in ,

Hello Kitty Kini Punya Pesaing yang Lebih Gaul, Modis, dan Edgy

Hello Kitty, kucing imut berpita merah bikinan Sanrio, adalah ikon yang dikenal di seluruh dunia. Pesaingnya hanya Winne the Pooh atau karakter Disney. Siapa sangka, kini muncul calon penantang baru yang berniat merebut tahta Hello Kitty. Sang pesaing itu lebih muda, gaul, fashionable, dan edgy.

Namanya Yoshikitty. Berdasarkan survei global tahunan yang rutin digelar Sanrio sejak 1985, popularitas Hello Kitty mulai terancam oleh adiknya yang gaul itu. Yoshikitty memuncaki karakter Sanrio terfavorit di Prancis, Jerman, dan Brasil. Kucing gaul ini jadi nomor dua di Tiongkok, serta menempati posisi enam jika mengacu hasil survei seluruh dunia.

Sejauh ini, Hello Kitty masih berada di posisi lima secara global, lebih tinggi satu peringkat daripada Yoshikitty. Namun Sanrio menyebut bila Yoshikitty sejak 2016 konsisten membuntuti popularitas Hello Kitty. Loncatan popularitasnya pun tak main-main. Lima tahun lalu, popularitas Yoshikitty masih berada di urutan 12 dibandingkan 80 karakter buatan Sanrio lain.

Omong-mong, siapa sebenarnya Yoshikitty ini? Apakah doi Hello Kitty yang pakai kostum supaya berjiwa muda? Kenapa dia bisa sangat populer?

Tenang, kini sudah tersedia jawabannya.

Yoshikitty pertama kali diperkenalkan ke publik pada 2009 lalu. Desainnnya terinspirasi Yoshiki, frontman band legendaris X JAPAN. Seperti kakaknya Hello Kitty, Yoshikitty juga diciptakan oleh Yuko Yamaguchi. Tapi berbeda dari tradisi Sanrio sebelumnya, baru kali ini karakter mereka dirancang berpatokan pada sosok manusia sungguhan.

Terus, kenapa Yoshiki bisa jadi inspirasi? Sederhana saja. Yoshiki adalah superstar di Jepang. Sebagai perusahaan asal Jepang, wajar bila para desainer Sanrio mengenal sosok vokalis X Japan.

Terbentuk sejak 1982, X JAPAN adalah band glam metal yang bisa dibilang paling sukses di genrenya. Band ini sukses menjual 30 juta kopi album maupun single sepanjang karirnya. Konser X JAPAN di Tokyo Dome selalu habis terjual.

Sebagai musisi yang jadi pemimpin X Japan, Yoshiki pelan-pelan juga dikenal penggemar musik nonmetal. Dia sering tampil di televisi, serta dikenal punya karakter humoris serta selera fashion yang unik. Mengingat X JAPAN amat sukses, penggemar Yoshiki pun jadi lintas generasi, termasuk mereka yang baru lahir setelah milenium baru. Karena terinspirasi sosok Yoshiki, Yoshikitty berpenampilan menarik: rambutnya pirang, pakai eyeshadow ungu, serta selalu berpakaian hitam-hitam.

hello-kitty-yoshikitty-yoshiki-sanrio-japan-icon

Popularitas karakter Sanrio didasarkan pada sistem voting online, serta mengacu ke penjualan merchandise di toko-toko Sanrio seluruh dunia. Saat ini Yoshikitty memang makin tenar. Dia sudah punya lebih dari 24.000 follower di Instagram. Karakter ini juga makin sering tampil di berbagai medium, bahkan sudah jadi rekan kolaborasi brand fashion Shimamura.

Melihat Yoshikitty makin populer, Yoshiki sampai bikin lelucon di medsos. “Tampaknya aku harus bikin lagu tema Yoshikitty sebagai apresiasi atas dukungan kalian semua. LOL. Terima kasih banyak,” ujarnya.

Tapi, kalau bicara peringkat secara umum, karakter Sanrio masih dikuasai oleh anjing. Peringkat pertama diduduki Cinnamoroll, anjing imut yang pertama kali diciptakan pada 2002. Disusul si golden retreiver lucu Pompompurin, serta Pochacco yang jadi maskot awal Sanrio bersama Hello Kitty.

Sepanjang sejarahnya, sudah ada 400 karakter resmi yang dibuat oleh Sanrio. Perusahaan ini berpusat di prefektur Yamanashi, berdiri pertama kali pada 1960 sebagai toko mainan. Ikon-ikon Sanrio selalu berkembang menyesuaikan zaman. Sehingga selain Hello Kitty, kita juga mengenal the Little Twin Stars, Gudetama, atau Aggretsuko. Saking suksesnya menjual merchandise berbasis karakter imut tersebut, Sanrio berhasil mendirikan taman hiburan Sanrio Puroland, (aka Hello Kitty Land) di Tokyo.

Follow Miran di Instagram.

Artikel ini pertama kali tayang di VICE ASIA.

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

kemendagri-mau-bikin-lomba-lagi,-kali-ini-kompetisi-landaikan-kurva-covid-19-antar-pemda

Kemendagri Mau Bikin Lomba Lagi, Kali Ini Kompetisi Landaikan Kurva Covid-19 Antar Pemda

salah-ketik-nama-salatiga-di-piagam-lomba-new-normal-bikin-kontes-ini-makin-absurd

Salah Ketik Nama Salatiga di Piagam Lomba New Normal Bikin Kontes Ini Makin Absurd