Google Webmaster Tools: Panduan Lengkap dan Cara Tepat Menggunakannya

by -2 views
google-webmaster-tools:-panduan-lengkap-dan-cara-tepat-menggunakannya

Pemilik atau pengelola website selalu mencari berbagai cara agar traffic websitenya bisa meningkat sambil memaksimalkan peringkat di hasil pencarian search engine. Apakah Anda sudah tidak asing dengan keberadaan bahkan penggunaan Google Webmaster tools? Jika belum dan Anda masih sedang melakukan website development, tidak perlu khawatir karena fitur dari Google ini bisa digunakan kapan saja. Lalu, apa itu Google Webmaster tools dan seperti apa cara yang tepat untuk menggunakannya? Mari kita bahas lebih lanjut.

Apa itu Google Webmaster?

Sebelum berbicara lebih jauh tentang penggunaan Google Webmaster tools, mungkin Anda penasaran arti dari Google Webmaster itu sendiri. Google Webmaster atau yang sekarang dikenal sebagai Google Search Console merupakan layanan web yang diberikan oleh Google yang memungkinkan penggunanya memeriksa status indexing serta melakukan optimisasi visibilitas website mereka. Pada Januari 2018, Google Webmaster diperkenalkan dengan nama baru yaitu Google Search Console dengan adanya perubahan pada user interface lamannya.

Fitur yang ditawarkan masih tetap beraneka ragam bahkan bisa dibilang lebih mudah dimengerti. Salah satunya adalah Google Analytics, di mana pengelola website bisa mendapatkan laporan analisis pengunjung, total impression dan klik setiap bulan, halaman yang lebih sering diakses pengunjung website, bahkan posisi website dalam search engine

Untuk bisa merasakan manfaat penggunaan Google Search Console, pastikan terlebih dahulu Anda sudah memasangnya dengan tepat sehingga bisa segera digunakan. Penasaran seperti apa? Sebagian dari Anda atau mereka yang baru tahu tentang hebatnya kinerja Google Webmaster mungkin masih berfikir bahwa tool ini sulit untuk digunakan. Nyatanya, sangat mudah sekali digunakan oleh siapapun. 

Mendaftarkan dan Menggunakan Google Webmaster Tools

Berikut beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum menggunakan Google Webmaster tools, di antaranya:

Menyiapkan Akun Google dan Website

Ini menjadi hal pertama yang perlu dilakukan. Pendaftaran memerlukan akun Google yang aktif serta website yang hendak diindex oleh Google. Pastikan untuk selalu memperbarui konten website yang tidak hanya bermanfaat tetapi juga menarik.

Kunjungi Laman Google Search Console

Jika sudah mengetikkan Google Search Console di mesin pencari, lanjutkan dengan mengklik hasil pencarian yang sesuai atau langsung saja kunjungi https://search.google.com/search-console/.

Tentukan Pilihan

Ada dua pilihan yang tersedia, yaitu domain dan URL Prefix (Awalan URL), dan Anda bisa memilih salah satunya. Jika Anda memilih domain dengan ketentuan yang sesuai dengan yang ditampilkan di layar, maka metode verifikasi yang tersedia hanyalah DNS TXT Record. Namun, jika memilih awalan URL atau URL prefix yang berada di sebelah kanan, maka ada beberapa pilihan metode verifikasi, namun terlebih dahulu klik tombol teruskan pada pilihan Anda.

Memeriksadan Cara Tepat Menggunakannya.
Google Webmaster Tools dan Cara Tepat Menggunakannya.

Lakukan Verifikasi

Dengan melakukan verifikasi, berarti Anda dan pihak Google menyetujui kesepakatan yang ada. Selain itu, Google bisa lebih mudah melacak website Anda. Untuk verifikasi, bisa dipilih metode yang dirasa paling mudah, sepert HTML file, Google Tag Manager, Google Analytic, HTML tag, dan DNS TXT Record.

HTML File

verifikasi google webmaster tools melalui HTML file

Tahukan Anda jika Google sangat merekomendasikan cara ini. Silahkah unggah file HTML ke folder website yang berada pada hosting setelah mendownload file tersebut terlebih dulu. Anda bisa menguploadnya langsung melalui File Manager atau dengan memanfaatkan bantuan FTP. Kemudian, klik verify setelah file berhasil diupload.

HTML Tag

Anda bisa mengklik HTML tag dan kemudian masukkan HTML tag tersebut ke dalam website yang Anda kelola. Tidak jadi masalah apakah Anda ingin melakukannya langsung di website atau dengan cara mengcopy script di tiap halaman. Anda bisa memanfaatkan bantuan dari Yoast SEO untuk menambahkan HTML tag di website. 

Sudah memasang plugin SEO ini di website Anda? Jika belum maka pastikan untuk menginstalnya. Jika sudah, Anda bisa langsung klik menu SEO dan kemudian memilih General dan klik tab Webmaster Tools

verifikasi google webmaster tools melalui HTML tag

Pada bagian Google verification code, paste script tersebut. Pastikan Anda juga menyimpan perubahan yang telah dibuat dengan mengklik save changes. Kembali ke halaman Google Search Console dan klik verify.

Google Analytics

Verifikasi Google Webmaster tools juga bisa dilakukan melalui Google Analytics. Sama seperti melakukan verifikasi dengan cara yang lain, harus dipastikan Anda mengklik verify setelah semuanya selesai.

verifikasi google webmaster tools melalui Google analytics

Google Tag Manager

Melakukan verifikasi menggunakan cara ini sama halnya dengan menggunakan Google Analytics, di mana Anda bisa segera klik verify setelah menambahkan beberapa kode melalui Google Tag Manager.

verifikasi google webmaster tools melalui google tag manager

DNS TXT Record

Jika memilih metode verifikasi ini, maka Anda bisa copy code yang muncul ke TXT Record.

verifikasi google webmaster tools melalui DNS TXT record

Setelah verifikasi berhasil, maka Google Webmaster tools bisa segera digunakan. Kemudian Anda bisa beralih ke langkah selanjutnya. Mungkin saja sebagian dari Anda sudah tidak sabar melihat hasil dari penggunaan tools ini, bukan?

Langkah – Langkah Penggunaan

Setelah membuat akun, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Tambahkan website
  2. Periksa Masalah yang mungkin saja baru ada
  3. Periksa apa saja yang telah diaplikasikan ke website
  4. Memeriksa crawl errors
  5. Mengizinkan notifikasi email dari Google
  6. Visualisasikan keseluruhan traffic pencarian 
  7. Memeriksa masalah keamanan
  8. Menganalisis data dengan cara mengidentifikasi search queries, halaman teratas, keyword yang lebih sering digunakan di website, siapa saja yang dihubungkan ke website, serta backlink dasar dan lanjutan
  9. Memeriksa validitas robots.txt and URL yang diblokir
  10. Memeriksa bagaimana Google melihat halaman website Anda secara visual dan sebagai bot
  11. Memeriksa kecepatan website menggunakan page speed insights
  12. Menghapus URL yang tidak dibutuhkan dari Google index
  13. Menghapus sitelink yang tidak dibutuhkan
  14. Melakukan optimisasi cara Google mengindex website Anda

Keuntungan Penggunaan Google Webmaster Tools

Google tidak akan menghadirkan fitur dan layanan tanpa alasan. Penggunaan Google Webmaster tentu saja memberikan para penggunanya berbagai manfaat dan keuntungan seperti sebagai berikut:

Melakukan Indexing Halaman di Google

Tidak peduli seberapa sering Anda memperbarui konten website, pengguna internet mungkin saja masih belum bisa menemukan halaman website Anda. Karena halaman yang telah diperbarui tersebut belum tentu langsung mendapatkan perhatian Google. Untungnya, ada fitur index dari Google, di mana Anda bisa mengindex halaman tersebut melalui URL yang dimasukkan.

Melihat Data Traffic Pencarian

Traffic pencarian tentu saya berhubungan dengan kinerja kunjungan dan aktivitas website Anda secara real time. Tingginya traffic memberikan banyak keuntungan bagi optimasi sebuah situs web. Data yang Anda dapatkan bisa digunakan untuk melakukan improvisasi agar hasil yang didapatkan menjadi lebih maksimal.

Coverage

Ini memberikan Anda laporan, di mana setiap posisi indexing URL halaman situs web ditampilkan. Laporan tersebut bisa berupa peringatan, error, atau valid.

Kegunaan Perangkat Seluler

Dengan adanya fitur ini, Anda akan mendapatkan laporan mengenai status kondisi halaman yang dikunjungi menggunakan perangkat mobile. Masalah yang muncul juga bisa dilihat secara detail sehingga Anda dapat segera menyelesaikannya, seperti terkait apakah website Anda sudah mobile friendly. Anda juga bisa menghubungi Google perihal perbaikan yang telah Anda lakukan.

Kesimpulan

Sudah tidak sabar ingin segera menggunakan Google Webmaster tools? Pastikan terlebih dahulu Anda memiliki website yang kemudian akan didaftarkan dan dipantau performanya menggunakan tool ini. 

Jika belum memiliki jenis website apapun, Anda datang di tempat yang tepat! Exabytes sebagai salah satu penyedia hosting nomor 1 di Indonesia menawarkan layanan hosting terbaik dengan fitur terbaru bernama LiteSpeed Server, yang dapat membuat situs web berjalan 5x lebih cepat dari hosting biasanya. Mulai sekarang!

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat!

Leave your vote

333 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *