Dosen IAT UIN Maliki Malang Beberkan Hikmah dari Salat Malam, Bisa Hapus Dosa

by -4 views
dosen-iat-uin-maliki-malang-beberkan-hikmah-dari-salat-malam,-bisa-hapus-dosa

TIMESINDONESIA, MALANG – Dr. Nasrulloh, Lc. M,Th.I., Dosen Program Studi (Prodi) Ilmu Al-Qur an dan Tafsir (IAT) di Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) membeberkan hikmah dari salat malam yang sangat luar biasa.

“Allah bersabda dalam sebuah hadist, salat paling utama setelah salat fardhu adalah sholat sunnah yang dilakukan di malam hari dikerjakan di sepertiga malam, dua sepertiga malam atau bagian dari malam,” ujar Dr. Nasrulloh kepada TIMES Indonesia, Senin (15/2/2021).

Dr. Nasrulloh 1

Kaprodi IAT UIN Maliki Malang ini menuturkan salat malam sangat istimewa karena sebagian dari ulama dalam hadist qudsi mengatakan firman Allah yang artinya bohong kalau orang yang cinta kepadaku tetapi pada waktu malam tidak mau bangun untuk sholat menyembah kepadaku tapi tidur.

Dan pada malam hari adalah waktu yang mujabah karena Allah setiap malam memperhatikan hambanya yang beribadah kepada-Nya. Allah mencari hambanya, adakah hambanya yang meminta ampunan, akan Allah ampuni. Adakah hambanya yang minta pada-Nya akan Allah beri.

“Jadi salah satu bukti kita cinta kepada Allah yakni dengan salat malam, tapi itu salah satu buktinya saja, meskipun tidak wajib,” sambungnya.

Ia mengatakan, melaksanakan salat malam adalah ciri-ciri orang sholeh dan ahli surga. Allah akan menyediakan mereka hal-hal yang menyenangkan dan tidak terbesit oleh mereka sebagai balasan atas perbuatan untuk mereka. Jadi salat malam sangat bagus sekali. 

Ia menyebutkan dalam hadist shahih muslim Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya, kamu hendaknya melakukan salat malam karena salat malam bisa menghapus dosa dan menyembuhkan jasad tubuh dari penyakit.

Dr. Nasrulloh 2

Adapun hikmah dari salat tahajud bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dan bisa mencegah dari perbuatan dosan itu hikmah yang paling nyata.

“Kita harus senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT karena Allah lah pemilik segala-galanya dan seluruh urusan kita ada di kendalinya,” kata Dr. Nasrulloh, Lc. M,Th.I., Dosen Prodi IAT di Fakultas Syariah UIN Maliki Malang ini. (*)

Leave your vote

674 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *