Indahnya Taman Bunga Nusantara Cianjur Buat Tempat Liburan Keluarga

by -4 views
indahnya-taman-bunga-nusantara-cianjur-buat-tempat-liburan-keluarga

Bosan jalan-jalan ke mall terus dan ingin sesuatu yang berbeda? Coba liburan ke taman, yuk! Tidak jauh dari Jakarta, ada satu tempat wisata yang sudah berdiri lama dan terkenal yaitu Taman Bunga Nusantara di Cianjur, Jawa Barat.

Sesuai namanya, tempat ini penuh dengan bunga-bunga cantik nan menyegarkan mata.

Indahnya Taman Bunga Nusantara Cianjur untuk Tempat Liburan Keluarga
Bunga-bunga Indah Bertebaran

Sumber: website Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara sudah berdiri sejak tahun 1993. Selain keindahan bunga-bunga yang jadi objek wisata utama, taman ini juga memiliki udara yang sejuk karena berada di dataran tinggi. Bunga-bunga yang ada didatangkan dari Amerika Selatan, Asia, Afrika, dan Australia.

Dengan luas lahan sebesar 35 hektar dan ruang terbuka, Taman Bunga Nusantara menawarkan wisata yang nyaman dan sehat bagi keluarga. Ada banyak tanaman yang tumbuh dan dibentuk membentuk objek tertentu serta lucu yang bisa menarik perhatian. Mata akan dimanjakan hamparan taman indah selama berada di sana.

Taman Bunga Nusantara berada di Jalan Mariwati KM 7 Desa Kawungwuluk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat. Dari Jakarta, jalur termudah untuk sampai ke sana melalui Puncak. Ketika pergi di akhir pekan, pastikan untuk tahu jam berlakunya buka tutup jalan yang dari dan menuju Puncak. Waktu tempuh dari Jakarta sekitar dua sampai tiga jam.

Banyak Taman Tematik

Sumber: website Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara membuat beberapa taman tematik yang terinspirasi dari budaya, kekhasan landscape beberapa negara, serta habitat flora tertentu.

Ada delapan taman tematik yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung. Penggambaran taman tematik ini dibuat semirip mungkin dengan tempat asalnya.

Taman tematik tersebut ada taman gaya Jepang yang terinspirasi sebagai tempat melepas lelah dan tempat berlindung. Taman gaya Jepang dipenuhi dengan bebatuan, pepohonan khas Jepang yang tidak terlalu tinggi, saung khas Jepang, serta elemen air. 

Kaktus yang identik dengan daerah gersang juga dipamerkan di sini. Ada banyak jenis kaktus yang dibudidayakan di taman Mediterania. Tidak hanya kaktus, ada beberapa jenis tamanan semak juga tumbuh di sana. Kesan Mediterania makin kuat dengan tambahan bebatuan dan pasir putih luas.

Dari inspirasi landscape Indonesia, ada taman gaya Bali. Ketika masuk ke taman tersebut, akan langsung disambut oleh gapura khas Bali. Lalu ada bangunan kecil seperti candi dan patung-patung yang sering dijumpai di Bali. Tanaman tropis seperti bunga kamboja dan bunga sepatu terhampar di sekeliling taman.

Selain tiga taman tersebut, taman lainnya ada taman gaya Perancis yang tanamannya dipangkas secara merata setinggi betis dan membentuk geometri tertentu. Supaya lebih jelas terlihat, Anda bisa melihatnya di Menara Pandang yang ada di sana.

Taman lainnya yang tak boleh dilewatkan yaitu taman mawar, taman air, taman palem, rumah kaca, dan taman rahasia berbentuk labirin yang siap menguji jiwa petualang.

Artikel terkait: Pesona Taman Gandrung Terakota yang Dikaitkan Film KKN di Desa Penari

Ikon Unik 

Sumber: website Taman Bunga Nusantara

Selain taman, salah satu ikon unik dari Taman Bunga Nusantara ialah jam taman raksasa yang berada di plataran utama. Jam tersebut juga difungsikan sebagai penunjuk waktu. Jam dikelilingi bunga-bunga yang disusun melingkar dan dibatasi pagar. 

Di beberapa tempat terdapat topiary atau tanaman yang dipangkas membentuk objek tertentu dan sering diidentikan sebagai seni pangkas dari Eropa. Topiary yang terkenal berbentuk hewan seperti dinosaurus dan jerapah.

Beberapa bunga warna warni ditanam berdekatan dan membentuk pola layaknya karpet besar alami. Hamparan bunga ini menambah keunikan lainnya di taman.

Artikel terkait: 12 Taman di Jakarta Untuk Piknik Bersama Keluarga

Fasilitas Penunjang

Sumber: website Taman Bunga Nusantara

Bagi pengunjung disediakan berbagai fasilitas penunjang. Di sana tersedia mobil angkut yang akan membawa pengunjung berkeliling taman tanpa harus lelah berjalan kaki berkapasitas 14 orang.

Pengunjung cukup membayar Rp5.000,- per orang untuk menaikinya. Selain mobil angkut, ada garden tram seperti di Eropa yang berjalan tiap 30 menit dan bisa membeli tiket seharga Rp 0.000,-.

Ingin duduk santai setelah puas berkeliling sambil makan bekal, di sana tersedia lokasi piknik dan gazebo yang luas dan bisa menampung banyak orang. Makan bekal, santai, hingga membangun tenda kecil bisa dilakukan di sana.

Pecinta tanaman juga bisa membawa secuil taman bunga ke rumah dengan membeli tanaman yang tersedia di toko bursa bunga dan tanaman di dekat area parkir. Anda bisa mengunjunginya sebelum pulang dan langsung membawa masuk tanaman ke kendaraan.

Jika tidak ingin buru-buru pulang dan ingin bermalam, di dekat taman terdapat penginapan bernama Saung Nini sebagai tempat istirahat sementara. Anda bisa pesan kamar langsung di tempat atau memesan dari online travel agent.

Manjakan diri dan mata dengan pemandangan alam dan tanaman cantik di Taman Bunga Nusantara. Perjalanan panjang menuju tempat ini akan sepadan dengan pengalaman berkeliling taman-taman unik.

Taman Bunga Nusantara buka setiap hari pukul 09.00 WIB-17.00 WIB. Harga tiket masuk sebesar Rp50.000,- mulai dari usia 4 tahun ke atas. Anda juga bisa membeli tiket sepaket dengan garden tram sebesar Rp60.000,- atau exotic tram sebesar Rp70.000,-.

10 Kedai Es Krim Legendaris di Indonesia, Tetap Eksis Hingga Kini

Sejarah Panjang Lawang Sewu, Wisata Semarang Penuh Misteri

Ini Alasan Turis Dilarang Foto di Kapel Sistina

Leave a Reply

Your email address will not be published.