Ini Cara Niat Puasa Dzulhijjah Lengkap

by -8 views
ini-cara-niat-puasa-dzulhijjah-lengkap

BincangSyariah.Com – Niat merupakan aktivitas pertama dan utama dalam memulai sebuah ibadah. Bahkan keabsahan dan kesempurnaan sebuah ibadah tergantung pada niat. Tak terkecuali dalam melakukan puasa di sepuluh hari pertama Dzulhijjah, harus memulainya dengan niat terlebih dahulu agar puasa tersebut sah dan mendapatkan pahala dengan sempurna. Niat puasa dzulhijjah bisa dilakukan dengan cara bermacam-macam. (Baca: 10 Keutamaan Memuliakan Bulan Dzulhijjah)

Ada tiga jenis niat puasa Dzulhijjah. Ketiga jenis niat puasa dzulhijjah tersebut sebagai berikut;

Pertama, niat puasa dzulhijjah dari tanggal 1 hingga 7 Dzulhijjah;

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta’ala

“Saya niat puasa Dzulhijjah sunah karena Allah Ta’ala.”

Kedua, tanggal 8 Dzulhijjah adalah hari Tarwiyah. (Baca: Kenapa Delapan Zulhijjah disebut Hari Tarwiyah?)

Niatnya sebagai berikut;

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala

“Saya niat puasa sunah Tarwiyah karena Allah Ta’ala.”

Ketiga, tanggal 9 Dzulhijjah adalah hari Arafah dan niatnya sebagai berikut;

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta’ala

“Saya niat puasa Arafah 9 Dzulhijjah karena Allah Ta’ala.”

Keutamaan Memuliakan Bulan Dzulhijjah

Sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah termasuk hari-hari yang mulia dalam Islam, maka kita sebagai umat muslim sangat sunah untuk memuliakannya dengan cara memperbanyak ibadah, puasa, zikir, shalat malam dan amalan-amalan lainnya.

Dalam kitab Dalil Al-Falihin disebutkan sebuah riwayat mengenai keutamaan sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah ini dan keutamaan beramal shaleh di dalamnya. Riwayat tersebut bersumber dari sahabat Sa’id bin Jubair dari Abdullah bin Abbas, bahwa Rasulullah Saw bersabda;

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ، يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ وَاِنَّ صِياَمَ يَوْمٍ فِيْهَا يَعْدِلُ صِيَامَ سَنَةٍ وَالعَمَل فِيْهَا يُضَاعَفُ سَبْعمِائَةِ ضِعْفٍ وَقِيَامَ لَيْلَةٍ مِنْهَا بِقِيَامِ لَيْلَةِ القَدْر

Tidak ada hari-hari yang mana beramal sholeh pada hari tersebut lebih Allah cintai daripada di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, dan pahala berpuasa sehari saja dari awal bulan Dzulhijjah sama dengan puasa sunnah setahun, dan beramal pada hari tersebut akan banyak berlipat hingga 700 kali lipat serta shalat malam pada hari tersebut pahalanya sebanding dengan shalat sunnah pada malam lailatul qadar. Setiap 10 malam pertama kita perlu niat puasa dzulhijjah.

More

Leave a Reply

Your email address will not be published.