Efektifkah Jus Lidah Buaya untuk Mengatasi Mata Minus?

by -0 views
efektifkah-jus-lidah-buaya-untuk-mengatasi-mata-minus?

Gangguan penglihatan, seperti mata minus atau rabun jauh, sering kali memicu keluhan lain, seperti sakit kepala, mata kering, penglihatan kabur, dan mata berair. Selain penggunaan kacamata, penanganan rabun jauh (miopia) dapat ditempuh dengan jalan operasi. 

Namun, bagi sebagian orang, operasi mata sulit dilakukan karena biayanya tidak sedikit. Nah, jalan pengobatan alternatif dengan bahan alami untuk mengatasi mata minus pun banyak dipilih.

Salah satunya dengan mengonsumsi jus lidah buaya. Lho, memang jus lidah buaya efektif mengobati mata minus?

Jus Lidah Buaya Bisa Bantu Masalah Mata Minus?

Aloe vera atau lidah buaya sering dianggap sebagai tanaman “ajaib” karena punya banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, dikutip dari beamash, lidah buaya dapat menjadi obat yang efektif untuk meningkatkan fungsi penglihatan.

Hal ini karena aloe vera memiliki sumber diet dan antioksidan penting, seperti  diet A (betakaroten), diet C, diet E, asam folat, serta antioksidan lain yang dapat membantu melawan radikal bebas.

Kandungan-kandungan tersebut juga diklaim dapat membantu produksi sel darah putih dan pemulihan jaringan. Bahan alami ini disebut bermanfaat pula dalam melindungi selaput halus yang melindungi mata.

Artikel lainnya: 9 Guidelines Menjaga Mata Agar Tetap Sehat!

Tidak heran, beberapa orang menggunakan gel lidah buaya sebagai bahan utama pengobatan katarak dan menguatkan kornea mata.

Menanggapi hal tersebut, dr. Reza Fahlevi menjelaskan, “(Klaim jus aloe vera bisa mengatasi mata minus) masih perlu penelitian lanjutan. Sejauh ini, mata minus hanya bisa diterapi dengan kacamata atau lasix.”

Meski demikian, bukan berarti lidah buaya sama sekali tidak bermanfaat untuk mata. Dalam sebuah studi pada tahun 2012, peneliti menguji ekstrak aloe vera kepada sel kornea manusia. 

Mereka menemukan bukti kalau lidah buaya mungkin bisa membantu menurunkan peradangan serta kekeringan mata.

Seperti dilansir dari Healthline, studi tersebut mencatat, lidah buaya dalam konsentrasi yang rendah tampaknya tak berefek negatif bagi sel mata. Penelitian sebelumnya dengan subjek penelitian hewan juga mendukung temuan tersebut.

Akan tetapi, perlu diingat, Anda sangat tidak disarankan untuk mengaplikasikan langsung gel lidah buaya ke bola mata. Memberikan lidah buaya langsung ke mata akan menyebabkan rasa terbakar, iritasi, kemerahan, dan efek samping lainnya.

Artikel lainnya: Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Sejauh ini, Anda hanya disarankan untuk menggunakan gel lidah buaya pada kulit. Misalnya, bagian luar kelopak mata demi menghilangkan kemerahan ataupun bengkak, atau residence hitam di bawah mata atau dikenal dengan mata panda.

Selain pengaplikasian langsung, saran dr. Reza, gel lidah buaya dapat dikonsumsi dengan cara dibuat jus.

Guidelines Membuat Jus Lidah Buaya untuk Kesehatan

Jika Anda ingin membuat jus lidah buaya untuk kesehatan mata, berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan 2 sendok ekstrak lidah buaya.
  • 2 sendok makan (sdm) madu. 
  • 2 sdm perasan jeruk nipis.
  • 2 sendok teh kenari yang dihaluskan.
  • Campurkan jus lidah buaya, air jeruk nipis, kenari dan madu. 
  • Masukan ke dalam blender, hingga halus dan semua bahan tercampur rata.
  • Tuang jus ke dalam gelas, dan jus lidah buaya siap untuk dikonsumsi.
  • Minumlah jus lidah buaya 30 menit sebelum makan, 3 kali dalam sehari untuk membantu meningkatkan penglihatan Anda.

Campuran ini dipercaya dapat memberikan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan sistem optik, sehingga meningkatkan penglihatan Anda. Jus alami tersebut juga bisa menjaga mata tetap terhidrasi serta mencegah gatal dan kekeringan.

Namun yang perlu diingat penggunaan bahan alami bisa dapat menyebabkan alergi pada sebagian orang. Jika setelah mengonsumsi jus lidah buaya Anda merasakan keluhan alergi, segera hentikan konsumsi. Konsultasikan dengan dokter.

Tanyakan solusi masalah mata dan nutrisi pendukungnya melalui layanan Are residing Chat di aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

Leave your vote

368 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *