Ganjar: Tak Ada Lagi Zona Merah di Jawa Tengah Saat Ini

by -2 views
ganjar:-tak-ada-lagi-zona-merah-di-jawa-tengah-saat-ini

INDOZONE.ID – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, tidak ada zona merah Covid-19 lagi di daerahnya saat ini. Menurutnya, Gerakan Jateng di Rumah Saja cukup memberikan dampak positif dalam menekan penyebaran Covid-19.

“Iya, hari ini kabarnya bagus, kalau kita lihat gambar terakhir sekarang tidak ada lagi zona merah, semuanya oranye, tapi kuningnya belum. Makin hari, makin turun. Angka terkonfirmasi turun dan angka kematian juga turun. Ini bagus,” kata Ganjar usai Rakor Percepatan Penanganan COVID-19 di lantai 2 Kantor Setda Provinsi Jawa Tengah, Senin (15/2/2021).

Pernyataan ini disampaikan Ganjar usai menerima data Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Data itu berisikan zonasi untuk empat minggu terakhir sampai 7 Februari 2021.

Disebutkan pada 18-24 Januari yang masuk zona merah di Jateng adalah Grobogan, Klaten, Kota Semarang dan Kendal. Kemudian pada tanggal 25-31 Januari zona merah di Jateng meliputi Kendal, Karanganyar, Cilacap, Blora dan Kebumen. Lalu 1-7 Februari 2021, Jawa Tengah tidak ada zona merah.

Selanjutnya, tren bulanan kasus Covid-19 di Jateng pada bulan Januari mengalami penurunan menjadi 28.189 kasus dari Desember yang mencapai 30.948 kasus. Untuk tren mingguan, pada 14 Februari 2021 di angka 4.721. Sedangkan minggu sebelumnya mencapai 5.530 kasus.

Ganjar menambahkan, Gerakan Jateng di Rumah Saja cukup efektif dalam menekan kasus Covid-19. Ia mengatakan, penurunan kasus bisa mencapai 40-50 persen.

“Dua hari di rumah saja turunnya luar biasa 40-50 persen lebih. Lihat grafiknya ada penurunan, tren mingguan juga turun. Bahkan beberapa rumah sakit menutup isolasi. Ini menunjukkan optimisme kita,” ujar Ganjar.

Ganjar melanjutkan, saat ini Pemprov Jateng fokus dalam percepatan vaksinasi termasuk mempersiapkan berbagai jenis vaksin yang akan datang. Pihaknya saat ini sedang menyiapkan skenario vaksinasi yang diambil dari keputusan rapat bersama dengan pihak terkait. Yakni dengan empat metode, titik pelaksanaan, cold chain, dan segala peralatan yang diperlukan.

“Sekarang kita telah menyiapkan empat metode, kira-kira titiknya di mana saja, cold chain ada atau tidak apalagi nanti vaksin ada beberapa jenis yang membutuhkan suhu. Bahkan suhunya minusnya banyak sekali,” imbuhnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Leave your vote

526 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *