31.1 C
Jakarta
Wednesday, May 25, 2022

DPRD Limapuluh Kota Gelar Rapat Istimewa, Peringati Hari Jadi Kabupaten Limapuluh Kota ke-181 | Ɍ™

BeritaDPRD Limapuluh Kota Gelar Rapat Istimewa, Peringati Hari Jadi Kabupaten Limapuluh Kota ke-181 | Ɍ™

Limapuluh Kota – Pembukaan rapat paripurna istimewa oleh ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra dalam rangka memperingati hari jadi Kabupeten Limapuluh Kota ke-181. Deni Asra menyampaikan, selamat datang

Bapak Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Bapak Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Wendi Chandra dan Samsul Mikar, bapak/ibu Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Limapuluh Kota, Bupati dan Walikota Se-Provinsi Sumatera Barat atau yang mewakili, Bupati periode 2016-2021 Irfendi Arbi bersama wakil, Bupati 2 periode 2000-2005 dan 2010-2015, DR.Alis Marajo Dt. Sori Marajo bersama wakil, Pimpinan DPRD pada periodenya, serta sekretaris daerah Kabupaten Limapuluh Kota pada periodenya, Sekretaris Daerah, staf ahli asisten, Sekretaris DPRD dan kepala organisasi perangkat daerah lingkup pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota yang saat ini sedang diamanahkan untuk membawa Kabupaten Limapuluh Kota makin maju, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Dharma Wanita, Ketua GOW, Serta pimpinan organisasi wanita lainnya. para Ketua Partai Politik, Organisasi Kemasyarakatan, Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat Serta Para Perantau yang berkesempatan hadir pada saat ini.

Saudara, rekan-rekan wartawan, baik media cetak maupun media elekronik, singkatnya hadirin undangan yang berbahagia.

“Pada sore hari ini Rabu 13 April 2022, kita kembali dapat melaksanakan rapat paripurna istimewa DPRD Kabupeten Limapuluh Kota dengan agenda peringatan Hari Jadi Kabupaten Lima Puluh Kota yang ke-18.

“Berbuka puasa dengan keluarga di bulan ramadhan

Anak anak tersenyum riang dan terlihat bahagia

Selamat datang kepada tamu dan para undangan

Terima kasih telah hadir di kab lima puluh kota”

“Perda NO 3 tahun 2021 tentang RPJMD Limapuluh Kota 2021-2026 menjadi dasar daerah untuk membangun Limapuluh Kota VISI daerah, Mewujudkan Limapuluh Kota yang “MADANI BERADAT, BERBUDAYA dalam kerangka ADAT BERSANDI SYARA’, SYARA’ BERSANDI KITABULLAH.

“Daerah memiliki 6 MISI dan program prioritas,semua konsep bangunan diatas di dasari VISI MISI kepala daerah terpilih yaitu SAFARUDIN – RIZKI KURNIAWAN yang hari ini adalah Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota,oleh karena itu, pencapaian target prioritas yang telah di sepakati tersebut bergantung kepada sejauh mana komitmen kita semua dalam melakukan koordinasi dan komunikasi baik ke pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah di bawah yaitu perintah NAGARI.

Penyatuan komitmen dalam mengedepankan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi/golongan juga kita minta tumbuh didalam tubuh pemerintah daerah, Bupati/Wakil Bupati beserta jajaran perangkat daerah

“Kita bangga dengan pencapaian prestasi dalam bentuk penghargaan-penghargaan tetapi kita lebih rindu dengan kinerja dan etos kerja yang tinggi dari pemerintah daerah yang mampu dirasakan manfaatnya lansung oleh masyarakat melalui kebijakan yang di lahirkan.

“Pada kesempatan yang baik ini, DPRD Limapuluh Kota meminta dan berharap kepada kita semua agar tumbuhnya suasana kondusif,terjadinya komunikasi yang dua arah, terbentuknya koordinasi yang komprenhenSIF terciptanya kebersamaan, kekompakan,kesolidan, persatuan diantara kita semua termasuk antara Bupati dan Wakil Bupati sesuai dengan aturan yang mengaturnya yaitu UUD No 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah,” terang Deni Asra.

Tokoh masyarakat Prof. Dr. Ir. Hermansyah. ms. Msc dalam sambutannya, “Dalam rangka memperingati hari jadi kabupaten Limapuluh Kota ke-181 tahun 2022, tanggal 13 April 2022, Kita tumbuhkan kebersamaan menuju masyarakat sehat, Ekonomi Bangkit.

Atas nama masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota, dari lubuk hati yang paling dalam mengucapakan selamat hari jadi Kabupaten Limapuluh Kota yang ke-181, Semoga melalui agenda yang kita laksanakan setiap tahun ini, menjadi momentum bagi kita secara bersama untuk merefleksikan apa yang sudah kita upayakan dan lakukan melihat secara bersama kondisi eksisting saat ini, baik secara internal maupun eksternal, mengukur dan melihat kondisi daerah lain baik tingkat provinsi nasional dan internasional, untuk mewujudkan kemajuan Kabupaten Limapuluh Kota yang lebih baik dan signifikan di masa yang akan datang, semoga kita bisa sejajar,”Dudak Samo Randah Tagak Samo Tinggi dengan daerah maju lain nya di tanah air.

“Hal ini sangat-sangat di perlukan kauan dan kerja keras serta kerja cerdas dan kebersamaan kita semua,sesuai dengan tema hari jadi kabupaten limapuluh kota hari ini. “DENGAN SEMANGAT HARI JADI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA YANG KE 181, KITA TUMBUHKAN KEBERSAMAAN MENUJU, MASYARAKAT SEHAT, EKONOMI BANGKIT.

“MEWUJUDKAN LIMA PULUH KOTA YANG MADANI BERADAT DAN BERBUDAYA DALAM KERANGKA ADAT BASANDI SYARAK,

SYARAK BASANDI KITABULLAH”.



“Lembaga, organisasi dan masyarakat secara bersama-sama mewujudkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai adat dan budaya Minangkabau dalam setiap aktivitas kehidupan yang berlandaskan kepada ajaran agama islam.

Suatu visi yang sangat bagus dalam mewujudkan SDM unggul dan berdaya saing.

Upaya untuk mewujudkan visi menjadi daerah yang madani, beradat dan berbudaya dalam kerangka adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah tersebut dirumuskan dalam 5 Misi Pembangunan Daerah, sebagai berikut:

Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berbudaya dan berdaya saing berlandaskan keimanan.(HITO)

Mendorong pertumbuhan dan perkembangan ekonomi lintas sektoral yang memiliki keunggulan ditingkat lokal dan regional.(MONO)/SDA

Mendorong potensi nagari sebagai poros pembangunan daerah (MONO)/SDA

Meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui reformasi birokrasi seutuhnya.(KOTO)/SISTIM/TEKNOLOGI

Meningkatkan pembangunan infrastruktur secara terpadu yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan kualitas kehidupan masyarakat yang lebih baik.(MONO)

Dari 5 Misi Ini kalau boleh kita kelompokkan ada 3 tujuan Pembagunan yang dituangkan dalam RPJMD, adalah SDM (HITO Manusia), SDA,(MONO) dan Perbaikan tata kelola atau SISTIM TATA KELOLA dengan pemanafaan Teknologi (KOTO). terang Hermansyah.

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro rajo, dalam hal ini juga menyampaikan, “Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Limapuluh Kota pada hari ini dengan agenda peringatan hari jadi Kabupaten Limapuluh Kota Ke-181 tahun 2022, Alhamdulillah bertambah usia Kabupaten Limapuluh Kota pada hari ini berkaitan dengan tugas kita untuk memajukan kehidupan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena memang hal tersebut yang mesti kita cermati setiap kali kita memperingati hari jadi daerah, tutur Safaruddin.



“Apa yang kita capai, apa yang belum kita capai, apa kendala, serta solusi untuk menperbaiki dan memajukan kabupaten limapuluh kota kedepan.

Semoga Allah Swt senantiasa membimbing kita semua dalam pengabdian membangun Limapuluh Kota yang kita cintai ini.

“Dengan tema semangat hari jadi kabupaten limapuluh kota ke-181,kita tumbuhkan kebersamaan menuju masyarakat sehat, ekonomi bangkit, tema ini sejalan dengan visi kami yaitu mewujudkan Limapuluh Kota yang

“MADANI, BERADAT DAN BERBUDAYA DALAM KERANGKA ADAT BASANDI SYARAK, SYARAK BASANDI KITABULLAH”.

“Memasuki usia ke 181 ini, tentunya sudah banyak kemajuan yang di raih kabupaten limapuluh kota, namun tidak di pungkiri hingga saat ini kita masih di hadapkan pada berbagai tantangan dalam upaya peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, serta meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap perbaikan ekonomi,sosial,dan pelayanan publik, saya mengajak segenap elemen masyarakat dalam momentum hari jadi daerah ini untuk melakukan refleksi, muhasabah, sudah sejauh mana kita berkarya dan memberikan kontribusi positif dalam upaya membangun limapuluh kota.imbuh Bupati.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya juga menyampaikan, “Mewakili Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se- Sumatera Barat menyampaikan ucapan Selamat Hari Jadi yang ke-181 kepada Pemerintahan Daerah dan segenap masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota. Semoga, “Dengan semangat hari jadi Kabupaten Lima Puluh Kota ke-181, Kita Tumbuhkan Kebersamaan Menuju Masyarakat Sehat, Ekonomi Bangkit ”.

“Walaupun dengan kondisi yang berbeda masih ditengah pandemi Covid-19, kita berharap mudah-mudahan tidak mengurangi makna dari peringatan Hari Jadi Kabupaten Lima Puluh Kota ke-181.

Semoga dengan momen Peringatan Hari Jadi ini menjadi penyemangat bagi Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dan masyarakatnya untuk bersama-sama Mewujudkan Lima Puluh Kota Yang Madani, Beradat dan Berbudaya dalam kerangka Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah dibawah Kepemimpinan Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan Wakil Bupati Rizki Kurniawan Nakasri. tutur Mahyeldi.

“Kita patut bersyukur walaupun masih ditengah kondisi pandemi COVID-19 Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota memastikan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah terus berlangsung dan tetap melaksanakan kinerja penyelenggaraan pemerintahan yang membanggakan serta mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat Limapuluh Kota.

“Tantangan kedepan tentu akan semakin berat bagi Pemerintah Daerah dalam membangun daerahnya, apalagi ditengah pandemi Covid-19, Pemerintah Daerah Kabupaten Limapuluh Kota harus mampu mewujudkan pembangunan yang lebih baik, Kita harus dapat menginventarisir semua tugas-tugas yang masih tersisa dan masih belum dapat kita rampungkan yang harus menjadi perhatian kita bersama.

Pandemi Covid 19 jangan menjadi penghambat pembangunan daerah. Namun demikian, jadikanlah kondisi pandemi tersebut menjadi tantangan bagi Penyelenggara Pemerintahan daerah untuk terus memacu dan menggali potensi-potensi pembangunan di Kabupaten Limapuluh Kota. terang Gubernur

Kata kunci di era Tatanan Kehidupan Normal Baru adalah produktif dan aman Covid. Dengan tetap menjaga protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi. Semua harus berjalan seiring agar ekonomi bisa kembali pulih. Sehingga kelak akan muncul peluang-peluang baru yang belum ada di masa sebelumnya. ajak mahyeldi

Namun peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, Ini juga menjadi bukti bahwa arah kebijakan pembangunan Kabupaten Lima Puluh Kota telah berada pada jalur yang tepat. Capaian pembangunan di Kabupaten Lima Puluh Kota diikuti pula dengan keberhasilan meraih berbagai penghargaan.

Kabupaten Lima Puluh Kota memiliki banyak potensi Sumber Daya Alam yaitu potensi di sektor pertanian, perkebunan, kehutanan dan lainnya. Selain itu Kabupaten Lima Puluh Kota berada di lokasi strategis dilalui oleh jalur yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Riau. Kami mengajak masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota umumnya, ikut membantu menyukseskan proyek strategis nasional Tol Padang – Pekanbaru yang melintasi Kabupaten Lima Puluh Kota. terang gubernur lagi.

Dengan posisi yang strategis dan didukung oleh segala potensi sumber daya yang dimiliki, Kabupaten Lima Puluh Kota, diharapkan bisa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Sumatera Barat, dan sebagai stimulan dalam pertumbuhan ekonomi bagi daerah kabupaten/kota yang berada di sekitar Kabupaten Lima Puluh Kota, tutup Mahyeldi. (Bambang)

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles