31.1 C
Jakarta
Wednesday, May 25, 2022

Google Lens, Dipakai Buat Apa? | AsiaQuest Indonesia

TechGoogle Lens, Dipakai Buat Apa? | AsiaQuest Indonesia

Google merilis Google Lens, yang kini tersedia untuk seluruh perangkat Android. Sebetulnya, apa itu Google Lens dan digunakan untuk apa sajakah fitur tersebut?

Google Lens diintegrasikan dengan Google Photos agar fungsinya lebih mumpuni. Google Lens punya teknologi canggih untuk membaca teks, lho. Dengan memotret kartu nama atau papan nama di jalan, Anda bisa menyimpannya sebagai kontak di ponsel.

Lantas, apakah hanya itu saja kemampuan Google Lens?

Fitur-Fitur Google Lens

Wah, ternyata kemampuan Google Lens tak berhenti sampai di situ. Ada banyak fitur lain yang disediakan oleh Google Lens. Apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini:

(1) Mencari Menggunakan Kamera

Ini mirip dengan Google Image Search. Terkadang kita tak tahu nama sebuah tempat dan hanya tahu gambarnya. Nah, dengan Google Lens, Anda bisa melakukan pencarian menggunakan gambar Cukup ambil gambar menggunakan Google Lens, dan aplikasi akan mencarinya untuk Anda.

(2) Menerjemahkan Kata

Google Lens dilengkapi fitur Scan & Translate Text, yaitu untuk memindai teks sekaligus menerjemahkannya. Ketika bertemu kolega dan bertukar kartu nama, Anda tak perlu lagi secara manual menginput data di kartu nama kolega ke ponsel. Cukup pindai kartu nama menggunakan kamera Google Lens dan tambahkan sebagai kontak.

Selain itu, Anda juga bisa memindai event atau acara dalam poster lalu menyimpannya ke dalam kalender Google. The future is now!

(3) Mengidentifikasi Tanaman dan Hewan

Google Lens juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi nama tanaman atau jenis hewan yang ada di sekitar Anda. Ambil gambar dengan kamera Google Lens dan lakukan pencarian.

(4) Eksplor Tempat di Sekitar Anda

Google Lens juga bisa dipakai untuk mengidentifikasi landmark yang ada di sekitar Anda, lho. Eksplor tempat-tempat publik seperti restoran dan toko, ambil gambarnya dan lihat rating restoran dan toko tersebut, jam buka dan tutup, fakta-fakta sejarah suatu tempat dan lain sebagainya.

(5) Menemukan Style Look yang Anda Suka

Google Lens bisa dipakai untuk menemukan style look yang matched dengan look Anda saat ini. Atau apakah Anda sedang mencari furnitur yang cocok untuk ruang keluarga di rumah? Google Lens bisa membantu Anda, lho.

(6) Scan QR Code

Tak semua kamera bawaan ponsel bisa secara default memindai kode QR. Google Lens kini menyediakan fitur scan QR Code untuk Anda, lho.

Masih banyak kegunaan lain yang diakomodasi oleh Google Lens. Tentunya jika Anda ingin mengeksplor kegunaan Google Lens, Anda bisa langsung mengunduh dan menginstall aplikasi tersebut yang tersedia secara gratis.

Referensi: lens.google

Photo by Daniel Romero on Unsplash

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles