Fenomena Tidak Umum Yang Bisa Membuat Orang Kecanduan

by -1 views
fenomena-tidak-umum-yang-bisa-membuat-orang-kecanduan

anehdidunia.com – Segala yang berlebihan itu tidak baik. Itulah kalimat bijak yang pada intinya ingin menganjurkan setiap orang supaya melakukan sesuatu sesuai kebutuhannya saja dan tidak berlebihan. Namun karena berbagai sebab, ada saja orang yang melakukan sesuatu secara berlebihan hingga mencapai tahap kecanduan.

Selain fenomena kecanduan umum seperti kecanduan alkohol dan bermain dengan ponsel, ada pula fenomena kecanduan yang dipandang aneh karena melibatkan hal-hal yang tidak umum. Berikut ini adalah 5 contoh fenomena kecanduan aneh tersebut.

Meminum Air KencingMeminum Air Kencing via healthline.comMembaca kalimat di atas, mungkin sebagian dari anda yang keburu merasamual dan jijik. Reaksi yang wajar, karena air kencing normalnya memang bukan untuk diminum. Selain karena berbau menyengat, air kencing pada dasarnya merupakan cara bagi tubuh manusia untuk membuang zat-zat sisa dalam wujud cairan.

Namun percaya atau tidak, ternyata di dunia ini ada orang yang meminum air kencing. Mereka percaya bahwa dengan meminum air kencing, maka mereka bakal menjadi lebih sehat. Klaim yang sejauh ini belum terbukti secara ilmiah. Justru ilmuwan melarang orang-orang meminum air kencing karena mungkin air kencing yang mereka minum mengandung bakteri dan zat berbahaya.

Meskipun begitu, hal tersebut tetap tidak menghalangi sejumlah orang untuk meminum air kencing. Saking doyannya mereka meminum air kencing, mereka mengaku kecanduan dan bakal merasa tersiksa jika sehari saja tidak meminum air kencing.

Robert Wells adalah seorang pria yang diketahui memiliki masalah kecanduan air kencing. Jika itu menurut anda sudah cukup menjijikan, maka yang anda ketahui belumlah seberapa.

Untuk memuaskan dahaga akan kecanduannya, pria berusia 60 tahun tersebut gemar meminum air kencing anak-anak! Robert percaya bahwa dengan meminum air kencing anak-anak, ia bakal terlihat semakin awet muda.

Supaya bisa mendapatkan air kencing anak-anak yang dibutuhkannya, Robert akan melakukannya secara sembunyi-sembunyi. Namun bak bangkai yang baunya tetap tercium meskipun sudah dipedam, tingkah menyimpang Robert tersebut akhirnya ketahuan juga. Ia pun ditangkap dan dijerat pasal pelecehan seksual yang melibatkan anak.

Meminum DarahJika bicara soal sosok menyerupai manusia yang gemar menghisap darah, maka sosok vampir bakal seketika muncul di benak banyak orang. Seringnya vampir muncul di film-film menjadi penyebab mengapa sosok penghisap darah ini begitu terkenal.

Meminum Darah via idntimes.comDi dunia nyata sendiri, ternyata ada manusia yang gemar meminum darah. Penyebab orang gemar meminum darah sendiri berbeda-beda. Ada yang percaya kalau sering-sering meminum darah bisa membantu meningkatkan kesehatan. Ada pula yang meminum darah semata-mata karena menyukai rasanya.

Dalam kasus yang ekstrim, seseorang yang kecanduan darah akan melakukannya setiap hari. Sampai-sampai orang tersebut tidak segan-segan melukai dirinya sendiri hanya supaya dia bisa meminum darah.

Kasus macam tersebut pernah terjadi di Turki. Menurut dokter yang menangani pemuda “vampir” tersebut, pemuda yang bersangkutan mengaku kalau berhenti meminum darah rasanya seperti berhenti bernapas baginya.

Saat pemuda tersebut diperiksa, tidak ada tanda-tanda kelainan fisik yang membuatnya harus sering-sering mengkonsumsi. Namun pemuda yang sama diketahui memiliki masalah pada mentalnya. Meskipun begitu, dokter masih belum tahu bagaimana pemuda tersebut kemudian menjadi ketagihan meminum darah.

Meminum Air PutihMeminum Air Putih via kompas.comAir merupakan komponen yang amat tubuh. Jika manusia sampai tidak minum air dalam kurun waktu yang lama, maka orang tersebut meninggal akibat dehidrasi. Itulah sebabnya manusia selalu disarankan untuk meminum air putih sebanyak beberapa gelas setiap harinya.

Dengan melihat hal di atas, maka mudah-mudah saja untuk menyimpulkan kalau tindakan meminum banyak air putih setiap harinya bukanlah tindakan yang aneh. Jika air yang diminum dalam jumlah yang wajar, maka hal tersebut mungkin masih masuk akal. Namun bagaimana jika air yang diminum jumlahnya terlalu banyak?

Untuk kasus demikian, maka orang yang bersangkutan dianggap menderita kecanduan air putih atau aquaholisme. Meskipun terdengar berlebihan, nyatanya kasus kecanduan air putih memang benar-benar ada. Bagi mereka yang memiliki masalah aquaholisme, tidak meminum air putih satu saja bakal membuat orang tersebut merasa amat gelisah.

Air memang bermanfaat bagi tubuh. Namun jika seseorang meminum terlalu banyak air dalam sehari, maka orang tersebut bakal tetap mendapatkan dampak negatif. Hal itulah yang mendasari kenapa kasus kecanduan air putih dianggap sebagai hal yang tidak wajar.

Penderita aquaholisme bisa mengalami gejala-gejala seperti pusing, sakit perut, terlalu sering buang air kecil, hingga pembengkakan sel-sel tubuh. Aquaholisme juga bisa jadi merupakan efek samping dari penyakit yang sedang diidap oleh tubuh. Sebagai contoh, orang yang kekurangan zat sodium dalam darahnya bakal mengalami aquaholisme.

Mengoleksi TatoMengoleksi Tato via tattoideas.blogspot.comTato pada awalnya dipandang secara negatif. Pasalnya tato amat sering dijumpai di kalangan penjahat dan anggota geng. Anggota geng Yakuza dari Jepang misalnya, mereka terkenal memiliki tato yang bisa memenuhi sekujur badan mereka.

Meskipun pandangan negatif terhadap tato masih belum sepenuhnya menghilang, sekarang makin banyak orang yang berpandangan pada tato tidak selamanya identik dengan pelaku tindak kejahatan. Dampaknya, mereka yang berasal dari golongan warga sipil biasa pun kini mulai ada yang mencetak tato pada kulitnya sendiri karena beragam alasan.

Fenomena demikian utamanya paling sering terlihat di negara-negara Barat yang masyarakat sudah begitu liberal. Namun semakin bebasnya pembuatan tato juga memunculkan fenomena baru. Fenomena tersebut adalah munculnya orang-orang yang memiliki masalah kecanduan mengoleksi tato pada tubuhnya sendiri.

Di Amerika Serikat, sebanyak 32 persen warganya mengaku punya masalah kecanduan tato. Jika mereka sudah pernah memiliki tato, mereka merasa berhasrat untuk segera mencetak motif tato baru pada badannya sesegera mungkin.

Tidak diketahui kenapa bisa ada orang yang mengalami masalah kecanduan tato. Namun ilmuwan meyakini kalau hal tersebut ada kaitannya dengan hasrat untuk tampil semakin keren di hadapan orang lain saat memiliki tato baru. Ada pula ilmuwan yang menduga kalau seseorang kecanduan tato lebih karena mereka menikmati rasa sakit saat kulit mereka dirajah oleh jarum tato.

Operasi PlastikOperasi Plastik via suara.comSetiap manusia memiliki hasrat untuk tampil semenarik mungkin. Itulah sebabnya manusia bersedia menghabiskan waktu tidak sedikit hanya untuk menata penampilannya sendiri. Mulai dari yang hanya sekedar mengubah model rambut, hingga yang menempuh metode ekstrim macam operasi plastik.

Operasi plastik sendiri pada awalnya muncul sebagai solusi atas seseorang yang mengalami kerusakan permanen pada wajahnya akibat kecelakaan. Namun dalam perkembangannya, mereka yang sehat juga menjalani operasi plastik supaya wajahnya nampak semakin menarik.

Karena operasi plastik memerlukan biaya yang tidak sedikit, fenomena ini umumnya hanya dijumpai pada golongan menengah ke atas. Kalangan selebritis merupakan golongan yang terkenal paling kerap melakukan operasi plastik karena mereka memerlukan penampilan yang menarik supaya bisa memikat dan memuaskan para penggemarnya.

Semakin mudahnya menjalani operasi plastik lantas memunculkan fenomena kecanduan operasi plastik. Mereka yang mengalami fenomena ini bisa menjalani operasi plastik 10 kali dalam sehari!

Di kalangan ilmuwan, fenomena kecanduan operasi plastik ini dikenal dengan istilah body dysmorphic disorder (BDD). Ilmuwan sendiri tidak yakin kenapa ada orang yang bersedia melakukan operasi plastik berkali-kali pada dirinya sendiri. Namun rasa rendah diri dan rasa tidak puas akan fisiknya sendiri diduga menjadi alasan di balik fenomena kecanduan yang tidak lazim ini.

referensi :

https://listverse.com/2019/03/25/10-bizarre-things-you-didnt-know-people-can-get-addicted-to/

https://www.healthline.com/health/drinking-urine

https://www.healthopinion.net/blogs/aquaholism.php

Leave your vote

765 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *