Humor Gus Dur: Toko Buku

by -2 views

KH Ahmad Mutofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus menceritakan, di antara kecerdasan dan kehebatan Gus Dur yang lain adalah kecepatannya membaca dan memhami isi buku.


Hal itu terjadi ketika Gus Mus menemani Gus Dur mengunjungi sebuah toko buku. Kedua sahabat ini ditemani putri pertama Gus Dur, Alissa Wahid.


Dalam buku Gus Dur dalam Obrolan Gus Mus (2015) karya KH Husein Muhammad, Gus Mus mengisahkan bahwa saat itu mata Gus Dur masih sehat.


“Gus Dur bilang, mau membeli buku,” ujar Gus Mus.


Begitu sampai di toko, Gus Dur dengan seksama melihat-lihat buku di toko tersebut. Bila ada buku yang menurutnya menarik, Gus Dur langsung membukanya. Dia membaca lembar demi lembar dengan sangat cepat.


“Seperti tidak membaca saja,” kata Gus Mus.


Berbeda ketika Gus Dur melihat ada sesuatu yang menarik di dalam buku, ia membacanya sedikit lebih lama. Begitu dirasa cukup, Gus Dur meletakkannya kembali di tempat semula. 


Tiba-tiba, Gus Dur mengajak Gus Mus dan Alissa Wahid pulang. Hal ini mengherankan mereka berdua karena tujuan awal Gus Dur membeli buku.


“Lah Pak, enggak jadi beli buku, toh?” tanya Alissa Wahid.


“Aku sudah tahu isinya,” seloroh Gus Dur. (Fathoni)

Leave your vote

653 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *