Indera penciuman Hilang

by -2 views
indera-penciuman-hilang

siang dok mau saya sblmnya demam selma satu malam setelh itu tenggorokan saya sakit saya jga udh cek ke dokter di ksh obat radang tp setelh obat abis skrng malah indra pencium saya tidak berfungsi tp untuk indra perasa masih normal,,ini efek flu atau ada gejala yg lain terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar hilangnya indera penciuman melalui fitur Tanya Dokter.

Tidak adanya kemampuan untuk mencium dan mendeteksi bau disebut juga anosmia. Hal ini dapat bersifat sementara maupun permanen. Beberapa penyebab yang mungkin berhubungan adalah alergi, infeksi, massa dalam rongga hidung (polip hidung), serta kerusakan pada saraf. Perlu diketahui juga apakah Anda memiliki riwayat alergi? Apakah Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu?

Selain itu, anosmia juga merupakan salah satu dari gejala yang ditemukan pada infeksi Covid-19.

Apakah Anda punya kontak dengan pasien yang positif covid? Atau Anda habis berpergian dari zona merah? Apakah pekerjaan Anda berkaitan dengan kesehatan? Jika salah satu ya, kemungkinan risiko tertular ada.

Virus corona atau COVID-19 ini menular dengan sangat cepat terhadap sesama manusia. Gejala yang ditimbulkan pun hampir sama dengan gejala batuk dan flu pada umumnya. Selain itu, orang yang terinfeksi bisa juga tidak menimbulkan gejala. Gejala virus corona, yaitu:

– Batuk kering

– Bersin

– Hidung meler

– Sakit tenggorokan

– Demam tinggi

– Sesak napas

– hilangnya kemampuan mengecap dan menghidu (mencium bau)

Jika Anda tidak ada riwayat berpergian dan bukan tenaga medis, jika ada keluhan sebaiknya lakukan karantina mandiri dirumah selama 14 hari. Apabila batuk, demam, hingga sesak nafas tidak juga reda dan timbul gejala lain seperti diatas, silahkan melakukan pemeriksaan langsung ke dokter. Untuk sementara, Anda bisa mengkonsumsi makan yang bergizi, minum banyak, istirahat cukup dan juga bisa tambahkan mengkonsumsi vitamin untuk menambah daya tahan tubuh. Kumur dengan air garam hangat juga dapat mengatasi keluhan gatal atau terasa tak nyaman di tenggorokan.

Namun, ada berbagai penyebab anosmia selain COVID-19, seperti iritasi selaput lendir hidung akibat alergi dan merokok, sumbatan aliran udara ke hidung akibat polip atau tumor, dan kondisi kerusakan otak dan saraf. Sebaiknya Anda tetap memeriksakan diri ke dokter THT untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Berikut kami sertakan artikel lain sebagai bahan bacaan Anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Leave your vote

581 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *