31.1 C
Jakarta
Wednesday, May 25, 2022

Hukum Tidak Puasa Bagi Para Demonstran | Bincang Syariah

IslamiHukum Tidak Puasa Bagi Para Demonstran | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com – Bagaimana hukum tidak puasa bagi para demonstran? Saat ini demonstrasi sering terjadi di berbagai daerah. Para demonstran umumnya menentang wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan Presiden Jokowi.

Selain itu, setiap elemen mahasiswa juga membawa berbagai isu mulai dari kelangkaan minyak goreng, kenaikan bahan bakar Pertamax hingga menentang pemindahan ibu kota. 

Namun, akibat dari panas dan beberapa aktivitas demo yang menguras tenaga, membuat sebagian demonstran membatalkan puasanya. Lantas, bagaimanakah hukum tidak puasa bagi para demonstran?

Dalam literatur kitab fikih, seseorang yang menjalani suatu aktivitas diperbolehkan membatalkan puasa kemudian nanti mengqadhanya apabila aktivitas tersebut memang tidak bisa ditinggalkan dan Jika ditinggalkan akan berdampak buruk baginya. 

Apabila aktifitas tersebut bisa saja ditinggalkan dan tidak berdampak buruk setelahnya, maka dia berdosa jika membatalkan puasa. Sebagaimana keterangan Syekh Wahbah Zuhayli yang mengutip pendapat Abu Bakar Al-Ajiry dalam kitab Al-Fiqhu al-Islami wa Adillatuhu, juz 2 halaman 648 berikut,

قَالَ أَبُو بَكْرٍ الآجِرِي: مَنْ صَنَعَتْهُ شَـاقَـةٌ : فَـإِنْ خَافَ بِالصَّوْمِ تَلَفاً ، أَفطَرَ وَقَضَى إِنْ ضَرَّهُ تَرْكُ الصَنْعَةِ ، فَإِنْ لَمْ يَضُرُّهُ تَرْكُهَـا ، أَثِمَ بِالفِطْرِ ، وَإِنْ لَمْ يَنْتَفِ التَّضَرُّرُ بِتَرْكِهَا ، فَلاَإِثْمَ عَلَيْهِ بِـالفِطْرِ لِلْعُـذْرِ . 

Artinya : “Abu Bakar al-Ajiri berpendapat pekerja berat boleh membatalkan puasa kemudian nanti mengqadlanya dengan catatan pekerjaan tersebut memang tidak bisa ditinggalkan. Jika ditinggalkan akan berdampak buruk baginya. 

Apabila pekerjaan tersebut bisa saja ditinggalkan dan tidak berdampak buruk setelahnya, maka dia berdosa jika membatalkan puasa. Apabila setelah meninggalkan pekerjaan tersebut akan tetapi dampaknya masih terasa maka ia boleh membatalkan puasanya karena uzur.”

Namun demikian, seseorang yang sedang melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan tertentu tetap diwajibkan untuk berniat puasa di malam hari kemudian jika memang di tengah aktifitas dia merasakan sangat haus dan lapar, kemudian dia khawatir hal ini berdampak buruk bagi dirinya maka boleh baginya membatalkan puasa kemudian nanti mengganti puasanya di kemudian hari. 

Bahkan, jika dampak buruk ini benar-benar sangat terasa maka wajib baginya untuk membatalkan puasa.  Sebagaimana dalam lanjutan keterangan kitab Al-Fiqhu al-Islami wa Adillatuhu berikut,

 وَقَرَّرَ جُمْهُورُ الفُقَهَاءِ أَنَّهُ يَجِبُ عَلَى صَاحِبِ العَمَلِ الشَّاقِّ كَالحَصَّادِ والخَبَّازِ وَالحَدَّادِ وعُمَّالِ المنَاجِمِ أَنْ يَتَسَحَّرَ وَيَنْوِيَ الصَّوْمَ ، فَإِنْ حَصَلَ لَهُ عَطَشٌ شَدِيْدٌ أَوْ جُوْعٌ شَدِيْدٌ يَخَافُ مِنْـهُ الضَّرَرُ ، جَازَ لَهُ الفِطْرُ ، وَعَلَيْهِ القَضَـاءُ ، فَـإِنْ تَحَقَّقَ الضَّرَرُ وَجَبَ الفِطْرُ

Artinya : “Kebanyakan ahli fiqih menetapkan kewajiban sahur dan berniat puasa di malam hari bagi para petani, pandai besi, pembuat roti, pekerja tambang, dan para pekerja berat lainnya.

Jika memang di tengah pekerjaan dia merasakan sangat haus dan lapar, kemudian dia khawatir hal ini berdampak buruk bagi dirinya boleh baginya membatalkan puasa kemudian nanti mengganti puasanya di kemudian hari. Bahkan, jika dampak buruk ini benar-benar sangat terasa dan memprihatinkan wajib baginya membatalkan puasa.”

Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa, para demonstran diperbolehkan melaksanakan aktivitas tersebut apabila memang tidak bisa ditinggalkan dan Jika ditinggalkan akan berdampak buruk baginya. 

Tetapi, dia tetap diwajibkan untuk berniat puasa di malam hari kemudian jika memang di tengah demonstrasi dia merasakan sangat haus dan lapar, kemudian khawatir hal ini berdampak buruk bagi dirinya maka boleh baginya membatalkan puasa kemudian nanti mengganti puasanya di kemudian hari. 

Demikian penjelasan mengenai hukum tidak puasa bagi para demonstran. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam.

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles