FOMO Sapiens : Arus Balik Lebaran Dan Toleransi Dalam Setoples Nastar – kbr.id

by -1 views
fomo-sapiens-:-arus-balik-lebaran-dan-toleransi-dalam-setoples-nastar-–-kbr.id
FOMO Sapiens : Arus Balik Lebaran Dan Toleransi Dalam Setoples Nastar

Ilustrasi highlight berita sepekan. (FOTO : KBR)

KBR, Jakarta – Berdasarkan catatan Jasa Marga, ada lebih dari 105.016 kendaraan meninggalkan Jabodetabek menuju Timur (Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya, dan sekitarnya) pada H-3 Lebaran. Jumlah ini meningkat 165.5% dari lalu lintas normal periode November 2021 sebanyak 39.554 kendaraan. Bagaimana dengan antisipasi kemacetan arus balik?

Indonesia merupakan negara dengan berbagai keragaman antara lain suku, ras, bahasa dan juga agama. Salah satu contoh toleransi di tanah air adalah pelataran GPIB Koinonia di Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur yang dijadikan lokasi Salat Id bagi umat Muslim pada Senin (02/05) lalu. Namun, ternyata masih ada banyak contoh lainnya. Apa saja?

Kabar-kabar di atas menjadi bahasan di FOMO Sapiens minggu ini.

1. Arus Balik Lebaran

Lalu lintas (lalin) mudik Lebaran 2022 mencatat rekor tertinggi dibandingkan periode-periode Lebaran sebelumnya. Hal tersebut dihitung dari pergerakan lalin yang meninggalkan Jabotabek yaitu sebanyak 1,7 juta kendaraan mulai H-10 hingga H-1 Lebaran atau 22 April hingga 1 Mei 2022. Oleh karena itu, masyarakat diimbau pemudik kembali lebih awal. Bagaimana selengkapnya?

Baca juga : Rekayasa Lalu Lintas Satu Arah Mulai Jumat

2. Toleransi Dalam Setoples Nastar

Toleransi antar umat beragama tergambar dari bagaimana umat nonmuslim memberi area tempat ibadahnya untuk digunakan Salat Id bagi umat Muslim. Tak hanya di Matraman, Jakarta Timur namun juga di berbagai daerah lainnya seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur. Toleransi ini ada sejarahnya. Seperti apa?

Baca juga : Salatiga Peringkat Atas Indeks Kota Toleran, Apa Rahasianya?

Dengarkan bahasan selengkapnya di FOMO Sapiens pekan ini bersama Ian Hugen dan Aika Renata. Akan ada juga obrolan menarik terkait Konsultasi Virtual Otonomi Daerah (Kovi Otda) yang bisa di akses di metaverse.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke podcast@kbrprime.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.