Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) Muhammad Jamaluddin, MSi menjelaskan keunikan Prodi Psikologi yang ia pimpin.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALIKI MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

“Dalam belajar psikologi itu selama ini lebih banyak belajar dari segi teori-teori barat saja berbeda dengan psikologi kita yang juga mengajarkan konsep psikologi dalam agama Islam,” ujarnya kepada TIMES Indonesia, Sabtu (6/3/2021).

Prodi Psikologi UIN Maliki Malang 2

Muhammad Jamaluddin menjelaskan, pengajaran konsep psikologi dalam Agama Islam mengambil konsep modelling dalam Al-Quran dan hadits.

Ia memberikan contoh integratif yang digunakan di model pembelajaran dalam teori barat. Pada teori barat dijelaskan tentang tipe kepribadian dalam psikologi seperti kepribadian normal dan abnormal. Kepribadian normal dan abnormal itu sendiri dijelaskan ciri atau macam-macamnya.

Sementara dalam Islam tipe kepribadian tersebut juga terdapat dalam Surat Al-Fatihah ayat 7 yang menjelaskan tiga tipe keripadian manusia yaitu mun’am (kepribadian orang yang diberi nikmat), magdhub (kepribadian orang yang dibenci oleh Allah) dan dholl (yaitu kepribadian orang yang sesat).

Ia juga memberikan contoh lain dalam hadits. Pada hadits yang memiliki arti ‘Shalatlah sebagaimana kalian melihatku shalat’ dijelaskan tentang perintah shalat di mana dalam menjalankan shalat tersebut, umat Islam disuruh meniru tatacara yang diajarkan Rasulullah.

“Dan itu semua tinggal dikaji ciri-cirinya sehingga para mahasiswa dibekali pengetahuan tidak hanya berdasarkan teori barat,” jelasnya.

Prodi Psikologi UIN Maliki Malang 3

Dr. Siti Mahmudah, M.S, Dekan Psikologi UIN Maliki Malang juga menjelaskan, keunikan pembelajaran Prodi Psikologi ini sesuai dengan visi misi Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang yang relevan dengan visi universitas yang berbunyi ‘Terwujudnya Fakultas Psikologi Integratif dalam memadukan Sains dan Islam yang bereputasi Internasional’.

Oleh karena itu Prodi Psikologi UIN Maliki Malang dalam misinya yang inline dengan visi fakultas adalah mencetak sarjana psikologi yang berkarakter ulul albab, sehingga untuk mencetak sarjana ulul albab tersebut, Prodi Psikologi dalam pembelajarannya menggunakan metode integratif.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALIKI MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

“Model pembelajaran integratif ini juga dalam rangka meningkatkan kompetensi lulusan kita agar mampu mengintegrasikan antara ilmu psikologi dan ke-Islaman,” pungkas Muhammad Jamaluddin, MSi selaku Kepala Prodi Psikologi UIN Maliki Malang. (*)

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *