Hasil Laboratorium dan Hepatitis A

by -8 views
hasil-laboratorium-dan-hepatitis-a

Dok, mohon jelaskan hasil tes lab saya untuk cek lever berikut ini. Bilirubin total 1 ; bilirubin direct 0,4 ; bilirubin indirect 0,6 ; sgot 39 ; sgpt 42. Untuk info, 10 tahun lalu saya pernah kena hepatitis A dan sudah dinyatakan sembuh. Namun saya kuatir penyakit itu kambuh lagi karena saya merasa mual dan mudah lelah. Apakah lever saya masih normal dengan hasil seperti di atas? Apakah benar juga bahwa hepatitis A jika sudah sembuh akan jarang kambuh kembali? Mohon jawabannya ya dok. Terima kasih

Terimakasih sudah bertanya seputar Hepatitis A dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Untuk diketahui bahwa nilai rujukan pada masing-masing laboratorium berbeda, tergantung dari standar alat laboratorium yang digunakan. Namun nilai normal standar bilirubin direct dan indirect pada dewasa sebagai berikut:

DEWASA : total : 0.1 – 1.2 mg/dl, direk : 0.1 – 0.3 mg/dl, indirek : 0.1 – 1.0 mg/dl 

Nilai normal SGOT adalah 3-45 u/L, sedangkan nilai normal SGPT adalah 0-35 u/L (terdapat sedikit variasi dari nilai normal dan sangat tergantung dari laboratorium tempat pemeriksaan).

Secara umum, hasil laboratorium Anda normal, tidak menunjukkan adanya masalah atau gangguan pada fungsi hati. Biasanya dikatakan bermasalah apabila fungsi hati meningkat 2-3 kali dari batas normal.

Seputar hepatitis A

Hepatitis A ditularkan melalui makanan dan minuman yang tercemar oleh virus hepatitis A. Selain itu, pengidap hepatitis A yang memasak atau menyiapkan makanan tersebut juga dapat menularkan virus kepada orang lain.

Virus akan masuk ke dalam hati dan menimbulkan peradangan pada sel hati. Beberapa minggu setelah terpapar virus tersebut, akan timbul gejala seperti lemas, mual muntah, tidak nafsu makan, nyeri perut kanan atas, dan nyeri sendi.

Selain beberapa gejala di atas, penderita hepatitis A juga akan mengalami perubahan warna kulit dan sklera (bagian putih mata) menjadi kekuningan, serta air seni berwarna cokelat seperti teh. Karena memiliki gejala demikian, hepatitis sering disebut  sebagai “penyakit kuning”.

Tidak seperti jenis hepatitis lainnya, penyakit yang ditimbulkan oleh virus hepatitis A umumnya lebih ringan dan cepat sembuh. Meskipun demikian, ada pula sebagian kecil kasus hepatitis A yang dapat menyebabkan kerusakan hati berat, yang terkadang dapat menjadi fatal apabila tidak mendapat penanganan yang tepat dan cepat.

Jika Anda terinfeksi virus hepatitis A, maka akan menunjukkan gejala-gejala yang disebutkan diatas dan mengalami masalah pada hasil laboratorium (bilirubin meningkat, fungsi hati meningkat). Re-infeksi atau infeksi kembali bisa saja terjadi jika memang mengkonsumsi makanan atau minuman yang tercemar oleh virus. Perlu digaris bawahi, hepatitis A tidak menetap dalam tubuh. Hepatitis A bisa sembuh. Hepatitis yang menetap atau bersifat kronik adalah tipe B dan C.

Pada umumnya, keluhan yang Anda alami mual dan lemas bersifat sangat umum dan dapat diakibatkan oleh banyak hal. Dapat karena asupan makanan yang kurang atau terlambat makan (masalah asam lambung), aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat atau jam tidur tidak mencukupi, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, vertigo ataupun tekanan darah rendah. Perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu baru dapat mengetahui apa yang harus dilakukan. oleh karena itu sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan,

Semoga bermanfaat.

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *