in ,

Heboh Virus Corona Pada Kemasan Udang, Bisakah Menular Lewat Makanan?

Suara.com – Pemerintah China baru-baru ini menemukan virus corona pada kemasan dan dalam wadah udang beku yang diimpor dari tiga perusahaan Ekuador.

Namun, sampel dari makanan laut itu sendiri dan interior kemasan diuji negatif, kata Bi Kexin, direktur umum Biro Keamanan Pangan Impor dan Ekspor di bawah Administrasi Umum Kepabeanan China.

Di Beijing, ia mengatakan bahwa dari hampir 223.000 sampel yang diambil dari makanan beku impor, interior dan eksterior pengepakan dan sekitarnya, enam sampel Covid-19 keluar positif.

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Namun, ini tidak berarti bahwa virus dapat ditularkan melalui kemasan makanan. Demikian seperti dilansir dari World of Buzz.

“Hasilnya menunjukkan bahwa wadah dan kemasan perusahaan-perusahaan ini berada di bawah risiko terkontaminasi oleh novel coronavirus,” kata Bi.

“Para ahli mengatakan bahwa meskipun terbukti tidak berarti mereka dapat menularkan virus, itu menunjukkan bahwa manajemen keamanan makanan tidak ideal.”

Meski pemerintah China telah sepakat dengan para ahli global bahwa impor makanan memiliki risiko rendah penularan virus, ada kebingungan di luar negeri tentang mengapa China terus menguji dan menghentikan pengiriman.

“langkah penting untuk mencegah risiko virus ditularkan dari saluran makanan rantai dingin impor. Ini adalah langkah yang perlu diambil untuk melindungi kesehatan rakyat dan tidak mengganggu perdagangan internasional normal,” kata Bi.

Pengujiana makanan impor telah dilakukan lebih sering setelah ada peningkatan kasus Covid-19 di Beijing pada pertengahan Juni. Sumber infeksi dikatakan berasal dari pasar makanan di mana virus ditemukan di talenan yang digunakan untuk salmon impor.

Tetapi para ahli telah mengungkapkan bahwa ikan itu sendiri tidak mungkin membawa virus. Impor makanan dari tiga perusahaan Ekuador telah ditangguhkan oleh kebiasaan Cina dan makanan yang disita akan dikembalikan pada saat dihancurkan.

Pihak berwenang Ekuador juga telah didesak untuk meningkatkan kontrolnya atas makanan beku yang diekspor ke Tiongkok.

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
prakiraan-cuaca-jogja-hari-ini,-selasa-14-juli-2020

Prakiraan Cuaca Jogja Hari Ini, Selasa 14 Juli 2020

resep-pecak-terong,-kuahnya-gurih

Resep Pecak Terong, Kuahnya Gurih