in ,

Facebook dan Instagram Bakal Rutin Ingatkan Orang Agar Tak Lupa Pakai Masker

Facebook dan Instagram Bakal Rutin Ingatkan Orang Agar Tak Lupa Pakai Masker

Ilustrasi Miley Cyrus pakai masker oleh i-D / Getty Images

Kebijakan swakarantina dan social distancing diberlakukan berbagai negara, berdampak pada jutaan orang. Kehidupan kita sehari-hari kini diwarnai pemakaian masker. Sayangnya, saran pakar agar kita selalu memakai masker saat keluar rumah masih terus diperdebatkan. Sebagian orang memilih percaya pada teori konspirasi yang tidak bertanggung jawab, dengan menolak pakai masker.

Kengototan sebagian pihak yang enggan pakai masker berbuah viralnya video sindiran memakai klip lama dari serial komedi Parks and Recreation yang bisa kalian lihat berikut:

Mengingat kampanye agresif perlu dilakukan, raksasa media sosial Facebook bersama anak usahanya Instagram, mengumumkan bakal ikut serta mengingatkan pengguna agar bersedia pakai masker.

Dalam keterangan resminya, Facebook menyatakan imbauan pakai masker itu akan muncul di news feed maupun homepage. Tiap kali aplikasi memantau pengguna keluar rumah, rekomendasi dan keterangan “Covid-19 Information Centre” segera dimunculkan. Dengan demikian, mereka diharap tidak terpapar disinformasi dan hoax.

Facebook mengikuti jejak Twitter yang lebih dulu agresif melabeli berbagai cuitan yang masuk kategori keliru atau justru “dimanipulasi” terkait Covid-19 dan isu-isu yang ramai menjadi perhatian publik.

Bagaimanapun, imbauan Facebook dan Instagram hanya pengingat. Kalian lah yang menentukan apakah imbauan tersebut dipatuhi atau tidak. Ingat, jangan egois ya. Pakai masker tuh demi kebaikan bersama kok.

Artikel ini pertama kali tayang di i-D

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

di-usia-berapa-sih-suara-kita-mulai-terdengar-‘menua’?

Di Usia Berapa Sih Suara Kita Mulai Terdengar ‘Menua’?

benarkah-menstrual-cup-bisa-bikin-haid-cepat-selesai?

Benarkah Menstrual Cup Bisa Bikin Haid Cepat Selesai?