28.8 C
Jakarta
Tuesday, May 24, 2022

Panduan Lengkap Tata Cara Wudhu

BincangSyariah.Com– Sahabat Bincang Syariah, kali...

Tata Cara Tahallul: Lengkap dengan Zikir dan Artinya

BincangSyariah.Com– Tahallul secara bahasa artinya adalah...

Berikut Tata Cara Shalat Tasbih

BincangSyariah.Com–  Sahabat Bincang Syariah yang...

Hati-hati, Ini 13 Amalan Makruh Saat Puasa yang Perlu Dihindari

Hati-hati, Ini 13 Amalan Makruh Saat Puasa yang Perlu Dihindari

Selama Ramadan, umat Muslim diwajibkan melaksanakan puasa sebulan penuh. Bentuk ibadah ini tentunya bukan sekadar menahan haus dan lapar. Agar pahala dan nilai esensi ibadahnya diterima Allah, kita juga perlu menghindari amalan makruh saat puasa. 

Tentang Makruh Puasa

Secara umum, makruh merupakan bagian dari hukum Islam. Kalau dalam bahasa Arab, makruh adalah mubghadh atau sesuatu yang dibenci oleh Allah SWT. 

Adapun Jumhur ulama mendefinisikan makruh sebagai sebuah larangan terhadap suatu perbuatan. Namun, sifat larangannya tidak bersifat pasti atau tidak diharuskan ditinggalkan sama sekali karena tak ada dalil yang menunjukkan haramnya perbuatan tersebut. 

Sementara itu, Imam Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz mengungkap pengertian makruh sebagai berikut:

“Menurut para ahli ilmu, makruh adalah sesuatu yang selayaknya ditinggalkan akan tetapi pelakunya tidak mendapat dosa, tetapi perbuatan itu tetap dibenci.” (Fatawa Syaikh Bin Baz no. 7265)

Dari pengertian tersebut, kita bisa tahu bahwa makruh puasa merupakan hal-hal yang sebenarnya tidak akan membatalkan puasa. Namun, hal tersebut dibenci oleh Allah Ta’ala dan dapat mengurangi esensi dari ibadah puasa itu sendiri sehingga sebaiknya dihindari. 

Makruh puasa bisa mengurangi nilai pahala ibadah pun sudah dijelaskan dalam sebuah hadis Rasulullah SAW. Ia bersabda:

“Betapa banyak orang yang berpuasa, tetapi tidak ada yang didapatkannya kecuali rasa lapar. Betapa banyak juga orang yang melakukan ibadah (Ramadan) lainnya di malam hari, tetapi tidak mendapatkan apa-apa kecuali hanya bergadang.” (HR. Ahmad)

Lantas, apa saja yang termasuk amalan makruh ketika berpuasa? Melansir berbagai sumber, berikut penjelasan selengkapnya!

Artikel terkait: 3 Cara Membayar Fidyah bagi Ibu Hamil sesuai Kaidah Islam
Amalan Makruh Saat Puasa yang Perlu Dihindari agar Tetap Mendapat Pahala
1. Amalan Makruh saat Puasa – Menyicip Makanan

Di antara Parents ada yang pernah menyicip makanan selama berpuasa? Memang, beberapa ulama menyebut bahwa hal ini tidak membatalkan puasa, asal makanan hanya menempel di lidah dan tidak ditelan. 

Meski begitu, menyicip makanan selama berpuasa sebaiknya dihindari karena bersifat makruh. Pasalnya, kita tidak tahu apakah makanan yang kita masukkan ke dalam mulut tertelan atau tidak. Ketika makanan tertelan, baik sengaja maupun tidak, maka hal tersebut dapat membatalkan puasa.

Oleh karena itu, jika Anda sedang mempersiapkan makanan untuk berbuka, sebaiknya makanan dicicip oleh anggota keluarga atau orang yang tidak berpuasa, ya.

2. Gosok Gigi atau Bersiwak Saat Puasa

Sama seperti menyicip makanan, menggosok gigi atau bersiwak saat puasa dikhawatirkan menambah risiko pasta gigi tertelan sehingga hukumnya makruh. 

Maka, Anda dianjurkan untuk bergosok gigi atau bersiwak setelah sahur atau sebelum subuh ketika puasa belum dimulai. 

3. Amalan Makruh Saat Puasa – Terlalu Banyak Tidur

Kita mungkin pernah mendengar kalimat, ‘tidurnya orang berpuasa adalah ibadah’. Namun, terlalu banyak tidur apalagi sampai melupakan ibadah wajib lain seperti salat, maka hukumnya makruh. Faktanya, Allah SWT juga sangat membenci segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan.

4. Membicarakan Orang Lain atau Gibah

Hayo, siapa di antara Parents yang masih suka gibah atau membicarakan orang lain saat puasa? Baik disengaja maupun tidak, gibah saat puasa hukumnya makruh. 

Bukan hanya ketika puasa Ramadan, gibah secara keseluruhan juga merupakan hal yang dibenci oleh Allah. Bahkan, mereka yang suka gibah diibaratkan seperti orang yang memakan bangkai saudaranya sendiri.

5. Berkumur dan Membasuh Hidung Berlebihan

Saat melakukan wudhu, ada langkah ketika kita membasuh wajah, berkumur, dan membasuh hidung. Jika langkah tersebut dilakukan secara berlebih, maka itu juga sudah termasuk sebagai amalan makruh saat puasa. 

6. Memandangi Lawan Jenis Berlama-lama

Memandangi lawan jenis seperti pasangan (suami atau istri) berlama-lama dan membangkitkan syahwat, maka itu sudah termasuk makruh. 

Artikel terkait: Jarang Disadari! 10 Amalan Sederhana Ini Bisa jadi Penarik Rejeki, Sudah Lakukan?
7. Melakukan Bekam

Bekam saat puasa terlebih yang bisa membuat tubuh menjadi lemah juga makruh hukumnya. Metode bekam merupakan salah satu pengobatan alternatif yang bisa mengobati berbagai penyakit.

8. Amalan Makruh saat Puasa – Mandi Berendam

Mandi dengan cara berendam juga termasuk ke dalam amalan makruh saat puasa. Pasalnya, ketika berendam, tak menutup kemungkinan akan ada air yang masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut ditakutkan bisa membatalkan puasa sehingga esensi ibadahnya berkurang.

9. Menelan Ludah Secara Sengaja

Menahan dahaga merupakan hal terberat dari puasa. Tak jarang, beberapa orang sengaja mengumpulkan ludah atau air liurnya untuk ditelan kembali untuk menghilangkan dahaga tersebut. Namun, hal itu tentunya makruh dan mengurangi pahala puasa.

Selain makruh, menelan ludah dengan sengaja juga dinilai tidak higienis atau jorok dari segi kebersihan sehingga perlu dihindari.

10. Memikirkan Hal Jorok yang Berkaitan dengan Syahwat

Membayangkan sesuatu atau berfantasi yang sifatnya seksual termasuk makruh saat puasa. Apalagi, ketika hal itu juga memicu keluarnya air mani yang tentunya membuat puasa batal.

11. Bersentuhan yang Dapat Membangkitkan Nafsu

Bersentuhan seperti mencium atau memeluk lawan jenis yang bisa membangkitkan nafsu maka hukumnya juga makruh. 

12. Puasa Tidak Disertai Niat yang Sungguh-sungguh

Kita tahu bahwa puasa bukanlah sekadar menahan haus dan lapar. Puasa yang dilakukan tidak bersungguh-sungguh dan niat, maka hal itu juga bisa disebut makruh. Adapun membaca niat sebelum puasa juga hukumnya wajib agar ibadahnya diterima dengan baik oleh Allah SWT. 

13. Amalan Makruh saat Puasa – Puasa Wishal

Merupakan puasa yang dilakukan sepanjang hari tanpa jeda berbuka. Atau, bisa juga karena melebihkan waktu berbuka puasa. Jika demikian, maka hukum puasanyanya adalah makruh. 

Artikel terkait: Doa 10 Hari Pertama Ramadan, Mari Amalkan Bersama Keluarga

Nah, Parents, itulah beberapa amalan makruh saat puasa yang sebaiknya kita hindari agar esensi ibadah dan pahala bulan Ramadan tidak berkurang. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

***

7 Resep Kolak Pisang Paling Enak, ala Rumahan Hingga Hotel Berbintang

4 Amalan di Malam Nuzulul Quran untuk Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

6 Amalan Sunah sebelum Buka Puasa yang Diajarkan Rasulullah SAW

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles